20 Pertanyaan Umum Tentang Kulit Sensitif, Bagaimana Cara Atasinya?

Ilustrasi Merawat Kulit
Sumber :
  • ist

VIVA Lifestyle – Perlu diketahui, kulit sensitif merupakan kulit yang bereaksi berlebihan terhadap faktor dari lingkungan. Reaksi kulit ini, termasuk alergi pada kulit, kerap dialami saat memakai kosmetik, sabun, sampo, hingga produk perawatan kulit seperti lotion dan sunscreen.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Ciri-ciri kulit sensitif tidak selalu mengindikasikan masalah kulit yang serius. Bahkan, Anda juga bisa meredakan gejalanya dengan perawatan di rumah. Berikut ini terdapat sederet pertanyaan yang kerap muncul terkait kulit sensitif beserta jawabannya. Menarik bukan? Scroll terus untuk baca artikel selengkapnya, dilansir dari laman Webmd.com.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

1. Apa itu kulit sensitif?

Banyak orang yang mengaku memiliki kulit sensitif karena produk perawatan kulit , atau produk rumah tangga yang bersentuhan dengan kulit menyebabkan rasa perih, perih, gatal, kemerahan, atau sesak. Atau mereka bilang mengidapnya karena meski tidak ada efek yang terlihat setelah kontak dengan suatu produk, namun selalu membuat kulit mereka terasa tidak nyaman. Namun inilah yang dicari dokter kulit saat mendiagnosis kulit sensitif:

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya
  • Reaksi kulit seperti pustula, benjolan kulit, atau erosi kulit
  • Kulit sangat kering sehingga tidak melindungi ujung saraf di kulit dengan baik
  • Kecenderungan memerah dan kulit memerah

2. Bagaimana saya mengetahui jika saya memiliki kulit sensitif?

Mintalah dokter kulit untuk memeriksa kulit Anda. Itulah cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda memiliki kulit sensitif atau ada hal lain yang menyebabkan kondisi kulit Anda.

Merawat kulit sensitif.

Photo :

3. Apa penyebab reaksi kulit sensitif?
Penyebab reaksi kulit sensitif antara lain:

  • Kelainan kulit atau reaksi alergi pada kulit seperti eksim , rosacea , atau dermatitis kontak alergi
  • Kulit yang terlalu kering atau terluka sehingga tidak dapat lagi melindungi ujung saraf, menyebabkan reaksi pada kulit
  • Paparan berlebihan terhadap faktor lingkungan yang merusak kulit seperti sinar matahari dan angin atau panas atau dingin yang berlebihan
  • Faktor genetik, usia, jenis kelamin, dan perbedaan ras dalam sensitivitas kulit belum diketahui dengan jelas, namun mungkin masih berperan dalam menyebabkan reaksi kulit.

4. Apakah ada tes kesehatan untuk kulit sensitif?

Uji tempel dapat mengidentifikasi tanda-tanda alergi yang menyebabkan atau berkontribusi terhadap kulit sensitif. Jika tidak, sulit bagi dokter untuk melakukan tes kulit sensitif karena banyak faktor yang dapat menyebabkannya.

5. Haruskah pria mengkhawatirkan kulit sensitif?

Ya. Tampilan kulit yang sehat sama pentingnya bagi pria dan wanita.

6. Apa saja tips merawat kulit sensitif saya, terutama pada wajah?

  • Pembersihan. Dari satu orang ke orang lainnya, kulit sensitif merespons secara berbeda terhadap metode pembersihan yang berbeda. Namun sebagian besar dokter kulit setuju bahwa sabun “deodoran” atau sabun dengan wangi yang tinggi mengandung deterjen yang kuat dan tidak boleh digunakan pada wajah. Pembersih bebas sabun seperti sabun batangan pembersih ringan dan batangan kulit sensitif serta sebagian besar pembersih wajah cair memiliki potensi iritasi kulit wajah yang lebih kecil dibandingkan sabun. Hal serupa juga berlaku pada krim pembersih dan waslap wajah sekali pakai.
  • Melembabkan. Produk pelembab membantu kulit mempertahankan kelembapan sehingga tahan terhadap kekeringan dan abrasi. Lihat panduan memilih produk perawatan kulit di bawah ini.
  • Kosmetik . Lihat pedoman di bawah.

Perawatan kulit

Photo :
  • Istimewa

7. Apa yang harus saya cari dalam produk perawatan kulit agar tidak terlalu mengiritasi kulit sensitif?

Pedoman khusus masih kurang. Namun produk yang lebih “ramah kulit” mengandung:

  • Hanya beberapa bahan saja
  • Sedikit atau tidak ada wewangian

Jika Anda memiliki kulit sensitif, hindari produk yang mengandung:

  • Bahan antibakteri atau deodoran
  • Alkohol
  • Retinoid atau asam alfa-hidroksi

8. Jenis kosmetik apa yang tidak terlalu mengiritasi kulit sensitif?

Jika Anda memiliki kulit sensitif, American Academy of Dermatology merekomendasikan hal berikut:

  • Gunakan bedak wajah yang memiliki sedikit bahan pengawet dan risiko iritasi kulit minimal.
  • Gunakan alas bedak berbahan silikon untuk meminimalkan iritasi kulit.
  • Jangan gunakan kosmetik tahan air; Anda memerlukan pembersih khusus untuk menghilangkannya.
  • Gunakan eyeliner hitam dan maskara; mereka tampaknya paling tidak menimbulkan alergi.
  • Gunakan eyeliner pensil dan pengisi alis; eyeliner cair mungkin mengandung lateks dan dapat menyebabkan reaksi alergi .
  • Buang kosmetik lama; mereka dapat rusak atau terkontaminasi.

 9. Dengan produk perawatan kulit yang asing, bagaimana cara menguji reaksi kulit sensitif?

Sebelum mengoleskan produk baru ke kulit Anda, lakukan hal berikut:

  • Selama beberapa hari, oleskan sedikit di belakang telinga dan biarkan semalaman.
  • Jika kulit Anda tidak teriritasi, ikuti prosedur yang sama, kali ini aplikasikan produk pada area di samping mata .
  • Jika Anda masih tidak melihat iritasi, produk tersebut seharusnya aman untuk Anda aplikasikan pada area mana pun di wajah Anda.

 10. Apa saja tips untuk melindungi kulit sensitif saya di musim dingin dan musim panas?

Pertama, kenakan tabir surya sepanjang tahun. Gunakan yang berspektrum luas dengan faktor perlindungan matahari (SPF) minimal 30, dan gunakan setiap hari saat Anda berada di bawah sinar matahari lebih dari 20 menit.

Ingat, sinar UVB matahari yang merusak kulit paling kuat antara jam 10 pagi dan 4 sore. Hindari berjemur pada jam-jam tersebut bila memungkinkan, kapan saja sepanjang tahun.

Di musim dingin, untuk membantu mencegah kulit kering, mengelupas, gatal , dan pecah-pecah, lakukan hal berikut:

  • Jangan membuat rumah Anda terlalu panas.
  • Mandi air hangat, bukan air panas -- dan lebih sedikit -- dan gunakan pembersih bebas sabun.
  • Meminimalkan kekeringan kulit setelah mandi: Tepuk-tepuk kulit hingga kering dan oleskan pelembab saat kulit masih lembab.
  • Gunakan pelembab yang mengandung petrolatum, minyak mineral , asam linoleat, ceramide, dimethicone , atau gliserin .
  • Di musim panas, perlu diingat bahwa penyamakan kulit merusak kulit Anda. Jangan berbaring di bawah sinar matahari, meskipun Anda telah menggunakan tabir surya . Lihat panduan memilih tabir surya di bawah ini.

Jika Anda pergi keluar, kenakan topi bertepi lebar dan kacamata hitam serta pakaian tenun ketat yang menutupi lengan dan kaki Anda. Oleskan tabir surya Anda 15 hingga 30 menit sebelum keluar, dan gunakan kembali setiap 80 menit, setelah berenang , atau jika Anda banyak berkeringat.

11. Apa yang harus saya cari dari tabir surya untuk melindungi kulit sensitif saya?

Tabir surya Anda harus memiliki peringkat SPF 30 atau lebih tinggi. Bahan aktifnya sebaiknya hanya seng oksida atau titanium dioksida . Ini karena Anda tidak mungkin mengalami reaksi alergi terhadap tabir surya fisik ini. Bahan ini membelokkan sinar UV matahari alih-alih menyerapnya seperti yang dilakukan tabir surya kimia.

12. Kapan dan bagaimana dokter mendiagnosis dan merawat kulit sensitif?

Kebanyakan orang dengan kulit sensitif tidak mencari bantuan medis untuk iritasi ringan akibat produk perawatan kulit . Sebaliknya, mereka mencoba berbagai produk hingga menemukan produk yang tidak mengiritasi kulit mereka. Mereka biasanya hanya menemui dokter kulit jika kondisi kulitnya memburuk.

Saat berkonsultasi, dokter kulit akan memeriksa terlebih dahulu kondisi kulit seperti eksim, rosacea, atau kontak dengan bahan iritan kulit. Mereka mungkin memberi Anda tes tempel kulit untuk memeriksa alergi . Dokter kulit juga akan menanyakan rencana perawatan kulit Anda, mengidentifikasi potensi iritasi, dan merekomendasikan perawatan kulit yang lebih lembut dan produk rumah tangga yang cenderung tidak mengiritasi kulit sensitif.

 13. Bahan pakaian manakah yang tidak terlalu mengiritasi kulit sensitif?

Bahan halus, lembut, dan alami, seperti katun halus dan sutra, paling cocok dikenakan di dekat kulit. Katun terasa sejuk di tempat sutra hangat; keduanya bersifat penyerap, membantu menghilangkan kelembapan tubuh dari kulit. Rayon dan linen juga nyaman untuk kulit sensitif namun lebih berat dibandingkan katun atau sutra. Pakaian harus longgar dengan sedikit lipatan dan lipatan.

14. Penyakit dan kondisi apa yang mungkin berhubungan dengan kulit sensitif?

Jika Anda memiliki kelainan kulit seperti jerawat, psoriasis , dermatitis kontak , rosacea, atau eksim, kemungkinan besar Anda memiliki kulit sensitif.

15. Apakah produk perawatan kulit berlabel “hipoalergenik” lebih aman untuk kulit sensitif?
 

Produk perawatan kulit hipoalergenik belum tentu lebih aman untuk kulit sensitif. Tidak ada standar federal yang mengatur penggunaan istilah “hipoalergenik” oleh produsen. Jadi itu bisa berarti apa pun yang diinginkan perusahaan tertentu.

16. Bagaimana cara mengetahui apakah produk perawatan kulit atau produk rumah tangga tertentu dapat mengiritasi kulit sensitif saya?
 

Kelompok Layanan Informasi Khusus Institut Kesehatan Nasional (NIH) dan Perpustakaan Kedokteran Nasional (NLM) memelihara Database Produk Rumah Tangga secara online. Anda dapat mencari produk berdasarkan nama merek untuk mengetahui kandungannya dan apakah kandungannya dapat mengiritasi kulit Anda.

18. Bisakah pola makan sehat membantu kulit sensitif?

Makan sehat baik untuk seluruh tubuh Anda, termasuk kulit Anda.

19. Bisakah seorang anak dengan penyakit atau kondisi yang berhubungan dengan kulit sensitif dapat mengatasi penyakit tersebut?

Seorang anak dengan kulit sensitif akibat eksim memiliki peluang yang sangat besar untuk mengatasi penyakit tersebut sebelum usia 5 tahun dan peluang 40% hingga 50% untuk mengatasi penyakit tersebut pada saat mereka remaja. Sekitar 80% orang berusia 11 hingga 30 tahun mengalami wabah jerawat . Bagi sebagian besar dari mereka, jerawat biasanya hilang pada usia 30-an. Psoriasis dianggap sebagai penyakit kronis seumur hidup.

20. Apakah kulit sensitif bisa diturunkan?

Ya. Sejumlah penyakit dan kondisi kulit yang terkait dengan kulit sensitif diketahui atau diyakini diturunkan dalam keluarga. Mereka termasuk jerawat, eksim, psoriasis , dan rosacea. Iritasi kulit akibat reaksi terhadap produk perawatan kulit, kosmetik, atau rumah tangga tidak diturunkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya