Berkaca Penyakit Bruce Willis, Kenali 8 Gejala Dini Demensia

Ilustrasi Penyakit Alzheimer.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Showbiz – Sekitar 55 juta orang saat ini hidup dengan demensia di seluruh dunia. Bahkan kabar terbaru kini mengungkapkan di mana aktor Hollywood Bruce Willis mengidap demensia, yang menegaskan bahwa penyakit ini dapat mengintai siapa saja tanpa pandang bulu.

Terminal Lucidity, Fenomena Seseorang Mendadak Sehat Sebelum Maut Menjemput

Demensia adalah salah satu penyebab utama kematian secara global, dengan kondisi yang menyakitkan bagi pasien dan orang-orang di sekitar mereka.

Sadis, Pegulat WWE Chris Benoit Bunuh Anak dan Istri Lalu Gantung Diri

Pada tahun 2030, lebih dari 78 juta orang diperkirakan akan mengalami kondisi tersebut, dengan jumlah ini meningkat menjadi 139 pada tahun 2050, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Kenali Arti Demensia

Dipengaruhi Hipertensi, Gimana Cara Cegah Demensia di Usia Senja?

Demensia adalah suatu kondisi yang mengacu pada sekelompok gangguan yang mempengaruhi fungsi otak dan ada banyak jenis dan penyebab yang berbeda.

Penyakit Alzheimer adalah bentuk yang paling umum, mempengaruhi antara 50 dan 75 persen dari mereka yang didiagnosis. Ini cenderung dikaitkan dengan orang tua, tetapi ada lebih dari 3,9 juta orang di bawah 65 tahun dengan demensia di dunia.

Ilustrasi demensia

Photo :
  • Times of India

Wanita Lebih Berisiko

Menurut WHO, wanita secara signifikan lebih mungkin mengalami demensia daripada pria. Faktanya, wanita di atas 60 tahun dua kali lebih mungkin terkena penyakit Alzheimer dibandingkan dengan kanker payudara.

Tidak ada obat untuk semua jenis demensia, tetapi menunda timbulnya hingga lima tahun akan mengurangi separuh jumlah kematian akibat kondisi tersebut, menurut Alzheimer's UK.

Ilustrasi Alzheimer

Photo :
  • pixabay/geralt

Pencegahan Dini

Untuk mencegahnya lebih awal, penting untuk mengetahui apa yang harus diwaspadai. Luca Rado, salah satu pendiri Helpd Ltd - spesialis perawatan rumah tinggal di rumah, telah membagikan cara mengenali 8 tanda awal demensia. Berikut rangkumannya.

Ingatan Jangka Pendek

Tanda awal yang khas dari demensia adalah mengalami kehilangan ingatan jangka pendek. Salah satu tanda yang paling umum adalah salah meletakkan barang-barang penting seperti kunci atau lupa sarapan pagi itu.

Kejadian sehari-hari ini seringkali dapat menjadi indikator awal, terutama jika merupakan masalah yang berulang.

Ilustrasi demensia.

Photo :
  • U-Report

Perubahan Suasana Hati

Perubahan suasana hati atau karakter yang signifikan adalah tanda awal demensia lainnya. Ini adalah perubahan yang seringkali tidak dapat dideteksi oleh penderita, tetapi merupakan indikator yang biasanya dapat diketahui oleh anggota keluarga.

Karena demensia memengaruhi penilaian dan kesadaran diri, bagaimana seseorang berpikir bahwa mereka bertindak atau bagaimana mereka melihat diri mereka sendiri kurang menjadi pertimbangan. Sikap apatis, dalam pengertian ini, adalah perubahan lain yang harus diwaspadai.

Kehilangan Minat

Tanda awal demensia lainnya adalah hilangnya minat pada aktivitas sehari-hari dan hobi yang sebelumnya dinikmati. Hal ini sering terjadi karena demensia memengaruhi pikiran dan ingatan sehingga individu tersebut bahkan mungkin tidak mempertimbangkan untuk mengambil bagian dalam hobi, hanya karena pikiran untuk melakukannya sudah tidak ada lagi.

Kurang Fokus

Merasa disorientasi adalah tanda awal lain dari kondisi tersebut. Kurang fokus dan merasa tidak nyaman terkadang bisa menjadi tanda penuaan, tetapi penting untuk memperhatikan bagaimana hal ini memengaruhi aktivitas sehari-hari.

Jika disorientasi sering terjadi dan mulai menyebabkan kesusahan, kemungkinan itu merupakan tanda demensia dan mungkin perlu berkonsultasi dengan profesional medis.

Ilustrasi Alzheimer atau Demensia

Photo :
  • Eat This

Keputusan Terburu-buru

Situasi, di mana keputusan cepat adalah kebiasaan, bisa menjadi perjuangan bagi mereka yang menderita demensia. Setiap tindakan yang tidak biasa dan gegabah yang di luar karakter dan potensi penyebab kekhawatiran adalah tipikal bagi mereka yang menderita demensia.

Contohnya adalah memutuskan untuk membawa barang-barang penting ke toko amal atau mengenakan pakaian yang tidak sesuai dengan cuaca. Penilaian yang buruk juga mencakup kesadaran spasial, dan karena itu kecanggungan.

Kehilangan Arah

Jika orang yang dicintai tiba-tiba berjuang untuk mengingat rute yang sudah dikenal, ini bisa menjadi perhatian. Melupakan arah atau rute sederhana ke tempat-tempat yang sudah dikenal adalah gejala umum demensia dan harus diwaspadai, karena seringkali dapat menyebabkan penderitanya tersesat atau berakhir di tempat berbahaya.

Menjadi Bingung

Tanda demensia lainnya adalah kesulitan dalam mengkomunikasikan pikiran dan emosi. Seseorang dengan demensia mungkin bingung dengan kata-kata dan berjuang untuk mengungkapkan sudut pandang mereka secara alami dan ini karena demensia memengaruhi komunikasi dan bahasa.

Keterampilan seperti pembentukan kata dan ingatan secara perlahan terpengaruh dari waktu ke waktu dan harus didiskusikan dengan profesional medis jika gejala ini mulai memburuk.

Tugas-tugas Menantang

Tugas sederhana dan akrab seperti membuat secangkir teh atau mengunci pintu dapat menjadi tantangan bagi mereka yang menderita demensia karena fungsi otak dan aktivitas kognitif mulai memburuk.

Hal ini dapat terjadi secara tiba-tiba atau seiring waktu dan mengarah pada tugas-tugas sederhana atau rutinitas dasar secara tidak terduga yang membutuhkan banyak pemikiran dan energi.

Risiko demensia dapat terakumulasi seumur hidup dan sebagian didorong oleh genetika yang tidak mungkin diubah.

Sebuah penelitian menemukan bahwa berolahraga, menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, dan mengunjungi keluarga dan teman adalah cara yang baik untuk mengurangi risiko demensia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya