Nyeri Perut hingga Kembung Usai Berhubungan Seks? Bisa Jadi Pertanda 6 Masalah Ini

Ilustrasi sakit perut.
Sumber :
  • Pexels/sora shimazaki

VIVA Lifestyle – Melakukan hubungan seksual tentu menjadi hal yang menyenangkan bagi setiap pasangan suami istri. Namun kesenangan tersebut bisa berubah menjadi pengalaman tidak menyenangkan terutama bagi wanita.

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Salah satunya terkait dengan perut mereka yang terasa sakit usai berhubungan seksual. Mungkin ini terdengar aneh, namun ternyata sebagian wanita merasakan hal tidak nyaman di perut mereka usai berhubungan seksual. Kenapa? Yuk, scroll untuk mengetahui jawabannya.

Lantas apa yang membuat perut wanita mendadak menjadi sakit usai berhubungan seksual? Berikut ini enam kemungkinan yang menyebabkan masalah tersebut, dilansir The Sun, Rabu 15 November 2023.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

1. Anda memiliki ketidakseimbangan bakteri
Menurut dokter kandungan Anna Cabec, perut sakit dan terasa kembung pasca berhubungan seks bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan atau pertumbuhan berlebihan bakteri alami di vagina Anda.

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Selain menyebabkan masalah perut, ketidakseimbangan bakteri sering kali menjadi penyebab infeksi jamur seperti kandidiasis dan vaginosis bakterial. Jenis iritasi ini sering kali dipicu oleh air mani yang masuk ke dalam vagina, serta pelumas yang mengandung bahan buatan.

Douching atau mencuci bagian dalam vagina juga dapat menyebabkan keseimbangan bakteri vagina Anda ke arah yang salah, menurut Dr Cabeca. Dokter kandungan itu merekomendasikan untuk memasukkan probiotik seperti makanan fermentasi seperti kimchi, asinan kubis, dan kombucha ke dalam makanan Anda untuk menjaga bakteri vagina tetap sehat dan seimbang.

“Anda juga sebaiknya hindari pelumas yang menggunakan bahan buatan, seperti gliserin, paraben, dan segala jenis rasa atau wewangian,” kata Dr Cabeca.

2. Hormon 
Seperti halnya banyak perubahan dalam tubuh kita, hormon bisa menjadi penyebab ketidaknyamanan Anda setelah bermain ‘kuda-kudaan’ di atas ranjang bersama pasangan. Jika Anda sedang atau akan menstruasi, hal ini mungkin menjelaskan mengapa perut Anda membengkak pasca-orgasme.

Pakar kesehatan wanita Jennifer Wider mengatakan bahwa sering kali, wanita mengalami sakit perut atau kembung sebelum dan/atau selama menstruasi. Jadi jika mereka melakukan hubungan intim pada waktu tersebut, kemungkinan besar hal ini berperan.

Ilustrasi wanita/bercinta.

Photo :
  • Freepik/ArthurHIdden

3. Rahim Anda miring
Rahim yang miring ke belakang disebut rahim terbalik. Seks dapat menyebabkannya bergerak dan bersentuhan dengan organ lain di sekitarnya sehingga menimbulkan rasa sakit dan kembung. Menurut Dr Wider, tanda-tanda rahim yang terbalik adalah nyeri saat berhubungan seks dan nyeri haid, namun seringkali tidak memiliki gejala.

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Anda memiliki rahim yang miring adalah dengan melakukan pemeriksaan panggul.

4. Masalah pencernaan
Jika Anda memiliki riwayat masalah pencernaan seperti sembelit, sindrom iritasi usus besar (IBS) atau mulas, ini menyebabkan Anda lebih rentan mengalami sakit perut atau kembung setelah berhubungan seks, demikian menurut Dr Wider.

Beberapa gejala IBS yang harus diwaspadai termasuk sakit perut atau kram, biasanya memburuk setelah makan. Perut penuh dan bengkak yang tidak nyaman, diare dan sembelit, menurut panduan National Health Service (NHS).

Dr Wider menyarankan untuk menghindari makanan yang akan membuat Anda mengeluarkan gas, seperti kacang-kacangan dan polong-polongan, untuk menghindari gejala-gejala tersebut muncul setelah berhubungan intim.

Dia merekomendasikan untuk mengonsumsi jahe jika Anda masih merasa kembung meskipun telah menghindari makanan tersebut, karena penelitian menunjukkan bahwa akar pedas dapat meredakan sakit perut dan bengkak.

Ilustrasi kondom.

Photo :
  • Pixabay

5. Anda melakukan hubungan seks tanpa kondom
Seks tanpa kondom bisa menjadi penyebab Anda mengalami kram dan kembung setelah berhubungan seks. Menurut Dr Wider, jika air mani masuk ke dalam vagina, sejenis lipid yang ditemukan dalam air mani yang disebut prostaglandin dapat menyebabkan kontraksi dan ketidaknyamanan pada rahim, termasuk kembung.

Anda dapat menghindarinya dengan menggunakan kondom saat berhubungan seks atau dengan meminta pasangan Anda melepasnya sebelum ejakulasi. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam menggunakan metode 'tarik keluar' sebagai alat kontrasepsi, karena sperma tetap dapat masuk ke dalam vagina Anda dan kebanyakan pria tidak segera menariknya.

6. Alergi lateks
Menurut Dr Cabeca, melakukan hubungan seks dengan kondom bisa menjadi penyebab kembung pasca berhubungan seks jika Anda memiliki alergi lateks, yang dapat menyebabkan peradangan. Gejala alergi akan bervariasi dari orang ke orang, dan beberapa orang mungkin langsung bereaksi terhadap lateks sementara yang lain mungkin menunjukkan tanda-tanda alergi di kemudian hari.

Reaksi ringan bisa berupa mata gatal, bersin atau pilek, atau ruam yang gatal, sementara orang lain mungkin mengalami reaksi alergi parah yang disebut anafilaksis. Anda dapat membeli kondom bebas lateks dan disarankan berkonsultasi dengan dokter jika Anda merasa memiliki alergi lateks.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya