Lemon Ginger Cooler, Resep Rempah Pelepas Dahaga Saat Buka Puasa

Air lemon dan sari jahe.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA Lifestyle – Ragam rempah yang mudah dijangkau di dapur rumah sebenarnya sangat memungkinkan untun menjadi bahan utama untuk berbuka puasa agar Ramadhan kali ini lebih sehat. Selain mudah dijangkau, paduan rasa rempah yang nikmat pun dapat memberi khasiat yang jarang disadari banyak orang.

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Pakar herbal dr Rianti Maharani MSi., menuturkan bahwa rempah di Indonesia sangat beragam dan yang paling mudah dijumpai adalah jahe. Menurutnya, buka puasa sangat tepat dengan memilih jahe dibanding bahan lainnya yang tidak alami dan belum tentu sehat.

"Jahe aman untuk dikonsumsi saat perut kosong. Jahe ketika diminum akan ada enzim-enzim untuk pencernaan," ujarnya dalam Hidup Sehat tvOne.

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Ilustrasi jahe.

Photo :
  • Pixabay/ Couleur

Selain itu, jahe sudah terbukti memiliki zat aktif yang bekerja sebagai anti radang sehingga mampu mencegah masalah di tenggorokan atau pun sistem pencernaan. Namun perlu dicatat bahwa bagi pemilik atau riwayat GERD atau asam lambung, sebaiknya tidak mengonsumsinya langsung saat perut kosong.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

"Ketika diminum akan timbul anti radang sehingga saat ada masalah di pencernaan akan aman. Banyak penelitian kalau konsumsi jahe bisa saat perut kosong dengan catatan tidak ada riwayat GERD," tuturnya.

Rempah lainnya yang jadi bahan utama untuk resep herbal ini adalah lemon. Sudah diketahui banyak orang bahwa lemon mengandung vitamin C yang baik untuk memangkas lemak-lemak jahat di tubuh. Namun perlu dicatat pula agar penyandang asam lambung atau GERD tidak mengonsumsinya saat perut kosong.

"Lemon bisa untuk turunkan kolesterol. Studi preklinis ternyata lemon yang difermentasi bisa kurangi obesitas dengan cara metabolisme lipid dan bisa tingkatkan mikrobiota usus. Tetap dengan pola makan tepat. Hati-hati untuk penderita asam lambung, harus makan dulu," jelasnya.

Berikut resep Lemon Ginger Cooler

Bahan:

1 jempol jahe, kupas, geprek, iris
2 sdm perasan lemon
1 batang kayu manis
Sirup kurma
Daun mint

Cara mengolah:

Masukan jahe ke air rebus yang mendidih. Matikan, saring ekstrak jahe.
Tambah lemon dan kayu manis dan diamkan 30 menit
Tambah sirup kurma dan es batu
Tambah daun mint. Sajikan.

Ramuan bawang putih campur jahe.

Photo :
  • U-Report

Manfaat jahe

Dikutip laman Humana, jahe telah digunakan selama ribuan tahun untuk mengobati banyak penyakit. Apa saja?

Meningkatkan fungsi otak

Ada banyak sifat anti-inflamasi jahe yang dapat membantu otak Anda. Misalnya, jahe meningkatkan kadar serotonin dan dopamin. Ini dapat mengurangi peradangan, yang dapat menyebabkan depresi. Jahe juga bisa memberikan manfaat untuk kecemasan, depresi, demensia, penyakit Alzheimer dan gangguan stres pascatrauma.

Meringankan sakit perut

Jahe dapat mengobati mual dan mabuk perjalanan. Itu karena bahan aktif jahe bisa mencapai bagian saluran GI Anda yang menyebabkan masalah perut.

Melawan infeksi

Jika Anda sedang melawan keracunan makanan, radang gusi, pilek atau flu, jahe dapat membantu menyingkirkan bakteri di tubuh Anda yang menyebabkan masalah.

Menurunkan kolesterol

Jahe dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL Anda. Ini memicu enzim spesifik yang memantau dan mengontrol kadar kolesterol dengan meningkatkan berapa banyak kolesterol yang digunakan tubuh Anda

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya