5 Daun Ini Kalau Direbus Ternyata Bisa Turunkan Kolesterol

Daun salam
Sumber :
  • healthline

Jakarta – Rebusan daun tertentu bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Berikut beberapa rebusan untuk kolesterol tinggi yang bisa dicoba. Kolesterol adanya senyawa lemak yang diproduksi oleh liver.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Kolesterol penting untuk pembentukan membran sel, vitamin D, dan hormon tertentu. Namun dalam jumlah tinggi, kolesterol bisa berdampak buruk. Kolesterol yang menumpuk di arteri dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti serangan jantung dan stroke.

Ilustrasi kolesterol.

Photo :
  • antiksehatgue.blogspot.co.id/
5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Ada banyak cara menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Salah satunya adalah dengan meminum air rebusan daun tertentu. Berikut beberapa rebusan daun untuk kolesterol tinggi, yang VIVA rangkum berbagai sumber:

1. Daun Kelor

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika menemukan air rebusan daun kelor dapat menurunkan kadar kolesterol pada kelompok lanjut usia (lansia).

Dalam studi tersebut, sebanyak 63 lansia diberikan air rebusan daun kelor selama kurang lebih tujuh hari.

"Sesudah diberikan air rebusan selama tujuh hari, seluruh responden memiliki [kadar] kolesterol yang menurun," tulis para peneliti.

2. Daun Kari

Daun kari

Photo :
  • times of india

Banyak penelitian menunjukkan manfaat daun kari dalam mengatasi kadar kolesterol tinggi. Mengutip Times of India, kandungan antioksidan dalam daun kari mampu mencegah oksidasi kolesterol.

Selain itu, daun kari juga kaya kalsium, fosfor, zat besi, dan berbagai vitamin yang dapat membantu menyehatkan jantung.

3. Daun Artichoke

Ilustrasi daun Neem / mimba

Photo :
  • Pixabay

Meminum rebusan daun artichoke juga bisa jadi salah satu cara alami menurunkan kolesterol. Sejumlah penelitian memperlihatkan manfaat artichoke dalam memengaruhi kadar kolesterol.

Mengutip Medical News Today, sebuah meta-analisis pada tahun 2018 menemukan, ekstrak daun artichoke dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida.

4. Daun Salam

Ilustrasi daun salam.

Photo :
  • Wikipedia

Ada banyak manfaat daun salam, salah satunya mengatasi kadar kolesterol tinggi. Mengutip Style Craze, beberapa penelitian menemukan bahwa daun salam dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik pada orang dengan diabetes.

5. Daun Serai

serai

Photo :
  • vstory

Dilaporkan Healthline, sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research menemukan, ekstrak serai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada hewan. Namun, penurunan tergantung pada dosis yang diberikan.

Demikian beberapa rebusan daun untuk kolesterol tinggi yang bisa dicoba. Untuk hasil dan keamanan terbaik, lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencobanya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya