7 Alasan Pentingnya Vaksin Kucing, Pencegah Penyakit hingga Tambah Panjang Umur

Kucing Maine Coon
Sumber :
  • Pixabay/miezekieze

VIVA Lifestyle – Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang lucu dan menyenangkan, tetapi seperti halnya hewan peliharaan lainnya, mereka rentan terhadap berbagai penyakit. Salah satu cara terbaik untuk melindungi kesehatan anabul yang kamu pelihara adalah dengan memberikan vaksin kucing yang tepat. Pada ini akan dijelaskan mengapa vaksin kucing penting dilakukan.

Lonjakan Kasus DBD di Lampung, 1.779 Kasus Terungkap dengan 10 Korban Meninggal

1. Pencegahan penyakit yang mematikan

Kucing belang tiga.

Photo :
  • Catlovers
Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Vaksinasi membantu melindungi kucing dari penyakit-penyakit serius yang dapat berakibat fatal. Beberapa contoh penyakit tersebut adalah rabies, virus kucing immunodeficiency (FIV), dan virus leukemia feline (FeLV). Tanpa vaksinasi yang tepat, kucing peliharaanmu bisa terinfeksi dengan penyakit ini, yang dapat berakhir dengan kematian. 

2. Perlindungan terhadap penyakit menular

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Ilustrasi kucing sakit (kudis)

Photo :
  • Pixabay/mochawalk

Kucing yang tinggal di dalam rumah pun dapat terkena penyakit menular. Penyakit seperti calicivirus dan herpesvirus dapat dengan mudah menyebar di antara kucing dalam satu rumah. Vaksin kucing membantu mengurangi risiko penyebaran penyakit-penyakit ini di antara kucing peliharaan yang kamu miliki.

3. Kesehatan masyarakat

Kucing belang tiga.

Photo :
  • Istimewa

Vaksinasi pada kucing juga memiliki manfaat untuk kesehatan masyarakat. Beberapa penyakit yang dapat ditularkan dari kucing ke manusia, seperti rabies, dapat dicegah dengan melakukan vaksin rabies pada kucing. Ini penting untuk melindungi seluruh keluarga dan masyarakat..

4. Biaya perawatan lebih rendah

Kucing Maine Coon

Photo :
  • Pixabay/Kirgiz03

Mencegah penyakit melalui vaksinasi lebih murah daripada merawat penyakit setelah kucing terinfeksi. Biaya perawatan untuk penyakit serius seperti rabies atau FIV bisa sangat tinggi, dan vaksinasi adalah investasi yang bijak untuk kesehatan kucing peliharaanmu.

5. Perpanjang umur kucing

Kucing Maine Coon

Photo :
  • Pixabay/miezekieze

Kucing yang divaksinasi dengan benar cenderung hidup lebih lama dan lebih sehat. Vaksinasi membantu melindungi mereka dari berbagai ancaman penyakit yang dapat memengaruhi kualitas hidup mereka sehingga akan memperpanjang umur kucing. 

6. Salah satu persyaratan kucing

Anak kucing.

Photo :
  • Pixabay/Quangpraha

Jika kamu berencana untuk bepergian dengan kucing atau jika akan menitipkannya di tempat penitipan hewan, vaksinasi seringkali menjadi persyaratan yang diperlukan. Pastikan kucingmu mendapatkan vaksinasi yang diperlukan agar kamu tidak menghadapi masalah saat bepergian atau menitipkannya.

7. Menjaga kesehatan kucing lainnya

Anak kucing

Photo :
  • PIxabay/noly

Jika kamu memiliki lebih dari satu kucing, vaksinasi membantu melindungi kucing lain yang ada dalam rumahmu. Ini dapat mencegah penyebaran penyakit di antara hewan peliharaan, yang bisa mengurangi stres dan biaya perawatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya