Mulai dari Kompres hingga Relaksasi, Ini 6 Cara Untuk Mengurangi Nyeri saat Menstruasi

Ilustrasi nyeri haid.
Sumber :
  • U-Report

Jakarta – Menstruasi atau haid memang menjadi "langganan" para kaum hawa di tiap bulannya. 

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Menstruasi adalah proses fisiologis bulanan pada wanita di mana lapisan dalam rahim dikeluarkan bersamaan dengan darah melalui vagina. 

Siklus menstruasi rata-rata berlangsung sekitar 28 hari, tetapi rentang yang normal adalah antara 21 hingga 35 hari. Siklus dimulai pada hari pertama menstruasi dan berakhir pada hari sebelum menstruasi berikutnya.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Nyeri haid.

Photo :
  • U-Report

Waktu menstruasi itu sendiri biasanya berlangsung selama 3 hingga 7 hari, tetapi ini juga bisa bervariasi antara individu.

6 Tanda Kamu Terkena DBD, Kenali Gejalanya Sejak Dini agar Tidak Makin Fatal

Pada awal siklus menstruasi, hormon estrogen mulai meningkat untuk merangsang pertumbuhan lapisan rahim. Ketika sel telur tidak dibuahi, kadar hormon progesteron turun, yang memicu terlepasnya lapisan rahim dan perdarahan menstruasi.

Di beberapa individu, hal ini juga memicu nyeri atau rasa sakit dan tak nyaman di area perut bawah. 

Nyeri saat menstruasi atau dismenore adalah kondisi umum yang dialami oleh banyak wanita selama siklus menstruasi. Meskipun tidak mungkin untuk sepenuhnya menghilangkan nyeri haid, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi ketidaknyamanan yang kamu alami.

Berikut beberapa tips yang dapat membantu:

1. Gunakan pereda nyeri: Obat-obatan yang dijual bebas seperti ibuprofen atau naproxen sodium dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan. Pastikan untuk membaca dan mengikuti petunjuk dosis yang dianjurkan.

2. Gunakan kompres hangat: Mengaplikasikan kompres hangat di perut bawah dapat membantu meredakan kram dan mengurangi nyeri. Kamu dapat menggunakan bantal pemanas, botol air hangat, atau handuk yang dibasahi dengan air hangat.

3. Olahraga ringan: Berolahraga secara teratur dapat membantu mengurangi nyeri haid. Cobalah melakukan aktivitas ringan seperti berjalan kaki, berenang, atau yoga. Olahraga akan memicu pelepasan endorfin, yang dapat membantu meredakan nyeri dan meningkatkan suasana hati.

4. Hindari makanan tertentu: Beberapa makanan atau minuman dapat memperburuk gejala nyeri haid. Hindari makanan pedas, makanan berlemak tinggi, kafein, alkohol, dan makanan yang mengandung garam berlebihan.

Lebih baik konsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan makanan yang mengandung omega-3.

5. Relaksasi dan manajemen stres: Teknik relaksasi seperti meditasi, pernapasan dalam, atau pijatan ringan dapat membantu mengurangi nyeri haid. Menjaga tingkat stres yang rendah juga dapat membantu mengurangi keparahan nyeri.

Cobalah mengalihkan perhatian kamu dari rasa sakit dengan memfokuskan pikiran pada sesuatu yang menenangkan.

Ilustrasi kompres

Photo :
  • pixabay

6. Kompres dingin: Beberapa wanita merasa kompres dingin lebih efektif daripada kompres hangat. Jika kamu merasa nyaman dengan kompres dingin, kamu juga bisa mencobanya, lho. Tempatkan bungkus es atau kantong es di perut bagian bawah selama beberapa menit.

Nah, itu tadi 6 cara mengurangi nyeri saat tanggal merah hadir. Namun, jika nyeri saat menstruasi sangat parah dan mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Mereka dapat mengevaluasi kondisimu dan memberikan saran atau pengobatan yang lebih spesifik untuk mengurangi nyeri haid.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya