Dua Bahan Alami Ini Ampuh Hilangkan Bau Badan, Begini Cara Buatnya

Ilustrasi bau badan.
Sumber :
  • Freepik/benzoix

VIVA Lifestyle – Bau badan dapat menurunkan rasa percaya diri Anda. Bau badan disebabkan oleh bakteri yang hidup di permukaan kulit. Sebenarnya keringat yang dihasilkan tidak berbau, namun aktivitas bakteri yang membuat tubuh jadi mengeluarkan bau.

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Bau badan muncul saat keringat bertemu dengan bakteri yang memecah keringat menjadi asam, sehingga muncul aroma tidak sedap yang dikenal dengan sebutan bau badan. Yuk, scroll untuk tahu lebih lanjut.

American Association for the Advancement of Science menjelaskan bahwa bau badan terasa menyengat saat bakteri di kulit berkembang biak atau menggandakan diri di dalam air keringat. Bisa disimpulkan, semakin bau aroma keringat, semakin banyak pula bakteri yang hidup di kulit seseorang.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Ilustrasi bau badan.

Photo :
  • Freepik/wayhomestudio

Selain bakteri, para ilmuwan juga menyebut kelenjar apokrin adalah biang kerok yang menjadi penyebab bau ketiak dan menimbulkan bau yang jarang diketahui orang. Keringat manusia memang tidak berbau, namun tergantung dari kelenjar keringat mana yang paling banyak memproduksi keringat, apalagi yang memicu bau yang tidak sedap.

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Lalu, bagaimana mengatasi bau badan? Terkait hal itu, Pakar herbal, dr. Sri Redjeki Endang, M.Si, mengungkap bahwa bau badan bisa diatasi dari dalam dengan menggunakan kunyit asam.

Dalam program Hidup Sehat tvOne, Rabu 4 Januari 2022, diungkap Sri bahwa minyak atsiri dan curcumin yang terkandung dalam kunyit berfungsi sebagai anti bakteri penyebab bau badan.

"Bau badan penyebabnya dari bakteri keringat, makin banyak keringat makin banyak bakteri di sana," kata dia.

Selain itu, asam jawa juga mengandung antioksidan yang berfungsi untuk memperkuat kerja dari kunyit. Di mana asam jawa memiliki kandungan anti bakteri, maka dapat membantu menghilangkan bau badan.

Ilustrasi bumbu dapur atau kunyit.

Photo :
  • Pixabay/Ajale

Untuk membuat kunyit asam dalam mengatasi bau badan bisa siapkan 1 liter air, 1/4kg gula aren, asam jawa secukupnya dan kunyit secukupnya. Cara membuatnya, didihkan air 1 liter kemudian masukkan gula aren dan asam jawa. Tunggu sebentar lalu masukkan kunyit yang telah dihaluskan, kemudian masak selama 10-15 menit lalu saring dan siap dikonsumsi.

"Bisa dikonsumsi 2-3 kali pagi, siang, sore. Bagi yang punya maag kronis bisa makan terlebih dahulu baru konsumsi ini," terang dr. Sri Redjeki Endang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya