Resmi Diluncurkan Vaksin NUSAGARD Diharap Bisa Bantu Pemerintah Eliminasi Kanker Serviks 2033

Ilustrasi vaksin
Sumber :
  • VIVA/ David Rorimpandey

JAKARTA – Kanker serviks menjadi salah satu kanker yang perlu diwaspadai terutama oleh wanita. Sebab berdasarkan data setiap tahunnya ada 21 ribu wanita di Indonesia yang meninggal dunia akibat kanker serviks. 

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Namun kanker ini dapat dicegah salah satunya dengan melakukan kegiatan vaksinasi HPV.

“Setiap dua menit ada 1 orang yang meninggal karena kanker serviks kanker ini merupakan jenis kanker nomor dua penyebab kematian tertinggi di Indonesia setelah kanker payudara. Kanker ini bisa dicegah dengan melakukan kegiatan vaksinasi,” kata Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono dalam peluncuran vaksin NUSAGARD di Ritz Carlton Jakarta Selatan, Rabu 2 Agustus 2023.

Maknai Semangat RA Kartini, Shandy Purnamasari: Perempuan Tak Cuma Jadi Istri dan Ibu

Hari ini diketahui Bio Farma meluncurkan NUSAGARD, vaksin HPV 4-valen MSD yang diproduksi di dalam negeri. Dengan hadirnya vaksin HPV 4-Calen ini diharapkan dapat meningkatkan dan memperluas cakupan vaksin HPV di Indonesia sekaligus dapat mencegah angka kematian akibat kanker serviks ini. 

“Hari ini telah dilaunching vaksin kanker serviks untuk bisa menolong wanita di Indonesia. Angka yang dikeluarkan BPJS Kesehatan 4,5 T setiap tahunnya untuk mengobati kanker ini. Dengan investasi masuk ke fase hilir melakukan kegiatan vaksinasi selain mencegah angka kematian kita bisa juga menghemat uang,” kata Dante. 

Praz Teguh Nilai Wanita dari Mata Kaki, Reaksi Netizen Pro Kontra

Dante menambahkan dengan peluncuran NUSAGARD ini akan membantu pemerintah untuk mencapai program eliminasi kanker serviks di tahun 2030 mendatang.

“Nusagard bentuk karya kerjasama dengan MSD untuk memberikan akses demi mencapai eliminasi kanker serviks pada 2030,” kata Dante.

Sebagai informasi, vaksin NUSAGARD ini diketahui akan diperuntukkan dalam Program Imunisasi Nasional berbasis sekolah dasar yang akan dilaksanakan mulai bulan Agustus 2023 ini melalui program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Nantinya vaksin ini akak diberikan kepada anak-anak usia 9-14 tahun atau pada anak siswa Sekolah Dasar kelas 5 dan 6 dengan dua dosis.  Vaksin NUSAGARD ini belum bisa diakses masyarakat luas lantaran vaksin ini masih diperuntukkan untuk program pemerintah.

“Peluncuran NUSAGARD vaksin HPV 4-valen ini merupakan langkah terdepan dalam pencegahan menuju generasi bebas kanker serviks. Bio Farma hadir untuk memberikan aksesibilitas, memastikan akses yang mudah dan terjangkau terhadap layanan kanker serviks dari mulai deteksi hingga vaksinasi,” kata Direktur Utama Bio Farma, Shadiq Akasya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya