5 Manfaat Tak Terduga Mandi Air Hangat, Salah Satunya Bikin Otak Makin Cerdas

Ilustrasi bak mandi
Sumber :
  • pixabay

VIVA Lifestyle – Banyak orang senang berendam di pemandian air panas dan sumber air panas lainnya selama berabad-abad. Alasannya, karena berendam di air panas membuat tubuh nyaman.

6 Tips Super Mudah Agar Tetap Wangi Setelah Berolahraga Intensif

Namun, sebuah riset mengungkap sejumlah manfaat sehat dari berendam air panas. Menurut ulasan mini yang diterbitkan di Journal of Applied Physiology, sebagian besar manfaatnya terkait dengan thermotherapy, terkadang mengacu pada pemanasan pasif, yang menaikkan suhu inti tubuh secara sementara dan secara positif mempengaruhi kesehatan kardiovaskular, kontrol glikemik dan peradangan kronik tingkat rendah.

Lebih lanjut, berikut lima manfaat mandi air panas yang didukung oleh sains, dikutip dari laman Eating Well.

Viral Delapan Titik Semburan Air Panas Muncul di Bawean Gresik Usai Gempa

Ilustrasi mandi.

Photo :
  • Pixabay

1. Air hangat meredakan otot yang sakit

Mimpi Basah dan Keluar Air Mani di Siang Hari Bisa Batalkan Puasa? Begini Kata Buya Yahya

Mandi air hangat sangat tepat dilakukan sehabis berolahraga karena kehangatannya bisa meredakan nyeri dan sakit.

2. Mandi air panas bisa meningkatkan kekuatan otak

Sebuah studi pada sejumlah wanita paruh baya dengan fibromyalgia menemukan manfaat menarik dari mandi air panas, selain mengurangi sakit, air hangat juga bisa meningkatkan fungsi kognitif. Kemungkinan karena panasnya membuat oembuluh darah melebar dan meningkatkan aliran darah ke otak.

3. Berendam air hangat bisa menyehatkan jantung

Bersantai di air panas bisa membuat pembuluh darah rileks, karena panasnya membuat pembuluh darah melebar, membuat darah lebih mudah mengalir. Penurunan tekanan darah sementara ini sama dengan efek berolahraga dan memiliki manfaat kardiovaskular yang sama.

Berendam air panas.

Photo :
  • U-Report

4. Mandi air panas bisa membantu melawan depresi

Riset menunjukkan bahwa jalan yang sama ke otak yang mengatur suhu tubuh memiliki keterkaitan dengan depresi. Ada beberapa bukti yang meningkatkan suhu inti tubuh, katakanlah dengan berendam di air hangat, bisa menyebabkan perubahan di otak yang meningkatkan hormon pengatur suasana hati seperti serotonin.

5. Mandi air panas sebelum tidur bisa membuat tidur lebih nyenyak

Salah satu manfaat mengejutkan dari mandi air panas terkait dengan ritme sirkadian, yang merupakan proses biologis yang bekerja menurut jam internal 24 jam dan bisa dipengaruhi oleh lingkungan kita. Salah satu dari proses ini adalah suhu tubuh. Biasanya, kita mendingin beberapa derajat saat bersiap tidur. Secara berlawanan, mandi air panas mempercepat proses ini dengan menarik semua darah ke permukaan di mana itu bisa dengan mudah terpecah.

Setelah memberikan kenyamanan bagi masyarakat Indonesia melalui berbagai rangkaian produk pemanas air yang inovatif, Ariston Indonesia secara resmi membuka gerai One Stop Solution Services pertama untuk menghadirkan kenyamanan menyeluruh dan berkelanjutan bagi setiap konsumen.

Pemandian air panas Sari Ater.

Photo :
  • ANTV

Dicabutnya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) memberikan ruang bagi masyarakat untuk dapat kembali aktif melakukan kegiatan tatap muka. Ariston melihat hal ini sebagai momen tepat untuk meningkatkan kedekatan dengan konsumen melalui ketersediaan tempat yang memungkinkan pelayanan secara tatap muka dilakukan. Lebih lanjut, gerai Ariston One Stop Solution Services yang berlokasi di area Glodok, Jakarta Barat ini turut diresmikan oleh petinggi Ariston, di antaranya Emanuele Stano selaku Vice President Asia Ariston Group, Erwin Lim selaku Managing Director Ariston Indonesia, dan jajaran management lainnya. 

Dipilihnya Plaza Glodok sebagai lokasi gerai Ariston One Stop Solution Services dinilai strategis melihat target demografis Ariston Indonesia serta terpusatnya lokasi pencarian perangkat elektronik dan sanitary di daerah pinangsia, khususnya peralatan rumah tangga. Menghadirkan pengalaman layanan yang lengkap, gerai Ariston ini diharapkan dapat menjadi solusi kebutuhan pelayanan konsumen yang beragam.

Pembatasan kegiatan selama pandemi menyebabkan konsumen hanya mendapatkan pelayanan melalui daring (online). Meskipun dianggap efektif dalam menjangkau lebih banyak konsumen dari berbagai daerah, namun pelayanan daring belum bisa memenuhi aspek-aspek fundamental dalam melayani pelanggan seperti di antaranya adalah membangun hubungan baik dan kepercayaan dengan pelanggan. Pelanggan menganggap bahwa pelayanan tatap muka menjadi satu aspek yang dapat meningkatkan kepercayaan mereka terhadap sebuah merek. Ariston Indonesia menggunakan keadaan ini dengan menciptakan pengalaman tatap muka yang optimal, mulai dari tim pelayanan pelanggan yang profesional hingga desain gerai yang memberikan kenyamanan berkunjung para pelanggan.

“Sesuai dengan tagline kami, yaitu The Home of Sustainable Comfort, kami ingin setiap konsumen mendapatkan kenyamanan menyeluruh tidak hanya melalui produk pemanas air kami yang inovatif, namun juga pelayanan lengkap yang dipersonalisasi dengan dukungan desain gerai yang mengutamakan kenyamanan, tentu semua ini agar kami lebih mengenal para pelanggan dan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap Ariston,” jelas Danu Hermawan, Parts & Service Director Ariston Indonesia.

Mengusung sustainable design, gerai Ariston One Stop Solution Services terdiri atas lima lantai yang memiliki fungsi masing-masing di tiap lantainya mulai dari konsultasi, hingga layanan servis atau perbaikan perangkat. Desain pada lantai pertama yang didominasi dengan aksen kayu, Ariston ingin memberikan kesan tropis yang modern. Perpaduan warna merah, putih, dan abu-abu juga dihadirkan untuk memperkuat identitas Ariston dan membawa suasana yang nyaman dan hangat saat konsumen pertama kali memasuki ruangan.

“Gerai ini sudah dirancang untuk dapat memberikan pelayanan yang lengkap mulai dari konsultasi yang tersedia pada lantai satu, area office dan servis pada lantai dua dan tiga, area pelatihan khusus pada lantai empat bagi para teknisi. Itu lah kenapa gerai ini dikatakan sebagai One Stop Solution Services, karena semua kebutuhan konsumen tersedia di sini,” tambah Danu Hermawan, Parts & Service Director Ariston Indonesia.

“Kami menyadari bahwa kebutuhan akan produk yang inovatif harus diimbangi dengan layanan after-service yang lengkap dan menyeluruh. Gerai Ariston One Stop Solution Services yang telah dirancang dengan baik ini diharapkan dapat melengkapi kebutuhan tersebut,” tutup Danu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya