Resep Herbal Ampuh Cegah Batuk, Cocok Buat Musim Hujan

Ilustrasi batuk.
Ilustrasi batuk.
Sumber :
  • Freepik/drobotdean

VIVA Lifestyle – Musim hujan sudah mulai melanda di berbagai daerah di Tanah Air sehingga menurunnya imunitas pun tak terhindarkan, termasuk gejala batuk yang mengganggu aktivitas. Bila biasanya kita bisa menggunakan obat sirup, namun karena dugaan gangguan ginjal akut, maka resep herbal kini bisa menjadi solusinya.

Pakar herbal dr. Dian Elco Nora,M.Si, menjelaskan bahwa berbagai tanaman herbal mampu menjadi senjata ampuh dalam mengatasi berbagai gejala batuk. Seperti belimbing wuluh yang mengandung antioksidan dan berkhasiat hambat bakteri di saluran napas. Yuk, scroll untuk tahu resepnya.

"Ambil bunga belimbing wuluh 1 genggam, tumbuk. Campur adas manis sejumput. Seduh air panas," ujarnya dalam acara Hidup Sehat tvOne, beberapa waktu lalu.

Selain belimbing wuluh, tanaman lainnya yang dianjurkan untuk mengatasi gejala batuk adalah daun sirih. Daun ini memiliki kandungan antioksidan dan zat yang berkhasiat untuk meredam sakit tenggorokan akibat batuk kering.

Belimbing Wuluh atau belimbing sayur

Belimbing Wuluh atau belimbing sayur

Photo :
  • Dokumentasi Ayo Hidup Sehat tvOne

"Daun sirih untuk gargle. Untuk kumur cukup ambil beberapa helai daun. Cuci bersih 4 lembar. Potong-potong kecil agar zat aktif lebih mudah larut. Rebus dulu di air mendidih hingga 15 menit. Lalu dinginkan dan pakai untuk gargle," imbuhnya.

Tak hanya daun sirih, tanaman herbal lain yang turut dianjurkan oleh dokter Dian yakni air lemon untuk meredakan sakit tenggorokan. Selain tinggi vitamin C, lemon kaya akan antioksidan sehingga bagus untuk meredakan gejala batuk. Tambah dengan jahe yang sudah digeprek, yang juga bermanfaat sebagai sumber antioksidan, maka gejala batuk diharapkan mereda.