Benarkah Pemanis Buatan Lebih Berbahaya Dibanding Pemanis Alami?

Ilustrasi susu kental manis.
Sumber :
  • Freepik/azerbaijan_stockers

VIVA Lifestyle – Artificial sweetener atau pemanis buatan ada di berbagai macam produk, mulai dari sereal dan yoghurt hingga minuman diet, es krim, kopi instan, permen karet dan pasta gigi, bahkan obat resep seperti antidepresan dan antibiotik.

5 Jenis Minuman yang Menghambat Penurunan Berat Badan

Faktanya, kita mengonsumsi sepertiga dari seluruh pemanis buatan yang dijual di dunia, dan pada bulan November lalu dilaporkan bahwa 2,2 juta orang menggunakan pemanis buatan setidaknya empat kali sehari, menurut laporan Daily Mail Health, dilansir Kamis, 2 November 2023.

Pemanis buatan memiliki rasa antara 100 dan 13.000 kali lebih manis dibandingkan gula alami, menurut sebuah penelitian dari Universitas Sorbonne, Paris, yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2007.

Terkontaminasi Alga Berbahaya, Malaysia Minta Warganya Setop Konsumsi Kerang

Ilustrasi pemanis buatan.

Photo :
  • Pixabay

Namun masalahnya adalah otak kita membangun toleransi terhadap rasa manis yang sangat besar sehingga hal itu segera menjadi 'normal', dan menjadikan makanan alami tanpa pemanis seperti buah dan sayuran menjadi hambar dan tidak enak, kata para peneliti.

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Efek distorsi pola makan ini mungkin tidak perlu dikhawatirkan jika pemanis buatan memiliki efek netral pada tubuh kita. Namun, ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa hal tersebut terkait dengan masalah kesehatan.

Misalnya, penelitian yang dipublikasikan bulan lalu menunjukkan bahwa makanan dan minuman ultra-olahan, terutama yang mengandung pemanis buatan, mungkin terkait dengan risiko depresi yang lebih besar.

Hal ini didasarkan pada analisis Nurses' Health Study di AS yang melibatkan hampir 32.000 wanita, yang dilakukan oleh peneliti dari Harvard Medical School dan Massachusetts General Hospital (diterbitkan di JAMA Network Open).

Hal ini tidak membuktikan bahwa pemanis buatan adalah penyebabnya. Namun, para peneliti berpendapat bahwa hal tersebut 'mungkin memicu transmisi molekul sinyal tertentu di otak yang penting untuk suasana hati'.

Secara terpisah, penelitian selama 12 tahun terhadap lebih dari 100.000 orang dewasa di Prancis, yang dilaporkan dalam BMJ pada bulan September lalu, menemukan bahwa semakin banyak pemanis buatan yang dikonsumsi, semakin besar risiko penyakit kardiovaskular atau jantung.

Ada juga kekhawatiran mengenai pemanis yang meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2 karena mengganggu kemampuan tubuh untuk mengatur kadar gula darah secara sehat.

Sebuah studi di jurnal Cell tahun lalu menemukan bahwa sakarin dan sukralosa dapat secara signifikan meningkatkan kadar gula darah orang sehat. Para peneliti memperingatkan bahwa pemanis dapat mengganggu mikroba yang hidup di usus kita yang biasanya mengeluarkan zat ke dalam darah yang membantu kita mengatur hal ini.

Ironisnya banyak orang beralih dari gula ke pemanis buatan untuk menghindari diabetes tipe 2 dengan menurunkan berat badan.

Namun, peralihan tersebut dapat meningkatkan risiko obesitas. Sebuah studi tahun 2017 di Jurnal Asosiasi Medis Kanada terhadap lebih dari 400.000 orang menemukan bahwa selama periode sepuluh tahun mereka yang minum satu atau lebih minuman dengan pemanis buatan setiap hari memiliki risiko kenaikan berat badan, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung yang jauh lebih tinggi.

Ilustrasi minuman manis.

Photo :
  • Pixabay/Pexels

Salah satu alasan kenaikan berat badan ini mungkin adalah efek 'merasa ditipu'. Penelitian yang dilakukan oleh psikolog di Texas Christian University menemukan bahwa orang yang meminum minuman dengan pemanis buatan lebih cenderung mengemil makanan manis dibandingkan mereka yang meminum air atau minuman dengan pemanis buatan, lapor jurnal Appetite pada tahun 2014.

Sarannya adalah bahwa mengonsumsi bahan-bahan kimia yang ratusan kali lebih manis daripada gula akan menyiapkan metabolisme kita untuk bersiap menghadapi masuknya kalori dalam jumlah besar, dan ketika kalori tidak ada, tubuh meningkatkan nafsu makannya untuk mencari kalori yang hilang, sehingga orang-orang kemudian makan makanan yang menggemukkan secara berlebihan, menurut Susan Swithers, seorang profesor psikologi di Pusat Penelitian Perilaku Ingestif Universitas Purdue Indiana, menulis dalam jurnal Trends in Endocrinology and Metabolism pada tahun 2013.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya