Dokter Bingung Asal Muasal Benda Asing Mirip Paku di Tubuh Stevie Agnecya, Kena Santet?

Stevie Agnecya
Sumber :
  • IG @steviagnecya

Jakarta – Media sosial belakangan ini heboh dengan penyebab meninggalnya Stevie Agnecya yang dikait-kaitkan dengan santet. Bahkan, beredar kabar bahwa santet yang terdapat di dalam tubuh Stevie ini dikirimkan oleh rekan sesama publik figur. 

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Hal ini bisa dilihat dalam foto rontgen Stevie Agnecya yang sempat beredar di sejumlah media sosial. Menanggapi pemberitaan tersebut, seorang dokter menjelaskan bahwa hasil rontgen Stevie Agnecya yang beredar tersebut. 

Dokter tersebut mengatakan bahwa tampilan rontgen memperlihatkan ada sebuah benda asing yang menyerupai benda tajam seperti paku di dalam tubuh Stevie. Dokter Muhammad Makky menyebut bahwa benda aneh sepanjang 10 cm itu belum bisa dijelaskan secara medis. 

Sinergi Bea Cukai dan BNN Tekan Peredaran Gelap Narkotika di Wilayah Jawa Tengah

Stevie Agnecya

Photo :
  • Instagram @steviagnecya

"Rotgen yang ditampilkan ini memang terlihat seperti tampilan suatu benda berwarna putih. Benda ini tampaknya bukan tulang, karena memang tulang itu bukan seperti itu. Benda ini berlokasi ada di sekitar samping kanan tulang belakang," kata Muhamad Makky dikutip dari Instagram @selebyar pada Selasa, 26 Maret 2024. 

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Dalam rontgen tersebut terlihat jelas sebuah benda yang aneh dan cukup asing sepanjang 10 cm. Benda yang dimaksud juga terlihat berwarna putih lurus di dalam tubuh Stevie Agnecya sehingga publik beranggapan bahwa benda yang dimaksud adalah paku. 

"Ini harus diselidiki lagi, Apakah benda ini termasuk benda yang sengaja dimasukkan seperti implan atau mungkin benda yang tertelan, misalnya saat makan. Ini akan digali lagi secara medisnya," ungkapnya.

Dr Muhammad Makky juga mengatakan bahwa benda aneh dari tampilan rontgen tersebut tidak bisa diprediksi melalui gambar. Ia menilai harus ada pemeriksaan lebih lanjut terkait benda apa sebenarnya yang terdapat di dalam tubuh sang artis. 

"Bisa dengan MRI untuk bisa melihat benda itu ada di posisi mana dan apakah benda itu mengganggu jaringan atau tidak. Karena satu benda asing di dalam tubuh, itu bisa menyebabkan gangguan dalam tubuh, gangguan gejala tubuh bisa alergi, bisa infeksi dan lain-lain," tuturnya.

Voodoo, santet ala Eropa

Photo :
  • pixabay

Ketika disinggung kasus serupa di pasien yang sempat ditangani oleh Muhammad Makky, ia mengaku sempat ada pasien dengan kasus seperti itu. Namun, pihaknya belum bisa menjelaskan secara medis apakah itu ada atau tidak. 

"Saya rasa ada, pernah ada beberapa kasus seperti itu, tapi memang, untuk medis saat ini belum bisa menjelaskan secara langsung apakah itu ada atau tidaknya. Tapi hampir di medis itu seperti implan atau memang tertelan seperti anak-anak,” paparnya. 

“Sementara kalau menemukan satu benda asing karena penyebab lain-lain, saya rasa perlu dikaji atau dicari lagi penyebab atau asal-usulnya dari mana," tambah sang dokter.

Menurut dia, setiap benda asing yang tidak diketahui asal usulnya pasti akan selalu mengganggu setiap jaringan tubuh yang ada di sekitarnya. Sehingga harus segera dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengungkap penyebab benda asing tersebut. 

"Terutama memang benda asing tersebut benda yang dibutuhkan, karena ada benda asing yang dibutuhkan oleh tubuh seperti pemasangan implan yang otomatis sudah disesuaikan, artinya sudah diperiksa sehingga tidak menyebabkan alergi pada tubuh. Jadi kalau benda asing ini tidak disiapkan dan bisa menyebabkan alergi tubuh, itu akan merusak," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya