5 Kiat Praktis Ini Membantu Berhenti Mendengkur

Ilustrasi mendengkur.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Banyak orang mendengkur dan tidak melakukan apa pun untuk memperbaikinya. Namun, selain menjadi masalah yang terlalu mengganggu bagi yang mendengar Anda mendengkur, mendengkur juga dapat mengganggu istirahat Anda sendiri. 

Kenapa Serangan Jantung Terjadi Pada Saat Tidur di Malam Hari?

Mendengkur juga dikaitkan dengan apnea tidur obstruktif (OSA), di mana mereka yang mengalami kondisi ini dapat mengalami masalah pernapasan saat tidur. Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

Menurut penelitian, 20 persen orang dewasa mendengkur secara teratur dan 40% mendengkur sesekali. 1 dari 10 anak juga mendengkur. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter jika mengalami dengkuran dan ingin menghilangkannya.

Tiga Pelajar di Blitar Terekam Mabuk di Tengah Sawah, Diduga Konsumsi Arak Jawa Campur Soda

Selanjutnya, Anda dapat mencoba cara ini yang dapat mengurangi atau menghilangkan dengkuran Anda sepenuhnya, dilansir dari Times of India.

Ilustrasi mendengkur.

Photo :
  • U-Report

Tak Boleh Kurang atau Lebih, Waktu Tidur Ternyata Berpengaruh pada Kondisi Mental

1. Tidur miring, angkat kepalamu

Tidur miring dan cara mudah dan cepat yang dapat mencegah Anda mendengkur. Ketika Anda tidur miring, Anda menghentikan lidah Anda kembali ke mulut Anda. 

Karena ini tidak dapat terjadi lagi, aliran udara Anda mungkin tidak terhalang, menghindari segala jenis dengkuran saat tidur. Mengangkat kepala saat tidur juga membantu. Untuk melakukannya, gunakan dua bantal, bukan satu.

2. Berolahraga

Ilustrasi olahraga bersama pasangan.

Photo :
  • U-Report

Berolahraga memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk bagi mereka yang ingin menghilangkan dengkuran. Gaya hidup aktif dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda di malam hari dan juga dapat mengurangi dengkuran secara signifikan. Ini juga dapat membantu membangun tonus otot saluran udara bagian atas Anda.

3. Hindari makan berat di malam hari

Apa yang Anda makan sebelum tidur dan saat Anda makan makanan terakhir Anda juga dapat memengaruhi dengkuran Anda. Dianjurkan untuk tidak makan setidaknya dua jam sebelum tidur. 

Juga, makan malam Anda tidak boleh terlalu berat. Saat pergi keluar untuk makan sesuatu yang berat, lebih suka makan malam lebih awal. Dengan cara ini Anda akan punya waktu untuk mencerna makan malam berat Anda sebelum tidur.

4. ?Hindari alkohol dan merokok

Banyak orang yang mendengkur sesekali akan mencatat bahwa mereka sering mendengkur saat mereka tidur setelah minum alkohol sore atau malam itu. Ini karena konsumsi alkohol yang berlebihan atau bahkan sedang dapat mengendurkan otot-otot Anda, termasuk otot-otot di tenggorokan Anda, yang akan memicu dengkuran.

Jika Anda merokok, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda untuk membantu Anda berhenti merokok. Seiring dengan banyak komplikasi kesehatan, merokok dapat menjadi penyebab di balik mendengkur dari mempromosikan masalah pernapasan saat Anda tidur.

5. Minum air putih yang banyak

Minum air putih.

Photo :
  • Times of India

Kurangnya hidrasi atau dehidrasi juga dapat menyebabkan beberapa masalah pada tubuh Anda, termasuk mendengkur. Pastikan Anda minum banyak air sepanjang hari. 2 liter atau sekitar 7-8 gelas air putih dianjurkan setiap hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Hidrasi dapat menghindari penumpukan lendir yang dapat menyebabkan dengkuran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya