Vitamin K2 dan D3, Disebut Ampuh dalam Melawan Osteoporosis dan Penyakit Jantung

Penyakit jantung pada wanita
Sumber :
  • times of india

JAKARTA – Dua masalah kesehatan yang semakin marak menimpa populasi dewasa dan lansia adalah osteoporosis dan penyakit jantung. Osteoporosis, kondisi yang ditandai oleh penurunan massa tulang, membuat tulang menjadi lebih rapuh dan rentan terhadap patah. Sementara itu, penyakit jantung atau yang juga dikenal sebagai penyakit kardiovaskular, telah menjadi salah satu kondisi medis paling mematikan di dunia, menewaskan jutaan orang setiap tahun.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Dalam upaya pencegahan dan penanganan, vitamin K2 dan D3 menunjukkan potensi yang menjanjikan. Vitamin K2 berfungsi dalam mengarahkan kalsium ke tulang dan mencegah penumpukan kalsium di arteri. Menurut Journal Proper Calcium Use: Vitamin K2 as a Promoter of Bone and Cardiovascular Health pada tahun 2014, asupan setidaknya 100 mcg vitamin K2 per hari dapat membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang dan kekuatan tulang, serta menjaga kesehatan jantung. Scroll lebih lanjut ya.

Studi lain dari The New England Journal of Medicine pada tahun 2007 juga menunjukkan bahwa vitamin K2 dapat mengurangi risiko fraktur panggul sebesar 77%. Di sisi lain, vitamin D3 membantu tubuh dalam menyerap kalsium dan telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular.

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

"Kombinasi dari vitamin K2 dan D3 bekerja secara sinergis, membantu tubuh dalam mengoptimalkan penggunaan kalsium," kata Alya Islamiati, Marketing Tomo Kenko. 

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Tomo Kenko merupakan salah satu suplemen yang mengandung kedua vitamin ini. Mereka menyediakan suplemen ini dalam dua kemasan, yaitu Sleeve dan Box, dengan tujuan untuk menjangkau berbagai segmen masyarakat.

"Kerja sama antara vitamin D3 dan K2 sangat penting, terutama dalam menjaga kesehatan tulang dan jantung. Kedua vitamin ini saling mendukung dalam mengoptimalkan penggunaan kalsium dalam tubuh," tambah Islamiati.

Ilustrasi Osteoporosis

Photo :
  • healthshots

Selain itu, vitamin K2 dan D3 ini tidak hanya bermanfaat bagi lansia dan wanita menopause tetapi juga bisa dikonsumsi oleh berbagai kalangan usia, mulai dari 14 tahun termasuk ibu hamil. Manfaat lain dari Vitamin K2 meliputi menjaga kekuatan gigi, mempercepat penyembuhan luka, dan membantu perkembangan otak.

Kesimpulannya, osteoporosis dan penyakit jantung memang menjadi dua kondisi medis yang memerlukan perhatian serius. Namun, penelitian terkini menunjukkan bahwa vitamin K2 dan D3 dapat berfungsi sebagai agen pencegah yang efektif. Seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran tentang pentingnya asupan nutrisi yang tepat, diharapkan lebih banyak orang yang bisa terlindungi dari ancaman kedua penyakit ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya