Nikmatnya Milk Tea Bikin Ketagihan, Awas 7 Bahaya Kesehatan Ini Mengintai

Ilustrasi milk tea.
Sumber :
  • Pexels/Cup of Couple

VIVA Lifestyle – Bagi pecinta teh, bangun tidur ditemani secangkir milk tea atau teh susu yang diseduh hangat sangatlah nikmat. Tapi siapa sangka, kenikmatan sesaat itu dapat berdampak luar biasa pada kesehatan jangka panjang tanpa disadari.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Teh adalah salah satu minuman favorit orang India. Bagi sebagian orang, pagi hari tidak benar-benar 'membangunkan' tanpa secangkir teh. Namun tahukah Anda bahwa hal itu dapat menimbulkan konsekuensi kesehatan yang serius, terutama jika dikombinasikan dengan susu dan gula? Scroll untuk informasi selengkapnya.

Minum teh susu saat bangun tidur dengan kondisi perut kosong dapat memiliki beberapa efek samping utama yang berbahaya. Berikut deret efek samping dari konsumsi teh susu saat perut kosong, dikutip laman The Health Site.

Kaleng Susu Isi 16 Kg Sabu dari Malaysia Masuk Indonesia Lewat Kaltara Digagalkan

Kembung
Minum terlalu banyak teh susu justru bisa merasa kembung. Teh mengandung kafein yang bisa membuat perut kembung. Saat susu ditambahkan ke minuman ini, keduanya dapat meningkatkan produksi gas. Tanin yang terkandung dalam teh inilah yang mengganggu sistem pencernaan dan menyebabkan nyeri dan sakit perut.

Ilustrasi sakit perut.

Photo :
  • Pexels/cottonbro
Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Memicu sembelit
Selain kafein, teh juga mengandung teofilin. Terlalu banyak konsumsi teh dapat membuat tubuh menjadi kering dan dehidrasi, sehingga menyebabkan efek sembelit yang serius.

Cemas
Berhenti minum teh sesering mungkin jika Anda menderita kecemasan. Minuman tersebut justru dapat memicu kondisi ini dan memperparah penanganan Anda.

Insomnia
Teh mengandung kafein yang dapat mengganggu siklus tidur Anda dan menyebabkan insomnia. Karena itu, hentikan minum teh susu saat Anda sudah menderita insomnia dan gejalanya.

Ketidakseimbangan tekanan darah
Tekanan darah adalah suatu kondisi yang dapat menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan lain yang sulit untuk dikelola. Terlalu banyak tekanan darah dapat memicu masalah jantung, membuatnya rentan terhadap serangan dan komplikasi yang fatal.

Terlalu banyak teh susu terkait dengan menyebabkan ketidakseimbangan tekanan darah, oleh karena itu orang yang sudah menderita tekanan darah tinggi sebaiknya tidak mengonsumsi teh susu dalam jumlah berlebihan.

Ilustrasi hipertensi.

Photo :
  • Pixabay/frolicsomepl

Dehidrasi
Salah satu efek samping paling berbahaya dari milk tea adalah meningkatkan dehidrasi. Ini terutama terjadi karena kandungan kafein. Oleh karena itu, jangan minum teh susu saat perut kosong, apalagi jika ditambahkan gula.

Sakit kepala
Terlalu banyak teh susu dapat menyebabkan dehidrasi yang dapat menyebabkan sakit kepala. Karena itu, seseorang harus menahan diri untuk tidak minum terlalu banyak teh yang dicampur dengan susu dan gula.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya