Mudah Banget! 5 Cara Detoks Racun Tubuh di Rumah

Ilustrasi minum air/air putih.
Sumber :
  • Pexels/Karolina Gabrowska

VIVA Lifestyle – Pernah mencoba terapi detoksifikasi di rumah? Meski terdengar sederhana, ternyata sejumlah kebiasaan ini ampuh untuk membuang racun dan zat tak berguna di tubuh dengan lebih mudah sehingga patut dicoba untuk menjaga kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

Dehidrasi Kulit Bisa Sebabkan Penuaan Dini, Begini Cara Efektif Atasinya Menurut Dokter

Detoksifikasi sendiri merupakan proses saat tubuh mengeluarkan zat yang tidak berguna untuk menjaga keseimbangan di dalamnya. Proses detoks di rumah bukanlah proses yang rumit. Justru, cara ini bisa lakukan dengan sedikit mengubah aspek tertentu dari kebiasaan gaya hidup yang dijalani sehari-hari. 

Jika tidak minum air segera setelah bangun di pagi hari, saatnya mengubah kebiasaan itu. Jika bangun dalam keadaan stres, bisa memperbaikinya dengan berlatih pernapasan dalam. Berikut sejumlah cara detoksifikasi seluruh tubuh dengan mudah dikutip dari laman The Health Site.

8 Tips Menghilangkan Cegukan, No 8 Paling Unik

Ilustrasi minum air putih.

Photo :
  • U-Report

Jus Lemon di Pagi Hari

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

Air hangat dengan perasan lemon segar adalah salah satu minuman detoksifikasi terbaik untuk tubuh dan kulit. Pastikan mengonsumsinya pertama kali di pagi hari. Lemon sarat dengan antioksidan yang membantu menghilangkan semua racun dari tubuh. Namun, hati-hati untuk pengidap masalah asam lambung agar mengonsumsi air putih terlebih dahulu.

Peregangan

Peregangan di pagi hari tidak hanya membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh, tetapi juga menghilangkan rasa lesu dan lelah. Ini akan membantu memperbaiki postur tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, melepaskan ketegangan otot, menghilangkan nyeri tubuh.

Latih Pernapasan Dalam

Ini adalah latihan yang sangat sederhana yang secara otomatis dapat meremajakan pikiran di pagi hari. Lakukan ini segera setelah bangun tidur. Pernapasan dalam juga bisa dilakukan melalui latihan lain seperti yoga atau selama meditasi. Kedua praktik ini akan membantu tubuh merasa tetap membumi, melepaskan semua energi negatif yang terpendam, meningkatkan fokus, dan juga membantu mengatasi gejala kecemasan jika memilikinya.

Ilustrasi meditasi/yoga/latihan pernapasan.

Photo :
  • Pexels/andrea piacquadio

Terapi Minyak

Oil pulling mengaktifkan enzim saliva yang menyerap racun seperti racun kimia, racun bakteri dan racun lingkungan dari darah dan dikeluarkan dari tubuh melalui lidah. Namun, cara ini dilakukan setelah konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Hidrasi

Minum banyak air dapat mengatasi banyak masalah kesehatan dan itu termasuk kesehatan kulit juga. Tetap terhidrasi dengan baik akan membuat kulit awet muda juga. Pastikan mencukupi kebutuhan air sebanyak 8 gelas sehari ya!

Bicara soal hidrasi, air minum tentu menjadi kebutuhan penting masyarakat yang harus dipenuhi seriap harinya. Sebab, air merupakan bagian dari  zat gizi makro yang berperan penting dalam fungsi fisiologis tubuh. Kurang lebih 50-60 persen tubuh manusia tersusun dari air dan berbagai organ seperti ginjal, otak, dan otot mengandung 70-80 persen air. 

Mengingat peran vital air bagi tubuh, maka hidrasi atau pemenuhan kebutuhan cairan tubuh menjadi hal penting yang harus diperhatikan sebab dapat berpengaruh terhadap kesehatan, kebugaran, serta kinerja seseorang. Di antara berbagai jenis air minum, salah satu yang populer saat ini adalah air minum dengan pH8, atau dikenal juga dengan sebutan air alkali. 

Air mineral pH8 disebut-sebut memiliki lebih banyak manfaat sehat dibandingkan dengan air mineral biasa. Hal tersebut membuat jenis air minum pH8 semakin diminati masyarakat untuk dikonsumsi. Melihat semakin diminatinya jenis air minum pH8, telah mendorong Aerplus yang merupakan pelopor depot air minum keluarga dengan pH8+, untuk terus bisa menjangkau dan memenuhi kebutuhan air berkualitas bagi masyarakat. 

“Di Aerplus, kami menyadari bahwa untuk memastikan kesehatan terjaga maka diperlukan air yang segar, bersih dan berkualitas dan kesehatannya. Oleh karena itu, sebagai pelopor depot air minum keluarga dari sumber air di pegunungan dengan  pH8+, Aerplus merupakan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia yang mengedepankan teknologi unggulan seperti +Ultra-filtrasi, +Mineralisasi, +Ultraviolet dan +Ozonisasi yang didesain untuk menciptakan kualitas air terbaik, aman dan sehat, sehingga menghasilkan manfaat pH8+ yang siap untuk memenuhi kebutuhan harian masyarakat,” kata Technical & Quality Director Aerplus, Jeffrey Retanubun.

Sementara itu, Business Development Director Aerplus, Jul Darmawan menambahkan, Aerplus juga menawarkan peluang bisnis yang menguntungkan bagi masyarakat atau entrepreneur yang ingin mencoba bisnis depot air minum isi ulang. Bisnis ini menjadi prospek yang sangat menarik karena adanya kebutuhan pasar yang kuat, mengingat air menjadi kebutuhan utama yang rutin bagi masyarakat. Bahkan di masa pandemi sekalipun, bisnis ini tidak terganggu dan sudah teruji tahan dalam berbagai situasi sehingga menjanjikan baik untuk saat ini maupun di masa depan.

Bisnis depot air minum isi ulang ini cocok untuk para investor atau enterpreuner yang ingin menginvestasikan dananya karena proses dan model bisnisnya yang mudah untuk dijalankan. Sebab, Aerplus memiliki sistem AUTOPILOT, dimana bagi mitra yang tergabung akan mendapatkan dukungan berkelanjutan mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM) atau pegawai (monitoring operasional gerai, pelatihan dan bimbingan pelaksanaan sistem & standar operasi), material produk (sumber mata air pegunungan), perawatan mesin dan teknologi, promosi dan marketing akan di dukung serta ditangani langsung oleh Aerplus. Bagi yang tertarik berinvestasi dan menjalin kemitraan, Aerplus menawarkan franchise atau waralaba dengan investasi yang menguntungkan seperti air mengalir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya