WHO Konfirmasi 9 Kematian Akibat Virus Marburg, Sefatal Ebola?

Virus Marburg
Sumber :
  • WHO

VIVA Lifestyle – Virus Marburg yang mematikan telah muncul untuk pertama kalinya di Guinea Khatulistiwa pada awal minggu ini. Mirisnya, virus tersebut menyebabkan setidaknya sembilan kematian di negara Afrika barat itu, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Beberapa kasus Marburg diidentifikasi di Ghana akhir tahun lalu. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Meskipun tetap dianggap sebagai penyakit yang sangat langka pada manusia, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Namun, pakar mengingatkan bahwa ketika penularan terjadi, berpotensi menyebar dan bisa berakibat fatal. Berikut fakta virus Marburg dikutip laman Washington Post.

Awal Mula Virus Marburg

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal Dunia

Penyakit virus Marburg adalah jenis virus demam berdarah yang sangat menular, menurut CDC. Ini ditelurkan oleh virus RNA bawaan hewan dari keluarga Filoviridae yang sama dengan virus Ebola.

Kedua penyakit ini jarang terjadi tetapi berpotensi menyebabkan wabah dengan tingkat kematian yang tinggi.

Virus Marburg

Photo :
  • WHO

Tingkat kematian untuk kasus Marburg dalam wabah sebelumnya berkisar antara 24 persen hingga 88 persen, menurut WHO, tergantung pada jenis virus dan kualitas manajemen kasus.

Marburg mungkin pertama kali ditularkan ke orang-orang dari kelelawar buah Afrika sebagai akibat dari kontak yang terlalu lama dari orang yang bekerja di tambang dan gua yang memiliki koloni kelelawar Rousettus.

Ini bukan penyakit yang ditularkan melalui udara. Sebaliknya, itu menyebar dengan cepat antara manusia melalui kontak langsung dengan cairan tubuh orang yang terinfeksi seperti darah, air liur atau urin, serta pada permukaan dan material.

Kerabat dan petugas kesehatan tetap paling rentan di samping pasien, dan jenazah dapat tetap menular bahkan saat penguburan.

Ini pertama kali dikenali pada tahun 1967, ketika wabah terjadi di antara pekerja laboratorium di Marburg dan Frankfurt, Jerman, dan di Beograd, Serbia, saat melakukan penelitian.

Gejala Virus Marburg?

Gejala dapat mulai muncul "tiba-tiba", menurut WHO, dan termasuk demam tinggi, sakit kepala parah, menggigil, dan tidak enak badan. Nyeri otot dan nyeri kram adalah gejala umum. Lainnya dapat termasuk penyakit kuning, mual, sakit perut dan diare.

CDC juga mencatat bahwa sekitar hari kelima, ruam yang tidak gatal di dada, punggung, atau perut dapat terjadi. Diagnosis klinis Marburg bisa jadi sulit, katanya, dengan banyak gejala yang mirip dengan penyakit menular lainnya seperti malaria, demam tifoid, dan Ebola.

Marburg

Photo :
  • U-Report

Dalam kasus yang fatal, kematian biasanya terjadi antara delapan dan sembilan hari setelah timbulnya penyakit dan umumnya didahului oleh kehilangan darah yang parah dan pendarahan, serta disfungsi multi-organ.

"Penampilan pasien dapat digambarkan sebagai "seperti hantu"," kata WHO.

Kondisi itu merujuk dengan raut wajah yang muram, mata cekung, wajah tanpa ekspresi, dan kelesuan yang ekstrem.

Tak Ada Vaksin

Tidak ada vaksin atau perawatan antivirus yang disetujui untuk mengobati virus Marburg. Perawatan suportif dapat meningkatkan tingkat kelangsungan hidup, seperti rehidrasi dengan cairan oral atau intravena, menjaga kadar oksigen, menggunakan terapi obat dan mengobati gejala spesifik saat muncul. 

Professor Adriono Duse dan perawat yang meneliti virus Marburg di Angola

Photo :
  • AP Photo

Beberapa ahli kesehatan mengatakan obat yang mirip dengan yang digunakan untuk Ebola bisa efektif tetapi perawatannya belum terbukti dalam uji klinis. Meningkatkan kesadaran akan sifat menularnya juga dapat membantu pencegahan dan penyebarannya, kata CDC.

"Beberapa "perawatan eksperimental" untuk Marburg telah diuji pada hewan tetapi tidak pada manusia," kata CDC.

Kasus Terbaru Mematikan

Guinea Khatulistiwa mengkonfirmasi wabah pertama penyakit virus Marburg minggu ini. Setidaknya sembilan orang telah meninggal dan ada 16 dugaan kasus di provinsi Kie-Ntem barat negara itu, menurut WHO.

“Investigasi lebih lanjut sedang berlangsung. Tim lanjutan telah dikerahkan di distrik yang terkena dampak untuk melacak kontak, mengisolasi, dan memberikan perawatan medis kepada orang yang menunjukkan gejala penyakit tersebut,” kata badan kesehatan global itu dalam sebuah pernyataan, Senin.

WHO karantina para korban virus Marburg

Photo :
  • WHO

Kasus Marburg sebelumnya telah dilaporkan di tempat lain di Afrika, termasuk di Uganda, Ghana, Republik Demokratik Kongo, Sierra Leone, dan Afrika Selatan.

Wabah terbesar menewaskan lebih dari 350 orang di Angola pada tahun 2005, menurut laporan dari Kementerian Kesehatan.

“Virus tersebut tidak diketahui berasal dari benua lain, seperti Amerika Utara,” kata CDC.

WHO Peringati Bahayanya

WHO mengadakan "pertemuan mendesak" untuk membahas wabah Marburg yang baru diidentifikasi di Guinea Khatulistiwa serta kandidat vaksin dan terapinya.

Ini juga akan mengerahkan tim ke daerah yang terkena dampak dan menugaskan para ahli di bidang epidemiologi, manajemen kasus, pencegahan infeksi, laboratorium dan komunikasi risiko untuk mendukung upaya tanggap nasional.

“Marburg sangat menular. Berkat tindakan cepat dan tegas oleh otoritas Guinea Khatulistiwa dalam mengonfirmasi penyakit tersebut, tanggap darurat dapat dilakukan dengan cepat sehingga kami menyelamatkan nyawa dan menghentikan virus sesegera mungkin," kata Matshidiso Moeti, direktur regional WHO untuk Afrika.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya