9 Tanda Awal Diabetes Tipe 2 yang Tidak Boleh Diabaikan

Seorang pria mengecek gula darah diabetes
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle  – Indonesia merupakan negara ke-5 terbesar di Dunia yang penduduknya mengalami diabetes melitus atau kencing manis. Diabetes Melitus sendiri merupakan ibu dari berbagai penyakit yang kita ketahui seperti gagal ginjal, stroke, serangan jantung, kebutaan, hingga amputasi bagian tubuh bawah biasanya kaki.

Dorman Borisman Sempat Amputasi Kaki Sebelum Meninggal Dunia

Tanda dan gejala diabetes tipe 2 dapat berkembang perlahan seiring waktu. Tanda-tanda peringatan dini diabetes tipe 2 termasuk kebutuhan untuk sering buang air kecil, rasa haus yang berlebihan, kelaparan ekstrim, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, kelelahan, perubahan penglihatan, kesemutan dan mati rasa di tangan atau kaki, kulit kering, infeksi jamur berulang, dan luka yang lambat. Scroll untuk simak artikel selengkapnya. 

Berikut tanda dan gejala diabetes tipe 2  yang dilansir dari laman healthdigest. Setelah Anda mulai memperhatikan tanda-tanda ini, ambil langkah-langkah untuk menemui penyedia layanan kesehatan dan menjalani tes.

Idap Gejala Stroke Akibat Diabetes, Willy Dozan Ungkap Kondisi Betharia Sonata: Sarafnya Lemah

1. Sering buang air kecil

Susah Buang Air Kecil

Photo :
  • U-Report
Kelihatan Sehat, Begini Kondisi Tukul Arwana Setelah 3 Tahun Berjuang dengan Stroke

Poliuria, atau sering buang air kecil, adalah gejala klasik diabetes. Normalnya, ginjal mampu menyaring darah dan mengirim glukosa (gula) dari darah untuk diserap kembali ke dalam aliran darah.

Ketika kadar glukosa darah menjadi tinggi, tubuh mulai membuat lebih banyak urin. Ini karena ginjal tidak mampu menyerap kembali semua glukosa ekstra dan mengarahkannya kembali ke aliran darah.

Ketika ini terjadi, glukosa ekstra akhirnya tumpah ke urin, yang menarik lebih banyak air bersamanya, menciptakan lebih banyak urin.2 Setelah kadar glukosa darah kembali normal, kebutuhan untuk sering buang air kecil akan hilang.

2. Haus berlebihan

Polidipsia, atau rasa haus yang berlebihan, adalah tanda peringatan dini yang umum dari diabetes. Terutama bila disertai dengan tanda-tanda peringatan dini diabetes lainnya, seperti sering buang air kecil atau perubahan penglihatan, penting untuk melakukan skrining diabetes.

Kadar glukosa darah yang tinggi dapat menyebabkan rasa haus yang berlebihan dengan cara dehidrasi akibat pengeluaran urin ekstra dari ginjal. Ketika glukosa menarik cairan ekstra ke dalam urin, itu bisa membuat Anda merasa haus. 

Pastikan untuk minum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi parah terjadi. Rasa haus yang berlebihan ini akan berkurang karena kadar glukosa darah dikelola dengan baik dan kembali ke kisaran target.

3. Sering lapar 

Selalu lapar gejala gula darah tinggi

Photo :
  • Eat This

Polifagia, atau kelaparan ekstrem, adalah tanda klasik lain dari diabetes. Ketika kadar glukosa darah menjadi terlalu tinggi, kelebihan glukosa dikeluarkan dari tubuh melalui urin. Glukosa mengandung kalori, yang juga hilang dari tubuh saat ini terjadi. Pada gilirannya, ini dapat menyebabkan Anda menjadi sangat lapar.

Rasa lapar yang ekstrim ini mendorong Anda untuk makan banyak makanan untuk membantu menebus kalori yang hilang dengan glukosa dalam urin.

4. Penurunan berat yang tidak dapat dijelaskan 

Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan sering terlihat pada orang dengan diabetes tipe 1 yang tidak terdiagnosis, tetapi juga dapat dilihat pada orang dengan diabetes tipe 2.

Pada diabetes yang tidak terkontrol, glukosa tetap berada dalam aliran darah alih-alih diangkut ke sel Anda—menyebabkan kadar glukosa darah meningkat. Ketika ini terjadi, glukosa tidak digunakan sebagai energi untuk sel, dan tubuh Anda menganggapnya kelaparan.

5. Kelelahan

Ilustrasi lelah mental.

Photo :
  • Times of India

Kadar glukosa darah yang tinggi dapat membuat Anda merasa sangat lelah. Ketika tubuh Anda tidak dapat menggunakan glukosa dari darah untuk energi, kelelahan dapat terjadi.11 Dehidrasi akibat peningkatan buang air kecil juga dapat menyebabkan Anda merasa sangat lelah. Jika kelelahan berlangsung lebih dari dua minggu, mungkin ada baiknya Anda menemui penyedia layanan kesehatan Anda.

6. Perubahan pada mata 

Glukosa darah tinggi dapat menyebabkan kadar cairan di mata Anda berubah. Ini juga dapat menyebabkan pembengkakan pada jaringan mata Anda yang membantu Anda untuk fokus. Kedua perubahan di mata Anda ini dapat menyebabkan penglihatan kabur. Jenis perubahan penglihatan ini umumnya hanya sementara dan hilang ketika kadar glukosa darah Anda kembali ke kisaran target

7. Kesemutan dan mati rasa

Kesemutan dan mati rasa di tangan dan kaki adalah gejala dari suatu kondisi yang dikenal sebagai neuropati perifer. Seiring waktu, kadar glukosa darah yang tinggi dapat merusak saraf Anda. 

Ini juga dapat merusak pembuluh darah kecil yang menyediakan oksigen dan nutrisi lain ke saraf Anda. Saraf Anda tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa oksigen dan nutrisi yang cukup, yang menyebabkan kesemutan dan mati rasa pada ekstremitas

8. Kulit kering

Kulit kering dan gatal bisa jadi tanda kadar gula darah tinggi.

Photo :
  • U-Report

Kadar glukosa darah yang tinggi dapat mempengaruhi saraf dan pembuluh darah di tubuh Anda, termasuk yang ada di kulit Anda. Sirkulasi yang buruk dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal. 

Selain itu, cairan ditarik dari sel-sel di seluruh tubuh untuk menghasilkan cukup urin untuk menghilangkan glukosa ekstra, yang dapat menyebabkan kulit kering.

9. Luka yang tidak sembuh

Kadar glukosa darah yang tinggi dapat menyebabkan sirkulasi yang buruk dan kerusakan saraf, terutama jika tetap tinggi dalam jangka panjang. Ini bisa menyulitkan tubuh Anda untuk menyembuhkan luka, luka, dan luka — terutama di kaki

Jika tidak ditangani dengan benar, luka dan luka kecil pada kaki dapat berkembang menjadi ulkus kaki diabetik. Ini adalah luka jangka panjang pada kaki yang tidak kunjung sembuh dan rentan terhadap infeksi.19 Hubungi penyedia layanan kesehatan jika Anda memiliki luka atau luka yang lambat sembuhnya, terutama jika disertai dengan tanda atau gejala awal diabetes lainnya.

Berkaitan dengan Peringatan Hari Diabetes Sedunia Tahun 2022, RS Mandaya Puri mengadakan talkshow kesehatan yang bertemakan “Peran Penting Teman & Keluarga Bagi Pasien Diabetes”  bersama 3 narasumber dokter spesialis yang tergabung dalam klinik diabetes terpadu, dr Johannes Purwoto, Sp.PD KEMD FINASIM, dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK (K), dr. Sanny Ngatidjan, M.Gizi, Sp.GK.  

“Pada kesempatan baik ini, Mandaya Royal Hospital Puri mengenalkan Klinik Diabetes & Luka Terpadu yang terdiri dari tim dokter konsultan diabetes, spesialis gizi klinik, spesialis bedah vaskuler & pembuluh darah hingga spesialis luka diabetes. Diabetes sering diremehkan padahal penyakit penyerta diabetes sangatlah berbahaya dimana yang paling banyak dialami masyarakat adalah gagal ginjal dan amputasi kaki yang dapat menurunkan kualitas hidup," kata Erwin, Marketing Communication Director of Mandaya Hospital Group, dalam keterangan tertulisnya.

Pada acara ini juga dihadiri oleh seorang pasien diabetes yang bertestimoni akan kesembuhan beliau dari diabetes tanpa menggunakan obat-obatan dan dapat dibuktikan melalui hasil lab HbA1C darahnya dengan angka 5,5.  Klinik Diabetes & Luka Terpadu Mandaya Royal Hospital ini berisikan tim dokter spesialis konsultan yang bersertifikasi internasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya