Riwayat Kesehatan Fajri Pasien Obesitas 300 Kg Sebelum Meninggal, Kondisinya Terus Menurun

Muhammad Fajri, pria berbobot 300 Kg.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

JAKARTA - Sebelum meninggal dunia hari ini, pasien obesitas atas nama Muhammad Fajri (MF) alias Fajri, sebulan belakangan sudah tak bisa tidur telentang. Hal itu diungkap dokter spesialis anestesi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Sidharta Kusuma Manggala.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

"Mungkin saya ceritakan dulu kondisi tuan MF sebelum meninggal. Jadi, memang sebulan ini, memang pasien MF sudah mulai tidak bisa tidur telentang," kata dia kepada wartawan, Kamis 22 Juni 2023. Scroll untuk info selengkapnya.

Kata dia, hal tersebut artinya memang sudah mulai ada masalah medis yang cukup serius terkait dengan kardio respirasi atau masalah paru-paru dan masalah jantung Fajri.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

"Dan kemudian, sebenarnya Tuan MF ini sekitar beberapa bulan yang lalu sudah disarankan juga untuk ke RS terkait kaki sebelah kanannya yang memang ada infeksi. Namun, beliau masih belum mau untuk ke RS, sehingga akhir kondisinya semakin menurun, sehingga beliau dibawa ke RS," katanya.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Menurut dia, kondisi Fajri sendiri saat datang ke RSCM dalam kondisi yang tidak baik. Dia harus dipakaikan ventilator karena buntuh bantuan untuk bernapas.

"Kemudian, setelah itu tuan MF setelah di sini sesaknya semakin memberat, sehingga membutuhkan bantuan pernapasan. Bantuan pernapasan, dipasang ventilator. Saat dipasang ventilator itu beliau mendapatkan obat-obatan," katanya.

Sidharta menambahkan, dalam perjalanannya ternyata infeksi di kakinya semakin berat juga ada infeksi di bagian paru-parunya.

"Kemudian infeksi ini kita bisa bilang menimbulkan kejadian yang namanya syok septik. Ini adalah suatu keadaan di mana terjadi respons tubuh terhadap infeksi yang berat," ujarnya lagi.

Sebelumnya diberitakan, Fajri, pria asal Tangerang dikonfirmasi meninggal dunia pada Kamis, dini hari, 22 Juni 2023 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Pria obesitas berbobot 300 kilogram itu sempat kritis dan dirawat oleh tim dokter di RSCM namun kini telah menghembuskan napas terakhirnya di usia 26 tahun.

Pria obesitas di Tangerang, Muhammad Fajri (27)

Photo :
  • Instagram @lambe_turah

Kabar mengenai Fajri yang meninggal dunia itu dibenarkan oleh Humas RSCM, Yogi. Ditambahkannya, kabar mengenai Fajri sedang dalam proses untuk diberikan kepada media secara luas.

"(Fajri meninggal dunia) Iya. Saat ini (rilis) sedang proses lanjutan ya," ujar Yogi, kepada VIVA, Kamis 22 Juni 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya