Rekomendasi Makanan yang Bisa Menjaga Kulit Lebih Sehat dan Bersih, Apa Saja?

Ilustrasi Kulit Wajah Sehat
Sumber :
  • SNP Lab

Jakarta – Kulit adalah salah satu organ terbesar tubuh kita dan merupakan perlindungan utama terhadap lingkungan luar. Tetapi seiring bertambahnya usia, kulit cenderung mengalami penuaan yang membuatnya kehilangan kekenyalan, kelembapan, dan kilau alaminya. 

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Selain perawatan luaran seperti krim dan lotion, peran makanan dalam menjaga kulit tetap segar dan awet muda tidak boleh diabaikan. Berikut adalah lima jenis makanan yang bisa membantu menjaga kulit tetap muda:

1. Alpukat

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Ilustrasi Alpukat

Photo :
  • pixabay/Tobbo

Alpukat mengandung lemak sehat dan vitamin E yang berperan penting dalam menjaga kelembapan kulit dan melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan dini. Vitamin E adalah antioksidan yang kuat yang membantu menjaga kulit tetap kenyal dan elastis.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

2. Buah-buahan Beri

Ilustrasi/Buah Stroberi

Photo :
  • VIVA.co.id/ Dody Handoko

Buah-buahan seperti blueberry, strawberry, dan raspberry kaya akan antioksidan, terutama vitamin C. Antioksidan membantu melawan kerusakan kulit akibat paparan sinar UV dan polusi lingkungan. Vitamin C juga penting untuk produksi kolagen, protein yang memberi kulit kekenyalan dan kekuatan.

3. Kacang-kacangan

Kacang kacangan

Photo :
  • Times of India

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang Brazil merupakan sumber yang kaya akan vitamin E, selenium, dan asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi peradangan, sementara selenium membantu mempertahankan elastisitas kulit.

4. Sayuran Hijau

Buah dan sayuran segar

Photo :
  • Freepik

Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan brokoli mengandung lutein dan zeaxanthin, dua jenis antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan meningkatkan kelembapan kulit. Selain itu, sayuran hijau kaya akan vitamin K, yang membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah mata.

5. Ikan Berlemak

Ikan Tuna Goreng

Photo :
  • vstory

Ikan seperti salmon, sarden, dan mackerel merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Asam lemak omega-3 membantu menjaga kelembapan kulit, mengurangi peradangan, dan meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, ikan berlemak juga mengandung astaxanthin, sejenis antioksidan yang dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan kulit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya