Sering Mengkretek Tulang? Bisa Jadi Pemicu Pengapuran

ilustrasi mengkretek tulang
ilustrasi mengkretek tulang
Sumber :
  • freepik

VIVA Lifestyle Mengkretek tulang atau membunyikan tulang memiliki kenikmatan tersendiri bagi beberapa orang. Namun rupanya hal tersebut tidak baik untuk kesehatan tulang. Meski berbahaya ternyata terlalu sering mengkretek tulang dapat memicu efek negatif pada tubuh, salah satunya yaitu pengapuran. 

Kebiasaan tersebut bukan hal baik seperti yang dikonfirmasi oleh Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM dalam video di kanal YouTube Kata Dokter. 

Membunyikan tulang berbeda dengan stretching atau pemanasan. Stretching memiliki urutan dan terkadang menghasilkan bunyi di antara sendi. Kalau kamu memaksakan bunyi pada tulang tentu akan menyebabkan pergeseran pada sendi.

Pergeseran sendi lama-lama menjadi salah satu faktor terjadinya pengapuran di kemudian hari atau menjadi kebiasan. 

ilustrasi mengkretek tulang

ilustrasi mengkretek tulang

Photo :
  • freepik/DCStudio

Kebiasaan yang dimaksud adalah dalam keadaan mulai pegal, seseorang refleks membunyikan tulang. Walaupun memang setelah membunyikan tulang terasa lebih nyaman. 

Kalau kamu merasa pegal atau tidak merasa nyaman di bagian sendi, alangkah lebih baik menggunakan obat-obat penghilang nyeri antara lain balsem yang digunakan di luar tubuh. Jika masih tak teratasi, bisa dengan mengonsumsi obat-obatan penghilang nyeri. 

Halaman Selanjutnya
img_title