3 Gerakan Yoga dan Latihan Pernapasan untuk Bersihkan Diri dari Polusi

Ilustrasi yoga.
Sumber :
  • Pixabay/AndiP

JAKARTA – Peralihan dari musim panas ke musim hujan di Indonesia selalu menyebabkan tingkat polusi udara yang lebih tinggi. Terutama bagi orang yang menderita asma dan kondisi pernapasan lainnya, akan menghadapi beban tersendiri karena banyak menghirup udara beracun. Bernapas dalam kondisi seperti itu dianggap berbahaya bagi tubuh. Penelitian bahkan mengatakan itu mungkin setara dengan merokok 20 batang rokok setiap hari.

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Salah satu cara untuk mencegah racun masuk ke dalam tubuh adalah dengan yoga dan latihan pernapasan dalam untuk meningkatkan kapasitas paru-paru. Ketika kualitas udara luar ruangan buruk, disarankan untuk melakukan latihan pernapasan agar mencegah polutan merusak sistem pernapasan.

Latihan pernapasan dapat bermanfaat untuk semua kelompok umur termasuk anak-anak, dewasa, dan orang lanjut usia. Mereka yang memiliki masalah pernapasan atau kondisi kesehatan seperti aritmia jantung, detak jantung lambat, tekanan darah tinggi, angina atau nyeri dada, dan penyakit jantung harus berhati-hati dan mencari bimbingan sebelum memulai latihan pernapasan apa pun.

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Ilustrasi olahraga yoga.

Photo :
  • Pexels

Melansir Health Shots, Pakar Yoga Nisha Dhawan mengatakan penting untuk diingat bahwa beberapa latihan pernapasan mungkin tidak cocok untuk semua orang, terutama mereka yang memiliki masalah medis tertentu.

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

Berikut tiga latihan pernapasan sederhana untuk melawan dampak polusi udara, seperti yang disarankan pakar yoga Nisha Dhawan.

1. Anulom Vilom pranayam

Nadi shodhan pranayama adalah teknik pernapasan yang membantu membersihkan saluran yang tersumbat. Teknik ini juga dikenal dengan nama Anulom Vilom pranayam. Latihan teratur setidaknya 10 menit setiap hari akan membantu membersihkan penyumbatan dan dirancang untuk memurnikan nadi atau saluran energi.

2. Kapalbhati

Kapalbhati adalah pilihan utama setiap praktisi yoga. Ini membantu mendetoksifikasi seluruh sistem. Bagi penderita sesak napas, teknik pernapasan ini dapat membantu membersihkan racun dari paru-paru dan otak. Kapalbhati meningkatkan aliran oksigen dan meningkatkan pencernaan selain membersihkan sistem pernapasan.

Ilustrasi yoga.

Photo :
  • pixabay

3. Bhastrika

Latihan pernapasan ini sering disebut nafas api yang berfungsi untuk membantu detoksifikasi dan menghilangkan polutan dari tubuh. Teknik ini membantu menjaga perut bersih dari racun dan meningkatkan kekebalan tubuh kita.

Cara terbaik untuk berlatih Bhastrika adalah dengan duduk dalam vajrasana atau sukhasana, posisi klasik yoga bersila. Kemudian kepalkan tangan, lipat tangan, dan letakkan di dekat bahu. Tarik napas sambil mengangkat tangan lurus dan membuka kepalan tangan. Sekarang buang napas dengan kuat sambil mengembalikan lengan ke bahu dan menutup lengan pertama. Lanjutkan ini setidaknya selama 20 repetisi. Untuk mengakhiri sesi, bersantai.

Para ahli yoga menyarankan melakukan tiga latihan pernapasan ini secara rutin di pagi atau siang hari dapat membantu mengurangi tingkat stres dan membersihkan racun dari dalam tubuh.

Siapa pun memang boleh melakukan teknik yoga tersebut, tetapi untuk anak-anak di bawah usia 5 tahun tidak boleh melakukan teknik pernapasan rumit seperti Kapalbhati atau menahan napas saat melakukan Pranayama dalam waktu lama, tidak seperti orang dewasa. Semua latihan pernapasan harus dilakukan di bawah bimbingan seorang profesional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya