7 Manfaat Kurma untuk Orang yang Puasa Ramadhan, Sumber Energi hingga Sehatkan Pencernaan

Kurma
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Lifestyle  – Kurma adalah buah yang tumbuh di daerah tropis, buah ini memiliki rasa yang sangat manis dan kaya akan nutrisi, serat, vitamin, mineral dan antioksidan. Selain itu kurma juga mengandung gula alami yang mudah dicerna oleh tubuh yang dapat memberi energi cepat dan tahan lama.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Berdasarkan manfaat tersebut kurma sangat dianjurkan dan sangat baik dikonsumsi saat berbuka puasa atau ketika sahur di bulan Ramadhan. Bahkan dalam hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Imam Muslim dikatakan Rasulullah SAW sering mengkonsumsi kurma ketika buka puasa.

Kurma

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Masih dari hadis tersebut, ketika buka puasa di bulan Ramadhan Rasulullah SAW selalu mendahulukan untuk memakan beberapa butir kurma sebelum meminum segelas air putih atau susu kemudian melaksanakan shalat maghrib.

Dari hadis di atas dapat kita ambil kesimpulan bahwa kurma adalah buah yang sangat disukai Rasulullah SAW dan oleh karenanya umat Muslim juga dianjurkan untuk mengkonsumsinya terlebih ketika buka puasa.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Oleh karena itu, mengkonsumsi kurma selama bulan Ramadhan bukan hanya tradisi atau kebiasaan semata, tetapi juga memiliki dasar ajaran Islam dan manfaat kesehatan yang signifikan. Lantas apa saja manfaat kurma untuk orang yang puasa Ramadhan?

7 Manfaat kurma untuk orang yang puasa Ramadhan

1. Sumber Energi

Mengutip beberapa sumber Rabu 15 Maret 2023, kurma mengandung gula alami yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh, sehingga dapat memberikan energi yang cepat dan tahan lama bagi orang yang berpuasa.

2. Membantu Menghindari Dehidrasi

Kurma mengandung banyak air dan elektrolit alami, seperti kalium, magnesium, dan natrium, sehingga dapat membantu menghindari dehidrasi selama puasa.

3. Menjaga Keseimbangan Gula Darah

Kurma mengandung serat yang membantu menjaga keseimbangan gula darah dan mencegah kenaikannya yang tiba-tiba.

4. Sumber Nutrisi

Kurma mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin B dan C serta mineral seperti zat besi, kalsium, dan magnesium, sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh selama berpuasa.

Kurma

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kurma mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan dan memperbaiki kesehatan jantung secara keseluruhan.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Kurma mengandung vitamin C yang penting untuk produksi kolagen, yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mengurangi kerusakan akibat sinar matahari.

7. Menyehatkan Pencernaan

Kurma mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan membantu mencegah sembelit atau gangguan pencernaan lainnya saat menjalankan puasa di bulan Ramadhan.

Kurma

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya