Banyak Makan Daging, Ini Aturan Konsumsi Rendang untuk Pasien Hipertensi

Ilustrasi makan daging kurban
Sumber :
  • U-Report

JAKARTA – Idul Adha erat kaitannya dengan aneka olahan daging sapi dan daging kambing. Mulai dari sate, sop, rendang, hingga tongseng. Namun bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi sering diwanti-wanti ketika menyantap olahan daging merah ini.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Sebab, daging merah dikaitkan dengan kandungan lemak yang tinggi dan bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Lantas bagaimana? Spesialis gizi klinik, dr. Ida Gunawan, Ms, Sp.GK angkat bicara.

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Dijelaskan Ida Gunawan bahwa daging merah kaya akan protein, zat besi, selenium, sink dan vitamin B1, B3, B12. Namun untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari daging merah pilih daging di bagian paha.

Rendang ala Dims The Meat Guy.

Photo :
  • Istimewa
5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

"Paha paling sedikit kandungan lemak dikit, protein padat. 100gr paha kandung antara 10-11gram lemak. lemak jenuh 3-4 gram," kata dia dalam program Hidup Sehat tvOne, Jumat 30 Juni 2023.

Meski demikian, Ida Gunawan mengungkap daging merah memiliki kandungan lemak jenuh yang kurang baik bagi kesehatan tubuh.

"Kaya akan lemak lemak jenuh kurang baik untuk kesehatan tingkatkan profil lemak dalam darah. kolesterol LDL. Tapi tetap diizinkan konsumsi daging merah kurang lebih 2 kali maksimal dalam 1 minggu, hitungannya sesuai dengan kg/berat badan dengan catatan tidak ada masalah pada ginjal dan hati," kata Ida.

Lebih lanjut, untuk porsi konsumsi daging merah sendiri antara 70 hingga 100 gram.

Ilustrasi hipertensi.

Photo :
  • U-Report

"Masih diizinkan 1 porsi 70 gram sampai dengan maksimal 100 gram. Menu lain bisa memilih daging ayam atau ikan sehingga kolesterol dikonsumsi tidak berlebihan," kata dia.

Sementara dengan mengonsumsi rendang? Apakah masih diperbolehkan?

Ida menyebut bahwa mereka dengan riwayat hipertensi masih bisa mengonsumsinya namun ada catatan khusus.

Makan daging

Photo :
  • raillynews

"Daging dimakan, tapi bumbu jangan ditambahkan sebagai kuah," kata dia.

Sementara itu,untuk mengolahnya disarankan Ida agar tidak menambahkan lemak berlebihan seperti dimasak dengan menggunakan minyak berlebih atau diberi santan berlebihan.

"Baik di grill atau sup," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya