Bahaya Anak Kecanduan Gadget Saat Libur Sekolah, Picu Obesitas Hingga Sulit Bicara!

Anak bermain gadget.
Sumber :
  • U-Report

JAKARTA – Teknologi dan anak-anak zaman sekarang adalah pemandangan yang sering kita lihat sehingga kerap dianggap wajar. Pada satu titik, orang tua sangat menghargai gadget sebagai cara untuk menenangkan anak-anak mereka dan sebagai alat hiburan dan pendidikan. Tapi kemudian, itu menjadi pemandangan yang mengkhawatirkan.

7 Tips Menghadapi Ujian Nasional: Persiapan yang Efektif untuk Sukses

Balita memegang tablet, bayi dengan gadget di mulutnya, hingga selalu memandang layar internet. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Tak heran, sebuah riset dari Common Sense Media mengungkap peningkatan luar biasa anak-anak yang menggunakan gadget seperti smartphone dan tablet meningkat hanya dalam dua tahun. 

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Dari 38 persen pada tahun 2011, survei dua tahunan mengungkapkan bahwa anak-anak di bawah usia delapan tahun yang menggunakan perangkat seluler telah meningkat menjadi 72 persen pada tahun 2013.

Dilakukan pada orang tua Amerika sendiri, survei lebih lanjut menunjukkan peningkatan paparan gadget balita dari 10 persen menjadi 38 persen. 

Heboh Uang Jajan Anak Artis, Arie Untung dan Fenita Arie Terapkan Kesederhanaan

Dengan ini, American Academy of Pediatrics melarang penggunaan teknologi untuk anak di bawah usia dua tahun dengan mengatakan bahwa hal itu mengubah sifat masa kanak-kanak.

Pada tahun yang sama, University of Wisconsin menunjukkan bahwa balita cenderung merespons lebih baik layar video yang memulai interaksi, sehingga efek tablet menenangkan bagi anak-anak.

Pendiri Common Sense Media Jim Seyer menjelaskan bahwa gadget digital ini mengubah seluruh gaya hidup masa kanak-kanak, bahkan menggantikan TV, mainan, taman bermain, dan buku cerita.

"Anak-anak berusia satu tahun sekarang berjalan ke layar TV dan menggeseknya karena mereka mengira itu adalah tablet,” katanya.

“Mereka menjadi bagian dari masa kanak-kanak dengan cara yang hampir tidak terbayangkan sebelumnya,” jelasnya.

Sebagian besar orang tua yang menuruti keinginan anak-anak mereka tidak dapat melihat efeknya, tetapi pemerintah dan para ahli meminta keluarga untuk mengurangi paparan gadget ini kepada balita mereka.

Apa dampak gadget modern pada anak? Berikut lima alasan mengapa gadget modern menghambat tumbuh kembang anak, dikutip laman Layground Eqipment.

Perkembangan Otak Menurun Drastis

Selama masa balita, ukuran otak menjadi tiga kali lipat dan terus berkembang hingga usia dewasa.

Penelitian telah menunjukkan bahwa terlalu banyak gadget dapat berdampak negatif pada fungsi otak anak, dan bahkan dapat menyebabkan defisit perhatian, keterlambatan kognitif, gangguan belajar, peningkatan impulsif, dan penurunan kemampuan pengaturan diri.

Smart Parenting menyarankan orang tua untuk bernyanyi, membaca, dan berbicara dengan anak-anak mereka daripada membiarkan mereka bermain atau menonton TV di rumah.

Kegemukan

Anak-anak yang mengandalkan waktu bermain mereka di depan layar daripada di luar di taman bermain tidak membakar kalori yang mereka konsumsi. Satu dari tiga anak AS mengalami obesitas, yang dapat menyebabkan komplikasi seperti diabetes, serangan jantung, dan stroke.

Orang tua harus mendorong anak-anak mereka untuk bermain lebih banyak. Mereka harus memahami bahwa ada banyak manfaat bermain termasuk membuat anak mereka berjalan, berlari, melompat dan berolahraga yang mereka butuhkan. Anak-anak menjadi bugar di taman bermain dan membangun hubungan.

Kekerasan

Sebagian besar orang tua memperhatikan bahwa anak-anak mereka belajar menjadi agresif karena berjam-jam bermain game di tablet mereka. Tantrum adalah bentuk agresivitas yang paling umum di antara balita.

Seiring bertambahnya usia, anak-anak yang kecanduan game komputer lebih cenderung menghadapi dan tidak mematuhi orang tua mereka. Jadi sejak hari ini, alih-alih mengandalkan tablet untuk menenangkan dinamo kecil Anda, pilihlah buku mewarnai atau bola.

Paparan Radiasi

Menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia tahun 2011, ponsel dan perangkat nirkabel lainnya dianggap berisiko kategori 2B karena emisi radiasinya. Pada Desember 2013, Dr. Anthony Miller dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Toronto mengungkapkan bahwa paparan frekuensi radio jelas merupakan ancaman bagi anak-anak.

Sulit Bicara

Dengan bermain di tablet, mereka bisa dengan mudah bermain sendiri. Dalam sebuah artikel yang diterbitkan di The New York Times, Dr. Gary Small, penulis “iBrain: Surviving the Technological Alteration of the Modern Mind” dan direktur Longevity Center di University of California mengatakan bahwa jika anak-anak menghabiskan terlalu banyak waktu untuk teknologi dan lebih sedikit waktu dengan orang, itu menghambat interaksi dan mengganggu perkembangan keterampilan komunikasi normal pada anak-anak.

Dalam pengaturan keluarga, balita sering gagal memperbaiki komunikasi mereka dengan orang tua karena mereka mengelilingi diri mereka dengan benda mati. Yang lain meniru dan mewarisi keterampilan berbicara dari TV tetapi gagal saat bersosialisasi dengan orang lain.

Maka dari itu, moms bisa coba kenalkan si Kecil pada LEGO® NINJAGO® dengan karakter yang dibuat dengan Unreal Engine dari Epic Games.

Bahkan, para ninja-ninja cilik diundang untuk menampilkan kebolehan mereka di LEGO® NINJAGO® Academy dalam hari yang penuh aksi dengan tantangan LEGO NINJAGO di Bintaro Xchange Mall mulai 9 Juni hingga 9 Juli dan DeliPark Mall Medan mulai 10 Juni hingga 2 Juli.

Bersama dengan master Lloyd dan karakter baru Arin, Sora, dan Baby Dragon Riyu, pihak Lego ingin menciptakan dunia LEGO NINJAGO baru dengan karakter dan elemen menarik yang mengundang penggemar baru, namun tetap setia pada ciri khas yang ikonik. 

"Selain menyambut kembali para ninja kami yang sudah dikenal, kami juga sangat antusias untuk memperkenalkan karakter baru ninja dan naga yang fantastik. Hal ini merupakan hasil dari penelitian yang kami lakukan dengan anak-anak pada tahun 2021, yang menunjukkan bahwa mereka sangat ingin karakter naga menjadi pusat perhatian dalam cerita baru ini," kata Nigel Kong, Kepala Produk LEGO Ninjago.

https://www.playgroundequipment.com/effects-modern-gadgets-children-development/

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya