Lindungi Kulit dari Cuaca Panas, Pakai Sunscreen atau Sunblock? Ini Perbedaannya

Ilustrasi sunscreen/sunblock/tabir surya.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Lifestyle – Sejumlah negara di Asia, termasuk Indonesia saat ini tengah dilanda gelombang panas yang membuat cuaca akhir-akhir ini menjadi semakin panas. Dalam cuaca ekstrem yang panas, kulit perlu dilindungi dari paparan sinar matahari. Hal itu lantaran paparan sinar matahari yang berlebih dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti sunburn atau kulit yang terbakar sinar matahari, kanker kulit, penuaan dini hingga melasma. 

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Untuk mencegah paparan sinar matahari yang berlebih, penting untuk menggunakan perlindungan seperti sunscreen atau sunblock. Keduanya adalah produk perawatan kulit yang digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Namun, sunscreen dan sunblock ternyata berbeda. Lantas, apa perbedaan sunscreen dan sunblock? Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya yang dihimpun dari berbagai sumber. 

Sunscreen 

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Ilustrasi memakai sunscreen

Photo :
  • Allure

Sunscreen merupakan produk perawatan kulit yang berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar UV dengan menyerapnya dan merubahnya menjadi panas yang tidak berbahaya bagi kulit. Selain itu, sunscreen juga membantu mencegah kerusakan pada kulit dan penuaan dini akibat sinar UV. Biasanya, sunscreen tersedia dalam berbagai tingkat SPF, di mana menunjukkan seberapa lama produk akan melindungi kulit dari sinar UV.

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Sunblock

Ilustrasi sunscreen/sunblock/tabir surya.

Photo :
  • Freepik/freepik.diller

Sementara itu, sunblock merupakan produk perawatan kulit yang melindungi kulit dengan menciptakan lapisan fisik di atas kulit untuk mencegah sinar UV menembus ke dalam kulit. Bisanya sunblock terbuat dari bahan mineral seperti titanium dioksida atau seng oksida. Sunblock memang menawarkan perlindungan yang lebih baik daripada sunscreen, namun dapat meninggalkan residu putih di kulit.

Pada dasarnya sunscreen dan sunblock sama-sama memberikan perlindungan terhadap kulit dari paparan sinar matahari. Keduanya mengandalkan bahan kimia yang berbeda untuk melakukannya dan tidak terlihat sama saat diterapkan.

Sunscreen dan sunblock adalah bentuk perlindungan matahari yang sangat baik. Namun, bagaimana cara memilih kedua perawatan kulit yang tepat? Pastikan cakupan spektrum luas (melindungi terhadap sinar UVA dan UVB), yang mengandung SPF 30 atau lebih tinggi dan tahan air. Sunscreen atau sunblock dengan UVA dan UVB akan mencegah penyamakan dan penuaan dini serta sengatan matahari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya