Hindari Mi Instan, 5 Makanan Segar Ini Jaga Imunitas di Musim Hujan

Ilustrasi makan sup panas.
Sumber :
  • http://www.gomuda.com/

VIVA LifestyleMusim hujan identik dengan suasana yang mendung dan suhu yang dingin sehingga memungkinkan nafsu makan bertambah, terutama dengan memilih sajian segar dengan kuah yang hangat. Salah satunya sajian mi instan yang mudah dibuat dan menyegarkan, namun belum tentu menyehatkan tubuh dam menjaga imunitas.

5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

Kepala Ahli Nutrisi/Ahli Gizi di Rumah Sakit Apollo, Dr Priyanka Rohatgi, mengatakan bahwa meskipun menghindari makanan instan atau junk food sangat penting, pastikan untuk menambahkan makanan yang kaya vitamin C dan serat ke dalam pola makan.

Makanan yang lebih kecil porsinya juga dianjurkan, Karena kelembaban yang tinggi selama musim hujan, tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk pencernaan. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

"Oleh karena itu, yang terbaik adalah makan dalam porsi kecil daripada porsi besar," terangnya.

Untuk meningkatkan kekebalan Anda, sertakan bumbu dan rempah-rempah seperti jahe, bawang putih, kayu manis, kunyit, kemangi suci, dll, dalam makanan Anda. Sarat dengan nutrisi penting dan antioksidan, ini berguna untuk kesehatan dan kebugaran Anda secara keseluruhan. 

Pemilik Mobil Ini Niat Curhat karena Merasa Terzalimi Pengendara Lain, Eh Malah Kena Hujat

"Makanan kaya mineral dan zat besi seperti kacang-kacangan dan sereal harus menjadi komponen utama diet Anda selama musim hujan. Anda dapat memiliki kecambah yang dimasak dengan baik, kacang kedelai, jagung, ragi, dalam jumlah yang banyak," tambahnya.

Berikut 5 makanan tepat dan segar untuk perlindungan terhadap infeksi di musim hujan, dikutip laman Hindustan Times:

Sup Panas

Sup bola daging sapi.

Photo :
  • U-Report

Diet di musim hujan harus mencakup sup untuk menjaga tubuh tetap hangat dan juga untuk melawan infeksi. Sup dengan sayuran favorit anak dapat disertakan atau sup seperti sup ayam dan mie ayam disarankan untuk dimasukkan ke dalam makanan.

Sup sebaiknya mengandung ekstrak Jahe dan Bawang Putih yang memiliki sifat antibakteri. Lada Hitam juga bisa ditambahkan dalam rempah-rempah untuk meningkatkan daya penambah kekebalan yang ada di dalam sup.

Buah Jeruk

Buah Jeruk

Photo :
  • U-Report

Anak-anak lebih rentan cedera saat bermain di luar dan di dalam ruangan. Untuk mempromosikan proses penyembuhan dan untuk meningkatkan kekebalan untuk melawan infeksi Vitamin C yang hadir dalam jumlah yang kaya dalam buah jeruk adalah sumber terbaik.

Dengan demikian, menambahkan buah jeruk ke dalam makanan anak dapat bermanfaat bagi mereka. Buah jeruk seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, grapefruit adalah sumber vitamin C yang sangat baik.

Sumber lainnya adalah jambu biji, pepaya, tomat, paprika, dan brokoli.

Sayuran

Sayuran sehat.

Photo :
  • U-Report

Sumber asam folat dan Vitamin C yang baik dalam sayuran adalah sayuran berdaun hijau seperti Bayam yang harus dimasukkan dalam diet seseorang setidaknya tiga kali seminggu.

Porsi sayuran silangan seperti kembang kol dan brokoli dapat dimasukkan dalam diet minimal dua kali seminggu. Sayuran silangan membantu menghilangkan racun dari tubuh dan mencegah penyakit.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan.

Photo :
  • U-Report

Buah-buahan kering dan kacang-kacangan adalah salah satu makanan terbaik untuk anak-anak selama musim hujan, terutama Almond. Mereka membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan kekebalan dan meningkatkan kesehatan umum pada tubuh.

Buah-buahan kering dapat digunakan dalam berbagai resep seperti brownies, kue, dan laddo setelah mengingat rasanya.

Makanan Sehat Lain

Wasabi di atas ikan segar

Photo :
  • Pixabay/ Wantawatt0

Pada makanan lain, diet kaya protein sangat diperlukan untuk perkembangan anak serta untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ini bisa termasuk telur, ayam, ikan, tempe, dan tahu.

Juga lebih tambah yogurt ke dalam pola makan karena bersifat probiotik yang dapat membantu meningkatkan kekebalan dan melawan infeksi.

"Direkomendasikan untuk tetap terhidrasi dengan baik dengan air segar. Air sangat penting bagi tubuh manusia karena membantu memperkuat organ dan meningkatkan kesehatan. Ini semua akan membuat anak lebih kuat, lebih sehat, dan lebih bahagia,” ujar dokter Priyanka Rohatgi.

“Untuk musim hujan yang sehat, jangan berkompromi dengan dua aktivitas penting yakni tidur yang cukup dan olahraga teratur. Aktivitas fisik yang berat memperkuat sistem kekebalan tubuh, oleh karena itu, jika olahraga di luar ruangan tidak memungkinkan, pilihlah yoga atau aerobik agar tetap aktif," jelasnya.

Yogurt.

Photo :
  • U-Report

Menyoroti beberapa tindakan pencegahan untuk memperkuat sistem kekebalan Anda dan tetap bugar selama musim hujan, Dr Mahesh Kumar, Konsultan Penyakit Dalam di Narayana Health City, juga menyarankan agar menjaga diri tetap terhidrasi dengan tidak hanya minum air tetapi juga dengan minuman kesehatan, misalnya kelapa muda, apel segar atau jus delima adalah sumber energi dan nutrisi yang baik.

Ia juga menganjurkan, Selain memakai pakaian lengan penuh, hindari memakai pakaian berbahan katun karena lebih cepat menyerap air. Setrika pakaian Anda untuk mengeringkan kelembapan yang ada di pakaian Anda.

Serta, menjaga kebersihan diri adalah suatu keharusan setiap saat; gunakan payung atau jas hujan saat keluar, mandi saat kembali, minum sesuatu untuk menghangatkan diri dan cuci atau bersihkan tangan dengan hati-hati sebelum makan. Juga jaga lingkungan Anda bersih dan didesinfeksi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya