Tak Hanya Jadi Bumbu Dapur, Ini 8 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Kunyit
Sumber :
  • Pixabay/Steve Buissinne

VIVA – Tumbuhan kunyit (Curcuma longa) telah lama diakui sebagai tanaman yang kaya manfaat. Dari bahan dapur hingga dunia pengobatan tradisional, kunyit memiliki banyak manfaat berkat senyawa aktifnya yang dikenal sebagai kurkumin. Sebagai akar berwarna kuning cerah, kunyit tidak hanya memberikan sentuhan rasa dan aroma khas pada masakan, tetapi juga memiliki potensi untuk membawa dampak positif pada kesehatan manusia. 

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Pada kali ini, akan diulas mengenai sejumlah manfaat kunyit, mulai dari kemampuannya dalam meredakan peradangan hingga potensi dukungannya terhadap kesehatan otak dan jantung. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini deretan manfaat kunyit. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

1. Efek Antiinflamasi

Penampilan Sekarang Beda Banget, Kiky Saputri dan Zsa Zsa Bongkar Rahasia Makin Glowing

Ilustrasi bumbu dapur atau kunyit.

Photo :
  • Pixabay/Ajale

Manfaat kunyit yang pertama adalah efek antiinflamasi. Kurkumin dalam kunyit memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini bisa bermanfaat dalam mengurangi gejala penyakit peradangan kronis seperti arthritis reumatoid, osteoarthritis, dan bahkan kondisi kulit seperti psoriasis.

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

2. Antioksidan

Kunyit

Photo :
  • Pixabay/Corey Ryan Hanson

Selain itu, kurkumin juga memiliki sifat antioksidan yang kuat, yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan demikian, konsumsi kunyit dapat membantu mengurangi risiko penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini.

3. Pengelolaan Diabetes

ilustrais diabetes

Photo :
  • Pixabay/ stevepb

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurkumin dapat membantu mengatur kadar gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi peradangan pada penderita diabetes tipe 2.

4. Dukungan Fungsi Otak

Ilustrasi organ otak manusia.

Photo :
  • IG @katadokter_official

Manfaat kunyit selanjutnya adalah sebagai dukungan untuk fungsi otak. Kurkumin telah dikaitkan dengan potensi meningkatkan fungsi otak dan perlindungan terhadap penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer. Ini dapat bekerja dengan mengurangi akumulasi plak amyloid-beta, yang merupakan ciri khas penyakit Alzheimer.

5. Pemeliharaan Kesehatan Jantung

Ilustrasi jantung.

Photo :
  • Pixabay

Kurkumin juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi peradangan, mengontrol tekanan darah, dan mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat).

6. Pendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Ilustrasi anak muda yang sehat raga dan sehat finansial

Photo :
  • Sequis

Senyawa-senyawa dalam kunyit dapat memberikan dukungan pada sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

7. Pengelolaan Berat Badan

Ilustrasi Menurunkan Berat Badan

Photo :
  • Pixabay/Public domain pictures

Beberapa penelitian awal mengindikasikan bahwa konsumsi kunyit dapat membantu dalam pengelolaan berat badan dengan mengatur metabolisme lemak dan mengurangi peradangan yang terkait dengan obesitas.

8. Pemeliharaan Fungsi Hati

Kunyit

Photo :
  • Pixabay/Steve Buissinne

Kunyit dapat membantu melindungi hati dari kerusakan oksidatif dan meredakan peradangan, yang berkontribusi pada kesehatan hati yang baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya