4 Resep Minuman Herbal Sehat, Cocok Dicicipi Usai Perayaan Natal

Smoothie buah
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Natal hadir tahun ini dengan begitu ceria disambut beragam suguhan makanan manis, lampu, hadiah, kue, dan banyak lagi. Sambil menikmati liburan, sama pentingnya untuk tetap hangat dan sehat melalui asupan minuman herbal yang tepat.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Membuat beberapa pilihan sehat dapat membantu tubuh menikmati perayaan Natal serta Tahun Baru tanpa rasa bersalah. Cokelat panas adalah salah satu minuman yang paling umum dinikmati selama liburan, namun ada beberapa pilihan sehat lain yang bisa Anda coba. 

Dikutip laman NDTV, ahli gizi Lovneet Batra melalui akun instagramnya, membagikan beberapa resep minuman sehatnya yang dapat membantu tubuh tetap hangat serta memberi kita alasan untuk menghindari minuman manis tersebut.

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Natal berarti memanjakan diri dengan banyak minuman nikmat yang menghangatkan jiwa. Ini adalah festival liburan! Musim liburan akan terasa menyenangkan dengan ditemani minuman tepat yang membuat tubuh tetap hangat, rasanya enak, dan bebas rasa bersalah!

Smoothie merah sehat

Mengandung Banyak Vitamin dan Mineral, 3 Herbal Ini Bisa Bantu Lancarkan ASI

Untuk menyiapkan ini, campurkan satu cangkir santan, dua kurma, satu pisang, setengah cangkir bit, dan satu sendok makan bubuk kakao tanpa pemanis untuk diblender. Saring dan tuangkan ke dalam gelas tinggi. Tambahkan satu sendok krim kelapa dan satu sendok makan almond cincang halus untuk hiasan di atasnya. Kurma menambah rasa manis alami yang merupakan pengganti gula yang sehat.

Cokelat panas vegan

"Siapa bilang kamu butuh susu full cream untuk membuat cokelat panas? Buat cokelat panas veganmu sendiri dengan santan," kata ahli gizi di postingannya. 

Siapkan resep cokelat panas sehat dengan setengah cangkir santan, dua sendok makan bubuk kakao tanpa pemanis, setengah sendok makan bubuk kayu manis, dan setengah cangkir air.

Kayu manis adalah bumbu yang biasa digunakan yang tidak hanya menambah rasa yang kuat tetapi juga banyak manfaat kesehatan untuk makanan dan minuman Anda.

Minuman hangat kaya rempah

Madu adalah bahan lain yang harus menjadi bagian dari diet musim liburan. Menggabungkan kayu manis dan madu dapat menawarkan kebaikan dari kedua bahan ini. Untuk menyiapkan minuman ini, panaskan sekitar dua cangkir susu murni atau susu almond/santan (jika Anda vegan atau tidak toleran laktosa).

Tambahkan bumbu termasuk satu pod vanilla utuh, satu batang kayu manis, empat cengkeh, dua kapulaga dan satu sendok makan madu ke dalam susu. Masak dengan api kecil dan biarkan bumbu meninggalkan aromanya pada susu dengan benar. Matikan api dan tutup wadah selama 10 menit sebelum disaring. Hiasi dengan bubuk kayu manis dan sesendok madu sebelum disajikan.

Teh hijau berry

Manfaat kesehatan dari minum teh hijau sudah terkenal. Anda dapat memberikan sentuhan berry pada secangkir teh hijau biasa usai perayaan Natal ini atau Tahun Baru nanti. Anda hanya perlu menambahkan satu cangkir berry favorit Anda ke dalam secangkir teh hijau dan nikmatilah!

Bicara soal resep sehat tak jauh-jauh dari peran para ibu, yang ikut dalam gelaran pelatihan dan webinar inspiratif yang dipersembahkan untuk Ibu-ibu Desa Wisata di berbagai daerah secara daring oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Executive Vice President Corporate Communication & Social Responsibility Hera F. Haryn, mengatakan bahwa para ibu yang turut menjadi bagian dari pengurus desa wisata memiliki potensi yang dapat dikembangkan untuk memajukan bisnis desa wisata. 

"Dalam hal ini, salah satu peluang bisnis yang dapat dimanfaatkan adalah bisnis kuliner. Kami menghadirkan live virtual demo cooking untuk menginspirasi ibu-ibu pengurus desa wisata dalam menggali potensi olahan snack khas daerah agar dapat dipasarkan secara online," ujar Hera, dalam keterangannya.

Demo masak menjadi daya tarik tersendiri dalam gelaran webinar kali ini karena memberikan inspirasi resep masakan yang bisa diaplikasikan bagi pengurus desa dan pemilik homestay di desa wisata. Tidak hanya dapat disajikan, melainkan olahan ini juga dapat dijadikan peluang bisnis online yang saat ini banyak dilakukan pengurus desa lainnya. 

Sebagai informasi, program Solusi Bisnis Unggul merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) yang dimiliki oleh BCA untuk pembinaan terhadap UMKM, komunitas dan desa yang mempunyai potensi pariwisata & edukasi budaya. Tahun 2022 ini, Bakti BCA juga menggelar berbagai pelatihan serta pendampingan yang inklusif bagi sejumlah pengurus Desa Wisata binaan Bakti BCA di Indonesia. 

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan inspirasi kuliner untuk para Ibu Pengurus desa wisata dan dapat memberikan dampak positif terhadap bisnis yang telah dijalankan selama ini. Kami optimis dengan era pemulihan ekonomi yang kini semakin membaik, dapat membangkitkan pariwisata Indonesia dan meningkatkan kembali pendapatan bagi desa-desa,” tutur Hera.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya