27 Orang di Jakarta Meninggal karena COVID-19, 40 Persen karena Belum Vaksin

Ilustrasi COVID-19/virus corona
Ilustrasi COVID-19/virus corona
Sumber :
  • Pixabay/Tumisu

VIVA Lifestyle – Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Ngabila Salama mengeluarkan data kematian akibat COVID-19 dalam sepekan terakhir. Ngabila menyebutkan, pihaknya mencatat total sebanyak 27 orang meninggal akibat COVID-19 selama kurang lebih sepekan terakhir.

“Nyatanya kematian masih ada, seminggu terakhir di Jakarta masih ada 27 orang meninggal karena COVID-19,” kata Ngabila Salama kepada wartawan, Senin 19 Desember 2022.

Ngabila kemudian menyebutkan, 40 persen pasien yang meninggal merupakan masyarakat yang sama sekali belum melakukan vaksinasi.

Ilustrasi COVID-19/virus corona.

Ilustrasi COVID-19/virus corona.

Photo :
  • Pixabay/mattthewafflecat

“Empat puluh persen belum vaksin sama sekali, 15 persen sudah vaksin, 1,35 persen baru dosis kedua, 10 persen sudah dosis ketiga,” ucap dia.

Kemudian, Ngabila menjelaskan bahwa angka kematian tertinggi ada pada warga lanjut usia (lansia) yang berusia sekitar 60 tahun ke atas dengan jarak tanggal swab PCR dan kematian di rentang empat sampai enam hari.

“(Yang meninggal dunia)190 non lansia, dan 344 adalah lansia berusia 60 tahun ke atas dengan jarak tanggal swab PCR dengan kematian positif covid rata-rata empat sampai enam hari,” ujar dia.

Halaman Selanjutnya
img_title