Virus Oz Tewaskan Seorang Wanita di Jepang, Ini Gejalanya

Ilustrasi meninggal.
Sumber :
  • U-Report

Jepang – Kementerian Kesehatan Jepang pada Jumat, 23 Juni 2023 melaporkan kasus pertama di dunia, di mana manusia meninggal akibat terinfeksi virus Oz.

Istri Kenang Sosok Dorman Borisman, Bikin Haru Ungkap Hal Ini

Seorang wanita di prefektur timur Ibaraki yang meninggal tahun lalu karena radang otot jantung ditemukan telah terinfeksi virus tersebut, kata kementerian tersebut.

Wanita berusia 70-an itu berkonsultasi dengan lembaga medis di Ibaraki, dekat Tokyo, musim panas lalu setelah mengalami gejala termasuk kelelahan dan muntah. Mencurigai pneumonia, institusi medis memberinya perawatan medis dan memintanya menunggu pemulihan di rumah.

Update DBD di Lampung Utara: 833 Terjangkit dan 4 Warga Meninggal Dunia

Saat kondisinya memburuk, wanita itu kemudian dirawat di rumah sakit, di mana staf menemukan gigitan kutu di pangkal paha kanannya. Dia meninggal karena radang otot jantung pada hari ke 26 dirawat di rumah sakit. Virus Oz ditemukan di sel otot jantungnya.

Menurut National Institute of Infectious Diseases, Jepang pertama kali mendeteksi virus Oz pada tahun 2018. Tetapi belum ada kasus yang dikonfirmasi tentang seseorang yang mengalami gejala atau kematian akibat virus tersebut, sementara hasil tes antibodi menunjukkan kemungkinan bahwa beberapa hewan liar, seperti seperti monyet dan babi hutan, dan manusia terinfeksi.

Fakta-fakta Taruna STIP Tewas Dianiaya Senior, Ternyata Bagian Ini yang Dipukul

Gejala virus Oz

Ilustrasi Virus OZ karena gigitan kutu keras

Photo :
  • Healthline

Virus Oz merupakan anggota thogotovirus baru yang diisolasi dari kutu yang menyebabkan infeksi mematikan pada tikus. Virus Oz itu kemungkinan secara alami menginfeksi manusia dan inang mamalia lainnya berdasarkan hasil sero survei. 

Pada manusia, Thogotovirus telah menyebabkan ensefalitis (radang otak), penyakit demam, hingga kematian. Virus tersebut juga bisa memicu keguguran pada domba yang mengandung.

Tindakan pencegahan terbaik, dengan menghindari paparan kulit saat berada di tempat-tempat yang menjadi habitat pembawa virus Oz. Kamu bisa menggunakan pakaian tertutup saat pergi ke hutan, semak-semak, dan tempat sejenis lainnya. Selain itu, gunakan lotion anti serangga agar tidak terpapar virus ini.

Jika kamu mengalami gigitan yang mencurigakan, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya