Nunung Idap Kanker Payudara, Bagaimana Peluang untuk Sembuh? Ini Kata Dokter

Kanker payudara
Sumber :
  • https://news.ubc.ca/

VIVA Lifestyle – Kondisi kesehatan dari pelawak, Nunung Srimulat tengah menjadi sorotan publik. Dirinya didiagnosis mengidap penyakit kanker payudara. Berdasarkan hasil biopsi yang dilakukannya, diketahui masih berada di stadium dini yakni stadium satu.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

"Kemarin hasil biopsinya sudah (keluar), Alhamdulillah masih stadium dini, masih 1-2," kata Nunung Srimulat dikutip VIVA dari channel YouTube. Scroll selanjutnya ya.

Berkaitan dengan stadium dini kanker payudara Nunung, lantas berapa besar kemungkinan untuk dirinya bisa sembuh? Terkait hal itu, spesialis hematologi-onkologi, MRCCC Siloam Hospital, dr. Jeffry Beta Tenggara, Sp.PD,KHOM angkat bicara.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

"100 persen untuk kankernya," kata dia saat ditemui dalam acara press conference Deteksi Dini Kanker Payudara, di Semanggi Jakarta, Selasa 7 Februari 2023. 

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5

Di sisi lain, terkait dengan jenis pengobatannya, Jeffry mengungkap pengobatan untuk pasien kanker setiap orang berbeda-beda. Sebab pengobatan itu bergantung pada jenis dan sifat kankernya. 

"Tergantung dari jenis kankernya. karena satu pasien dengan pasien lainnya pengobatannya bisa berbeda total. Sama-sama stadium bisa beda total. Tergantung jenis kankernya. Pentingnya biopsi untuk menentukan jenis kankernya dan sifat kankernya, beda sifat, beda pengobatannya," ungkapnya.

Kanker Payudara. Foto: pixabay.com

Photo :
  • vstory

Di sisi lain, dengan perkembangan ilmu kedokteran ada berbagai jenis pengobatan untuk pasien kanker payudara. Mulai dari terapi target, terapi hormonal, hingga imunoterapi.

"Perkembangan ilmu luar biasa cepat. Kita punya kemo, kita punya terapi target, kita punya terapi hormonal, kita punya imunoterapi semua punya perannya dalam kanker payudara," katanya.

Sementara itu, ketika disinggung terkait dengan peluang hidup bagi pasien kanker payudara stadium empat. Jeffry mengungkap bahwa berdasarkan statistik, pasien stadium empat sebesar 5 hingga 20 persen.

"Statistik bilang chance survive dalam 5 tahun 5-20 persen itu statistik. Kenyataannya saya punya pasien stadium 4 dan tahun kedelapan masih kerja, masih jaga anaknya mau bilang apa. Kalau bilang statistik it look pessimistic tapi dunia dokter tiap hari berubah cara operasi terbaru, obat-obat terbaru," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya