Ternyata Tungau Jadi Salah Satu Penyebab Asma di Seluruh Dunia

Ilustrasi asma.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Lifestyle – Memasuki tahun ketiga pandemi, masyarakat Indonesia semakin terbiasa menghabiskan lebih banyak waktu berkualitas bersama anggota keluarga di rumah untuk mencegah penularan virus COVID-19.

Langit Yunani Tiba-tiba Berubah Jadi Oranye, Ini Penyebabnya

Namun, riset menunjukkan bahwa tingkat polusi udara di dalam ruangan bisa lebih tinggi hingga lima kali lipat dibandingkan di luar ruangan, salah satunya disebabkan oleh polutan biologis seperti tungau debu. Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

Berdasarkan  hasil penelitian, 50 persen alergi pernapasan disebabkan oleh tungau debu, yang juga merupakan salah satu penyebab umum penyakit asma di seluruh dunia. Serangga yang berkembang dengan sangat cepat dan sangat sulit dibersihkan ini juga dapat menyebabkan penyakit infeksi kulit seperti gatal dan ruam, pori-pori wajah membesar, jerawat, dan rambut rontok.

Gegara Gurun Sahara, Langit Yunani jadi Oranye bak di Planet Mars

Mengingat dampak pada kesehatan yang cukup berbahaya, tidak ada salahnya untuk mengetahui cara tepat mengidentifikasi adanya tungau kasur di rumah.

Selain munculnya gejala pada fisik, seperti bekas gigitan dan kemerahan, keberadaan tungau kasur bisa kamu perhatikan dengan munculnya bintik-bintik hitam kecil di kasur yang menjadi tanda kulit dari tungau dan bau tidak sedap pada area kasur.

Tidur dengan AC Menyala? Hati-hati 6 Masalah Kesehatan Ini Mengintai

Lalu, bagaimana mengatasi bekas gigitan tungau kasur? Cara paling efektif untuk membasmi tungau debu antara lain mencuci seprai dan sarung bantal seminggu sekali dengan menggunakan air panas karena air dingin tidak dapat membunuh tungau. Jika memungkinkan, jemur semua barang-barang yang dihinggapi tungau di bawah terik sinar matahari.

Selain itu, membersihkan  barang-barang yang dihinggapi tungau (kasur, selimut, bantal, karpet, boneka berbulu, dan sebagainya) dengan menggunakan penyedot debu yang menggunakan pelapis tambahan dan memiliki daya sedot yang kuat dan khusus seperti JIMMY BX7 Pro Smart Anti-Mite Vacuum Cleaner.

Alat ini diketahui daya hisap 700W yang kuat dengan kebisingan mesin rendah mendukung produk ini dalam menyedot tungau debu, debu halus hingga rambut tanpa residu.

Selain itu alat ini juga dilengkapi sensor pendeteksi debu pintar untuk memastikan kebersihan barang dari tungau debu, teknologi sterilisasi ganda UV dan ultrasound yang aman bagi bayi untuk menghilangkan sekaligus mencegah berkembangnya tungau debu dalam jangka panjang, serta pemanasan cepat 5-detik dan angin panas 60°C untuk membasmi tungau debu dan bakteri dengan cepat di ruangan lembab sekalipun.

Serta dapat membersihkan tungau debu hingga 99,9 persen telah diuji dan disertifikasi oleh Allergy UK Foundation, organisasi independen di Inggris Raya yang didirikan oleh para dokter spesialis alergi ternama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya