5 Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Dihindari

Ilustrasi kolesterol .
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

Jakarta – Kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan yang serius dan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Salah satu cara penting untuk mengendalikan kolesterol adalah dengan mengatur pola makan. 

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Penderita kolesterol tinggi harus menghindari makanan tertentu yang dapat memperburuk kondisi mereka. Dalam artikel ini, kita akan membahas lima makanan yang harus dihindari oleh penderita kolesterol tinggi.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

1. Lemak Trans

Kari Ayam Tanpa Santan

Photo :
  • Kaskus.co.id
Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

Lemak trans adalah jenis lemak buatan yang ditemukan dalam makanan olahan, seperti makanan cepat saji, makanan ringan, dan makanan yang digoreng dalam minyak nabati yang digunakan berulang kali. 

Lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan menurunkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Oleh karena itu, penderita kolesterol tinggi harus menghindari makanan yang mengandung lemak trans sebisa mungkin.

Nasi Padang.

Photo :
  • VIVA/Isra Berlian

Lemak jenuh adalah lemak alami yang ditemukan dalam daging berlemak, produk susu penuh lemak, mentega, dan minyak kelapa. Konsumsi lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL. 

Oleh karena itu, penderita kolesterol tinggi sebaiknya membatasi konsumsi makanan yang kaya akan lemak jenuh dan memilih alternatif yang lebih sehat, seperti daging tanpa lemak dan produk susu rendah lemak.

3. Gula Tambahan

ilustrasi gula, garam, kayu manis

Photo :
  • Pixabay/ ulleo

Konsumsi gula tambahan yang tinggi dapat berdampak negatif pada kolesterol. Gula tambahan dapat menyebabkan peningkatan berat badan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kadar kolesterol. 

Selain itu, konsumsi gula tambahan juga dapat mengurangi kadar kolesterol HDL. Penderita kolesterol tinggi sebaiknya membatasi makanan dan minuman manis, seperti minuman berkarbonasi dan makanan penutup yang tinggi gula.

4. Daging Merah dan Produk Olahannya

Hidangan olahan daging sapi.

Photo :
  • Istimewa

Daging merah, seperti daging sapi dan babi, serta produk olahannya, seperti sosis dan daging asap, mengandung lemak jenuh yang tinggi. Konsumsi daging merah yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL. Penderita kolesterol tinggi sebaiknya memilih sumber protein lain, seperti ikan, unggas tanpa kulit, dan kacang-kacangan.

5. Makanan Tinggi Kolesterol

Makanan mengandung kolesterol.

Photo :
  • WebMD

Beberapa makanan mengandung kolesterol tinggi, seperti kuning telur, hati, dan udang. Meskipun kolesterol yang kamu konsumsi dari makanan tidak memiliki dampak besar pada kolesterol darah, penderita kolesterol tinggi sebaiknya membatasi konsumsi makanan ini. 

Apalagi jika mereka sudah memiliki masalah kolesterol yang signifikan. Sebagai gantinya, fokus pada makanan tinggi serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan sereal gandum utuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya