Disebabkan Diabetes, Indonesia Jadi Negara dengan Angka Kebutaan Tertinggi di Asia Tenggara

Ilustrasi diabetes/cek gula darah.
Sumber :
  • Pexels/Polina Tankilevitch

VIVA Lifestyle – Menurut data International Diabetes Federation (IDF) tahun 2021, Indonesia menduduki peringkat ke-5 dari 10 negara di dunia dengan penderita diabetes terbesar (rentang usia 20-79 tahun) yaitu 19,5 juta orang dan di prediksi mencapai 28,6 juta di tahun 2045.

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini

IDF juga menyebutkan bahwa 1 dari 3 penderita diabetes akan mengalami suatu bentuk kehilangan penglihatan (vision loss) semasa hidupnya. Data dari Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) pada tahun 2022 menunjukkan bahwa Indonesia menjadi negara dengan angka kebutaan tertinggi di Asia Tenggara, yang salah satunya disebabkan oleh retinopati diabetik. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Di Indonesia prevalensi Retinopati Diabetik (RD) terjadi pada pasien diabetes tipe 2 sebesar 43,1 persen, dengan angka pasien yang kemungkinan mengalami RD yang mengancam penglihatan (VTDR = vision-threatening diabetic retinopathy) sebesar 26.3 persen. 

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Untuk mencegah terjadinya perburukan RD hingga kebutaan, perlu dilakukan kontrol faktor-faktor risiko sistemik pada pasien seperti tekanan darah, tingkat glikemik yang optimal serta tingkat lipid. Prevalensi kebutaan bilateral adalah 4 persen pada pasien dengan RD dan 7.7 persen pada pasien dengan VTDR.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

"Menurut guideline Asosiasi Diabetes Amerika (ADA) 2022, langkah pertama yang harus dilakukan oleh penderita diabetes adalah melakukan pemeriksaan mata pada 5 tahun pertama setelah terdiagnosa diabetes tipe 1 dan sesegera mungkin pada pasien diabetes tipe 2," ujar dr. Dewi Muliatin Santoso, Head of Medical Department of Bayer Pharmaceutical, dalam keterangannya, dikutip Kamis 2 November 2023. 

"Jika tidak ada gejala retinopati dan gula darah terkontrol dengan baik, maka pemeriksaan dapat dilakukan 1-2 kali dalam setahun," sambungnya. 

Solusi pengobatan bagi penderita DME
Retinopati Diabetik terjadi akibat dari diabetes jangka panjang dan menyebabkan inflamasi yang merusak pembuluh darah mata yang kecil (mikrovaskular) dan meningkatkan pertumbuhan pembuluh darah baru di retina atau endotelial vaskular (VEGF) yang mengakibatkan kebocoran pembuluh darah dan pada akhirnya terjadi Diabetik Makular Edema (DME).

Akibat dari DME seperti penglihatan menjadi tidak fokus, adanya bercak hitam, warna buram, garis lurus menjadi gelombang atau bengkok, dan jika diabaikan dalam waktu lama dapat berujung pada kebutaan.

DME dapat diobati dengan injeksi anti-VEGF seperti Aflibercept dari Bayer yang telah mendapatkan izin edar dari BPOM. Di Indonesia saat ini, injeksi anti-VEGF yang sudah menerima persetujuan BPOM adalah Aflibercept, Ranibizumab, dan Brolucizumab.

Ilustrasi Mata

Photo :
  • pixabay

Aflibercept merupakan obat yang memiliki afinitas pengikatan terhadap VEGF-A yang sekitar 100 kali lebih kuat dibandingkan Bevacizumab atau Ranibizumab. Berdasarkan studi Protokol T, Aflibercept memberikan perbaikan penglihatan yang baik dengan jumlah injeksi yang lebih sedikit dibandingkan alternatif VEGF lainnya. 

Dengan pemberian Aflibercept setiap 8 minggu (setelah 1 kali injeksi perbulan selama 5 bulan awal) bisa menjadi opsi terapi yang mampu mengurangi jumlah total suntikan dan kunjungan ke klinik, yang pada akhirnya akan mengurangi beban bagi individu. Selain itu, Aflibercept juga efektif untuk mengobati masalah mata selain DME seperti age-related macular degeneration (AMD) atau makula yang disebabkan umur.

"Selain mengandalkan terapi anti-VEGF seperti Aflibercept, mengidentifikasi dan mengobati DME pada tahap awal adalah langkah krusial dalam merawat pasien diabetes, terutama untuk menjaga kualitas penglihatan mereka dan meminimalisir risiko kebutaan akibat DME," jelasnya. 

"Selain itu, memonitor gula darah secara berkala, menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol dengan pola makan sehat, berhenti merokok, serta berolahraga secara teratur adalah langkah-langkah yang dapat membantu mengurangi risiko diabetes dan perburukan DME. Konsultasikan dengan dokter spesialis mata untuk mendapatkan informasi lebih dalam terkait DME, serta pilihan terapi pengobatan menggunakan Aflibercept," pungkas dr. Dewi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya