Dua Bahan Alami Ini Ampuh Hilangkan Bau Badan, Begini Cara Buatnya

Ilustrasi bau badan.
Ilustrasi bau badan.
Sumber :
  • Freepik/benzoix

VIVA Lifestyle – Bau badan dapat menurunkan rasa percaya diri Anda. Bau badan disebabkan oleh bakteri yang hidup di permukaan kulit. Sebenarnya keringat yang dihasilkan tidak berbau, namun aktivitas bakteri yang membuat tubuh jadi mengeluarkan bau.

Bau badan muncul saat keringat bertemu dengan bakteri yang memecah keringat menjadi asam, sehingga muncul aroma tidak sedap yang dikenal dengan sebutan bau badan. Yuk, scroll untuk tahu lebih lanjut.

American Association for the Advancement of Science menjelaskan bahwa bau badan terasa menyengat saat bakteri di kulit berkembang biak atau menggandakan diri di dalam air keringat. Bisa disimpulkan, semakin bau aroma keringat, semakin banyak pula bakteri yang hidup di kulit seseorang.

Ilustrasi bau badan.

Ilustrasi bau badan.

Photo :
  • Freepik/wayhomestudio

Selain bakteri, para ilmuwan juga menyebut kelenjar apokrin adalah biang kerok yang menjadi penyebab bau ketiak dan menimbulkan bau yang jarang diketahui orang. Keringat manusia memang tidak berbau, namun tergantung dari kelenjar keringat mana yang paling banyak memproduksi keringat, apalagi yang memicu bau yang tidak sedap.

Lalu, bagaimana mengatasi bau badan? Terkait hal itu, Pakar herbal, dr. Sri Redjeki Endang, M.Si, mengungkap bahwa bau badan bisa diatasi dari dalam dengan menggunakan kunyit asam.

Dalam program Hidup Sehat tvOne, Rabu 4 Januari 2022, diungkap Sri bahwa minyak atsiri dan curcumin yang terkandung dalam kunyit berfungsi sebagai anti bakteri penyebab bau badan.

Halaman Selanjutnya
img_title