7 Makanan Ini Cegah Lemas saat Puasa, Nomor 4 Mudah Masaknya!

Kakao
Kakao
Sumber :

VIVA Lifestyle – Selama puasa Ramadhan, banyak umat muslim yang merasa lemas hingga menghambat berbagai aktivitas yang seharusnya dijalani. Salah satu pemicu lemas ini kemungkinan berasal dari pola makan yang kurang tepat, baik saat sahur dan berbuka puasa melalui asupan yang kurang berenergi.

Ahli Gizi, Serena Ball, M.S., R.D., mengatakam bahwa puasa selama belasan jam pada awalnya membuat tingkat energi menurun drastis. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Setelah tubuh menyesuaikan diri dengan rutinitas puasa, justru akan merasa memiliki lebih banyak energi mungkin akan meningkat secara keseluruhan, demikian pula manfaat lainnya. 

"Penelitian sedang berlangsung, tetapi manfaaet potensial dari rutinitas IF dapat mencakup peradangan yang lebih rendah, profil lipid darah yang lebih baik, kemampuan untuk mencegah kenaikan berat badan dan penurunan berat badan ringan," kata Robert Murray, MD, Profesor Nutrisi Manusia di College of Education and Human Ecology di The Ohio State University

Puasa dapat memberi kesempatan pada tubuh untuk membersihkan sel-sel yang rusak agar tidak tinggal di dalam tubuh dan berpotensi menyebabkan penyakit seperti kanker atau demensia.

Namun perlu dicatat bahwa selama waktu makan yang terbatas dari rutinitas puasa, penting untuk mengisi bahan bakar dengan makanan yang kaya nutrisi dan sehat untuk usus. 

Berikut daftar makanan berenergi tinggi yang mudah didapatkan, dikutip laman Food Network.

Halaman Selanjutnya
img_title