Indonesia Dilanda Gelombang Panas Waspada Heatstroke, Bisa Sebabkan Cacat Hingga Kematian

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.
Sumber :
  • Freepik/katemangostar

VIVA Lifestyle – Saat ini sejumlah negara di Asia tengah dilanda gelombang panas dalam sepekan terakhir. Rekor negara dengan suhu tertinggi tercatat ada di Bangladesh dengan suhu panas mencapai 51 derajat Celcius dan Thailand 45 derajat Celcius.  

Panas Ekstrem Melanda Thailand, 30 Orang Tewas

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga menyampaikan bahwa negara Asia memang sedang mengalami gelombang panas sebagai hal tak biasa yang terjadi. Bahkan disebut sampai menjadi perbincangan hangat di dunia saat ini.

Jalan meleleh akibat gelombang panas di New Delhi.

Photo :
  • Hindustan Times
Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

“Ternyata di beberapa negara di Asia sedang mengalami ‘heatwave’ atau gelombang panas. Hal ini tak biasa terjadi sehingga menjadi perbincangan hangat dunia terkini," dikutip dari postingan resmi BMKG pada Selasa, 25 April 2023.

Indonesia juga menjadi salah satu negara di Asia yang mengalami gelombang panas dan menurut BMKG suhu maksimum tertinggi tercatat di Ciputat, Tangerang Selatan.

Viral Video Detik-detik Seekor Kucing Diselamatkan di Tengah Banjir Melanda Dubai

Suhu maksimum harian di Ciputat tertinggi pada 17 April 2023 mencapai 37,2 derajat Celcius. Fenomena alam itu sejalan dengan gelombang panas yang terjadi di Asia.

Di tengah cuaca panas yang melanda Asia masyarakat diimbau untuk mewaspadai serangan heatstroke? Melansir laman CDC, heatstroke atau serangan panas adalah penyakit terkait panas yang paling serius. Heatstroke terjadi ketika tubuh tidak lagi dapat mengontrol suhunya: suhu tubuh naik dengan cepat, mekanisme berkeringat gagal, dan tubuh tidak dapat menjadi dingin. 

Saat serangan panas terjadi, suhu tubuh dapat naik hingga 41,1°C atau lebih tinggi dalam waktu 10 hingga 15 menit. Heatstroke dapat menyebabkan cacat permanen atau kematian jika orang tersebut tidak mendapatkan perawatan darurat.

Beberapa tanda yang perlu diwaspadai masyarakat di tengah setangan panas akibat cuaca ekstrem yang melanda Asia beberapa waktu belakangan ini.

Ilustrasi heatstroke/cuaca panas.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

- Kebingungan, perubahan status mental, bicara cadel
- Kehilangan kesadaran (koma)
- Panas, kulit kering atau banyak berkeringat
- Kejang
- Suhu tubuh yang sangat tinggi
- Fatal jika pengobatan tertunda

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya