Kini Saatnya Lansia Mendapatkan Vaksin RSV: Ini Sangat Serius dan Bisa Sebabkan Kematian

Ilustrasi Lansia
Sumber :
  • Pixabay/ TusitaStudio

VIVA Lifestyle – Kemajuan terkini di bidang imunologi telah memberikan penyedia layanan kesehatan dan pasien mereka alat baru untuk memerangi penyakit pernafasan yang berpotensi mematikan dan sebagian besar menyerang orang lanjut usia. Dan bukan, ini bukan COVID-19.

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Pejabat kesehatan masyarakat memperkirakan, bahwa hampir setiap orang Amerika akan tertular setidaknya satu jenis virus pernapasan syncytial (RSV) ringan selama hidup mereka. Penyakit ini dapat mengancam nyawa bayi dan balita, dan juga dapat berbahaya bagi orang lanjut usia.

5 Mitos Tentang Masturbasi, Benarkah Bisa Hilangkan Keperawanan?

Setiap tahun, 60.000 hingga 160.000 orang dewasa berusia di atas 65 tahun dirawat di rumah sakit karena RSV, menyebabkan hingga 10.000 kematian. Pada bulan Mei, FDA menyetujui vaksin RSV pertama untuk orang dewasa yang berusia di atas 60 tahun. 

Kemudian, pada bulan Juli, FDA menyetujui vaksin untuk bayi dan untuk ibu hamil pada minggu ke 32 hingga 36 kehamilan. Di antara anak-anak di bawah usia 5 tahun, antara 58.000 dan 80.000 rawat inap terjadi setiap tahunny

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Para profesional medis sangat menganjurkan orang dewasa berusia di atas 60 tahun yang memiliki kondisi kesehatan yang buruk untuk mendapatkan vaksin RSV karena kita akan memasuki apa yang biasa disebut musim pilek dan flu, tetapi sekarang mencakup COVID dan RSV.

Vaksinasi booster untuk lansia (Foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

“Saya rasa hal ini tidak perlu dipikirkan lagi bagi seseorang yang memiliki status imunitas lemah atau memiliki kondisi medis kronis,” kata Tom Yadegar, MD, ahli paru dan direktur medis unit perawatan intensif di Providence Cedars-Sinai Tarzana Medical. Pusat di Los Angeles. Pasien dengan penyakit jantung dan paru-paru, penyakit hati atau ginjal, diabetes, asma, dan COPD adalah kandidat utama untuk mendapatkan vaksin. “Infeksi virus RSV bisa sangat serius, menyebabkan rawat inap dan juga kematian.”

Yadegar mengatakan bahwa separuh dari pertemuan di kantornya melibatkan pembahasan vaksin untuk RSV, COVID-19, dan flu.

Kesadaran dan pemahaman tentang RSV telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Selama pandemi COVID, penyedia layanan kesehatan mulai melakukan lebih banyak tes pernapasan, kata Yadegar. Kemajuan dalam bidang kedokteran memungkinkan para ahli untuk menentukan dengan lebih baik apa itu flu biasa dan apa itu RSV.

Sama seperti flu biasa, RSV umumnya menyebabkan gejala ringan yang hilang dalam satu atau dua minggu. Namun, seperti halnya flu, bagi mereka yang berusia lanjut dan kurang sehat, RSV dapat menimbulkan risiko yang signifikan.

Vaksin ini tidak menimbulkan risiko serius, dan reaksinya mencakup kemerahan dan nyeri yang umum terjadi di tempat Anda disuntik. Siapa pun yang memiliki reaksi alergi terhadap suatu vaksin harus berkonsultasi dengan dokternya.

Vaksin RSV dewasa memiliki tingkat efektivitas antara 83% dan 89%, bergantung pada pembuatnya.

“Saya sangat mendorong mereka untuk memanfaatkan vaksin ini,” kata Paul Auwaerter, MD, direktur klinis penyakit menular di Johns Hopkins School of Medicine, kepada pasien berusia 60 tahun ke atas yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. 

Dia mengklasifikasikan RSV sebagai “salah satu dari tiga besar” penyakit pernapasan, setelah COVID dan flu.

“Ini masih merupakan penyakit yang berpotensi dapat dicegah dan dipengaruhi oleh imunisasi, jadi saya sangat merekomendasikannya,” kata Auwaerter dikutip VIVA.co.id dari laman Webmd.com 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya