Ratu Rock n Roll Tina Turner Meninggal Dunia, Ini Deret Penyakit yang Diderita Semasa Hidup

Tina Turner.
Sumber :
  • AP Photo

VIVA Lifestyle – Ratu Rock n Roll Tina Turner meninggal dunia pada usia 83 tahun setelah menderita penyakit kronis, kata humasnya dalam sebuah pernyataan kepada NBC News. Kepergiannya terjadi setelah dia menderita sejumlah penyakit yang cukup berbahaya dalam beberapa tahun terakhir.

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

"Dengan dia, dunia kehilangan legenda musik dan panutan. Tina Turner lahir sebagai Anna Mae Bullock pada 26 November 1939, di Nutbush, Tennessee, AS. Dia menjadi terkenal di akhir tahun 60-an sebagai penyanyi band Ike & Tina Turner Revue, namun kemudian dia sukses mendunia sebagai artis solo," tulis pernyataan resmi dikutip laman Today, Kamis 25 Mei 2023. Scroll untuk info selengkapnya.

"Dengan musiknya dan vitalitasnya yang tiada habisnya, Tina Turner menggetarkan jutaan penggemar dan menginspirasi banyak artis dari generasi berikutnya. Hit global seperti 'What's Love Got To Do With it,' 'Private Dancer' dan 'The Best,' lebih dari 180 juta album terjual, 12 Grammy Awards dan lebih dari tiga dekade tur stadion yang terjual habis di seluruh dunia hanyalah bagian dari warisannya yang unik,” tambah mereka.

5 Mitos Tentang Masturbasi, Benarkah Bisa Hilangkan Keperawanan?

Bagaimana Tina Turner meninggal?

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Pernyataan dari humasnya tidak merinci apa penyebab kematian Turner, tetapi menyatakan bahwa dia meninggal karena sakit kronis.

Penyakit Tina Turner

Turner telah terbuka tentang beberapa masalah kesehatan yang dia hadapi dalam beberapa tahun terakhir, termasuk stroke, kanker usus, tekanan darah tinggi dan gagal ginjal, serta gangguan stres pascatrauma dari hubungannya dengan Ike Turner.

"Saya telah mengalami roller-coaster yang begitu liar dalam empat tahun sejak pernikahan saya sehingga bahkan saya kesulitan menjaga bencana medis saya tetap muncul," tulisnya dalam memoar tahun 2018 berjudul "Kisah Cintaku".

Stroke

Turner menderita stroke pada Oktober 2013, tiga bulan setelah pernikahan keduanya dengan Erwin Bach.

"Saya tiba-tiba terbangun dan panik. Petir menghantam kepala dan kaki kanan saya - setidaknya begitulah rasanya - dan saya merasakan sensasi lucu di mulut saya yang membuat saya sulit untuk meminta bantuan Erwin. Saya curiga itu tidak baik, tapi itu lebih buruk dari yang pernah saya bayangkan. Saya mengalami stroke,” tulis dia dalam memoarnya.

Bach dan dokter membawanya ke rumah sakit, di mana dia menemukan bahwa dia tidak dapat berdiri sendiri. Dia harus menyeret dirinya ke sofa dan menarik tubuhnya ke posisi duduk. Dia tinggal di rumah sakit selama 10 hari. Turner bisa mendapatkan kembali kemampuannya untuk berjalan.

Tina Turner.

Photo :
  • AP Photo

"Tetapi tidak ada proses rehabilitasi yang mudah," tulisnya.

Tekanan darah tinggi

Turner menulis dalam memoarnya bahwa dia didiagnosis dengan tekanan darah tinggi pada tahun 1978. Ia mengaku bahwa dia mulai meminum pil sekali sehari untuk kondisi pada tahun 1985. Tetapi sebaliknya, dia belajar untuk menerimanya dan berpikir bahwa "tinggi" adalah normal baginya.

"Saya tidak terlalu memikirkannya - ibu dan saudara perempuan saya memilikinya," tulisnya. 

Tak lama setelah itu, dia mulai berjuang untuk tampil seperti dulu.

"Saya percaya bahwa tubuh saya mulai bereaksi untuk bekerja dengan tekanan darah tinggi dan obat-obatan, dan itulah alasan saya tidak dapat mencapai catatan saya,” tulisnya.

Masalah ginjal

Tekanan darah tingginya yang tidak terkelola kemudian menyebabkan masalah ginjal seperti gagal ginjal dan harus menjalani transplantasi.

Setelah stroke, dokter Turner menyatakan keprihatinan bahwa tekanan darahnya yang tinggi juga melukai ginjalnya. Tak lama setelah itu, dia menemukan bahwa organ ginjalnya hanya memiliki 35 persen fungsi dan turun menjadi 5 persen. Dia menjalani cuci darah dalam upaya menjadi cukup sehat untuk menerima transplantasi ginjal.

Pada April 2017, dia menjalani operasi, dan suaminya Erwin Bach adalah donornya.

Tina Turner

Photo :
  • tinaturner

“Saya bertanya-tanya apakah ada orang yang berpikir bahwa sumbangan hidup Erwin bersifat transaksional. Luar biasa, mengingat sudah berapa lama kami bersama, masih ada orang yang ingin percaya bahwa Erwin menikahi saya karena uang dan ketenaran saya,” tulisnya dalam memoarnya.

Berjuang melawan kanker usus

Pada Januari 2016, Turner didiagnosis menderita kanker usus, yang dia bagikan dalam memoarnya. Dia menderita diare kronis selama berbulan-bulan sebelumnya. Itu didiagnosis pada tahap awal, dan dia menderita karsinoma dan beberapa polip ganas. Namun, tidak jelas apakah kanker itu bisa dihilangkan.

Sebulan kemudian, dia menjalani operasi untuk mengangkat bagian ususnya yang terkena kanker, dan dokter mengira itu bisa disembuhkan. Tetapi melakukan itu berarti dia harus menunda transplantasi ginjalnya selama satu tahun.

Vertigo

Tak lama setelah menderita stroke dan mengetahui bahwa dia mengalami gagal ginjal, Turner mulai merasa "pusing, sesak napas dan sakit perut.

"Sensasi itu benar-benar menjatuhkan saya,” kata Tina.

Dia mengalami vertigo, menyebutnya sebagai gangguan keseimbangan ekstrem yang mengerikan dan menakutkan. Dia menambahkan bahwa dia tidak bisa berdiri, berjalan atau fokus. 

"Tubuh saya berputar di luar kendali," tuturnya.

Tina Turner.

Photo :
  • AP Photo

Perjuangan kesehatan mentalnya

Turner menulis dalam memoarnya bahwa dia memiliki pikiran untuk bunuh diri selama hubungannya dengan Ike Turner. Dia kemudian mencoba bunuh diri sebelum akhirnya keluar dari hubungan pada tahun 1978.

"Saya memilih kematian, dan saya memilihnya dengan jujur. Saya tidak bahagia ketika bangun. Tetapi saya tidak pernah mencobanya lagi karena saya membuat kesadaran penting, yang mengubah jalan hidup saya. Saya keluar dari kegelapan dengan keyakinan bahwa saya ditakdirkan untuk bertahan hidup. Aku ada di sini karena suatu alasan,” ungkap Tina dalam memoar. 

Turner juga membagikan dalam film dokumenternya tahun 2021 bertajuk "Tina" bahwa dia menderita PTSD, Reuters melaporkan saat itu.

“Itu bukan kehidupan yang baik. Yang baik tidak menyeimbangkan yang buruk. Saya memiliki kehidupan yang penuh kekerasan, tidak ada cara lain untuk menceritakan kisah itu. Itu kenyataan. Itu adalah kebenaran. Itulah yang Anda miliki, jadi Anda harus menerimanya,” katanya dalam film dokumenter itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya