5 Tips Diet ala Ade Rai, Lemak Auto Luntur dalam Seminggu

Ade Rai
Sumber :
  • ist

Jakarta Ade Rai sampai saat ini masih bisa mempertahankan bentuk tubuhnya yang kekar dan sehat meski sudah tidak lagi menjadi binaragawan. Ia pun kerap membagikan gaya hidup sehat dengan menjaga pola makan dan olahraga. Pria keturunan Bali itu berbagi pola makan yang sehat dan mudah dipahami.

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Melalui akun Instagram @jpsmartfitness, juara binaragawan Musclemania World 1996 itu membagikan lima tahapan diet yang dijamin akan membuat seseorang turun berat badan hanya dalam waktu seminggu saja.

1. Puasa

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Ilustrasi puasa, gelas kosong

Photo :
  • pixabay/ Serdar_A

Mayoritas orang saat ini mungkin tidak makan ketika dirinya tidur. Karena itu, dalam waktu 24 jam sehari, waktu tidak makan hanya 30 persen dengan asumsi waktu tidur delapan jam sehari. Menurut dia, pola makan tak bisa menurunkan berat badan.

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

"Oleh sebab itu, maka kita balik di mana jendela makan jadi hanya 30 persen, yang tidak makan jadi 70 persen. Salah satu caranya adalah tidak makan pagi," ungkapnya. Ia memberi tiga pilihan waktu makan, yaitu di pukul 8 pagi hingga 4 sore, 10 pagi hingga 6 sore, atau jam 1 siang hingga 8 malam.

2. Kontrol Karbohidrat

Ilustrasi nasi sebagai karbohidrat

Photo :
  • Pixabay/Jungyeon

Selama masih dalam waktu makan, sebenarnya kita boleh saja konsumsi apa pun dan makan berulang kali. Namun, Ade Rai menyarankan untuk mengontrol jumlah dan sumber karbohidrat.

Kita sebenarnya bisa makan apa saja, dan memakannya berulang-ulang, selama berada dalam waktu makan. Namun, Ade Rai menganjurkan untuk mengontrol jumlah dan sumber karbohidrat. Ia mengimbau untuk memilih sumber karbohidrat alami.

"Itu biasanya mengandung karbohidrat tapi di saat yang sama juga mengandung serat. Sayuran atau kentang kadang-kadang kita makan juga bersama kulitnya jadi menambah serat lebih tinggi, otomatis potensi untuk disimpan di dalam lemak jadi lebih kecil," jelasnya.

3. Konsumsi Protein

Sumber protein

Photo :
  • Times of India

Protein seringkali merupakan makronutrien, tetapi kebanyakan orang tidak mengkonsumsinya, kata Ade Rai. Karena itu, ia merekomendasikan untuk memprioritaskan asupan protein setiap kali makan besar. Selain baik untuk membentuk otot, protein juga membuat seseorang kenyang lebih lama dibandingkan karbohidrat.

4. Pilih Sumber Lemak

Nasi lemak di Uncle Fat.

Photo :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari

Lemak alami diperoleh langsung saat protein dikonsumsi. Misalnya saat mengkonsumsi ikan, ayam, kambing, atau sapi tentu saja mengandung lemak yang cukup banyak.

Namun masalah yang sering muncul adalah sumber protein tersebut diolah dengan cara digoreng dalam minyak. Oleh karena itu, lemak yang dikonsumsi adalah lemak jenuh. Oleh karena itu, pilihlah sumber lemak alami dan tak jenuh, seperti kuning telur, alpukat, dan minyak zaitun.

5. Olahraga

Gerakan olahraga russian twist

Photo :
  • Womens Health

Untuk pembakaran lemak yang lebih baik, olahraga sebaiknya dilakukan mendekati waktu berbuka puasa. Karena kamu belum makan lebih dari 12 jam, tubuh kamu akan menggunakan lemak sebagai sumber energi.

Jika olahraga ditambahkan ke waktu ini, keadaan stres sengaja dibuat, hormon stres, katekolamin, mengaktifkan hormon sensitif lipase. Saat itulah tubuh juga menggunakan lemak sebagai sumber energi saat berolahraga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya