Ngeri, Lidah Pria Ini Hijau dan Berambut, Begini Penjelasan Dokter

Kondisi Lingua Villosa pada lidah
Sumber :
  • Instagram @pandemictalks

Jakarta – Lidah seorang pria tampak hijau dan berambut, kok bisa? Pria tersebut rupanya mengalami sesuatu yang disebut sebagai Lingua Villosa. Kondisi tersebut diketahui dari video yang diunggah oleh dr Felix G Hartono dan akun @pandemictalks di Instagram.

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Seperti diketahui, lidah manusia saat dilihat dari dekat memiliki tekstur yang kasar dan penonjolan yang membuat lidah kasar itu disebut papil, menurut penjelasan sang dokter yang dikutip pada Jumat, 14 Juli 2023. 

Kondisi Lingua Villosa pada lidah

Photo :
  • Instagram @pandemictalks
Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Pria tersebut diketahui sebagai perokok aktif dan kurang menjaga kebersihan mulutnya sehingga papilnya memanjang sampai terlihat mirip seperti rambut. Sedangkan warna hijau yang muncul itu disebabkan karena lidah pria tersebut yang kotor lantaran banyak bakteri dan jamur

“Makanya buat kalian yang hobinya (merokok) mendingan dikurang-kurangin dan dijaga kebersihan mulutnya,” imbau dr Felix G Hartono. 

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Warna hijau dan papil yang memanjang itu dapat dibersihkan dengan dikerok menggunakan alat dan dengan cara mengurangi rokok. Sehingga lidah dapat terlihat normal kembali. 

Lingua Villosa

Kondisi Lingua Villosa pada lidah

Photo :
  • Instagram @pandemictalks

Lingua villosa sendiri adalah kondisi langka yang mempengaruhi lidah seseorang. Kondisi ini ditandai dengan pertumbuhan papila atau tonjolan kecil pada permukaan lidah yang mengakibatkan penampilan lidah yang tidak normal.

Dalam keadaan normal, papila lidah bertanggung jawab untuk memproduksi lapisan sel-sel yang terus-menerus terkelupas, sehingga lidah terlihat merah muda. Namun, pada kasus lingua villosa, papila tersebut tidak terkelupas dengan baik dan akhirnya memanjang. 

Akibatnya, lidah dapat terlihat lebih panjang dan tampak memiliki tonjolan-tonjolan berwarna hitam atau cokelat atau bahkan hijau seperti yang terjadi pada kasus pria di atas. 

Meskipun penampilannya bisa mengejutkan, lingua villosa biasanya tidak menimbulkan gejala atau menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Namun, pada beberapa kasus, papila yang terlalu panjang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman atau gangguan dalam makan dan berbicara.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya lingua villosa antara lain:

  • Infeksi jamur: Pertumbuhan berlebihan jamur pada lidah dapat menyebabkan kondisi ini.
  • Penyebab obat: Beberapa obat, seperti antibiotik, dapat menyebabkan papila lidah tumbuh lebih panjang.
  • Faktor-faktor lokal: Kebersihan mulut yang buruk, merokok, penggunaan obat kumur yang mengandung zat-zat tertentu, atau iritasi mekanis pada lidah dapat menjadi faktor penyebab.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya