Cara Ingetin Orang Lupa Makan saat Lagi Puasa, Ustaz Alfie Alfandy: Tunggu Selesai Baru Tegur

Ustaz Alfie Alfandy.
Sumber :
  • VIVA/Sumiyati.

JAKARTA – Lupa sudah menjadi salah satu sifat manusia yang bisa dimaklumi. Pun dengan urusan ibadah, Allah SWT mentoleransi seseorang jika dalam keadaan lupa. Termasuk saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Ya, karena terbiasa makan dan minum ketika belum Ramadhan, ada beberapa orang yang kerap lupa sedang menjalankan puasa, dan akhirnya makan atau minum. Islam pun memperbolehkan untuk melanjutkan puasa dengan catatan orang yang bersangkutan melakukannya bukan karena disengaja. Yuk, scroll untuk tahu lebih lanjut.

Lalu, bagaimana aturan atau cara menegur jika kita melihat teman atau orang-orang di sekitar yang sedang berpuasa namun dia lupa makan atau minum? Pendakwah, Ustaz Alfie Alfandy akan memberi tahu adab menegurnya. 

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Dikatakan beliau, Ramadhan sendiri diartikan sebagai madrasah atau sekolah tanpa ijazah. Apa artinya?

Ilustrasi puasa, gelas kosong

Photo :
  • pixabay/ Serdar_A
Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

"Ramadhan mendidik kita menahan hawa nafsu, dari makan minum segala macem, maka bagaimana? Harus dibiasakan diri kita 'ini saatnya batin gue yang minum, ini saatnya batin gue yang makan.' Itulah cara menahan hawa nafsu. Karena musuh terbesar kata Rasulullah adalah diri sendiri," ujar Ustaz Alfie saat ditemui di Masjid Istiqlal, Jakarta, belum lama ini. 

Lalu, bagaimana jika seseorang lupa sedang berpuasa? Kata Ustaz Alfie, itu adalah rezeki yang diberikan Allah SWT untuk orang yang bersangkutan. 

"Maka kalo misal bablas gimana? Gimana nih keminum? Rezeki. Apakah puasa lanjut? Lanjut. Dengan catatan ketidaktahuannya atau lupanya," jelas ustaz yang juga seorang aktor itu. 

Nah, mengenai tata caranya, bahkan Ustaz Alfie menyebut, jika melihat seseorang lupa makan ketika sedang berpuasa, kita harus menegurnya ketika orang tersebut sudah selesai makan. 

"Maka kalo misalnya ada yang bablas ya boleh-boleh aja. Bahkan kalau ada orang yang dengan santainya bangun tidur makan, terus kita tau dia lagi puasa, diemin dulu sampe dia selesai makan baru ingetin," ungkapnya.

"Kebayang lagi makan nih, 'lu puasa' kesian keselek orang. Jadi biarin dulu, liatin, udah selesai baru 'kan lu puasa'. Ya udah terusin puasanya," imbuh Ustaz Alfie Alfandy. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya