Ammar Zoni Ditangkap Lagi, 4 Cara Ini Bisa Jadi Solusi Mengatasi Kecanduan Narkoba

Ammar Zoni.
Sumber :
  • Instagram

VIVA Lifestyle – Ammar Zoni kembali  membuat heboh warganet di media sosial. Usai kabar dirinya kembali terjerat lagi ke dalam dunia gelap barang terlarang, yakni narkoba. Bukan kali pertamanya, ini merupakan penangkapan kali ketiganya bagi aktor tampan tersebut terkait kasus narkoba.  

Pengakuan Mengejutkan Pelaku Tega Cekoki Narkoba Remaja Jaksel Hingga Tewas

Hal ini tentu saja tak lepas dari rasa candu Ammar terhadap narkoba yang membuatnya jadi terasa lebih tenang. Seperti diketahui, kecanduan sering kali lahir dari kebutuhan untuk melepaskan diri dari pemicu stres atau keadaan tertentu.

Hal ini juga dapat disebabkan oleh kebutuhan untuk merasakan perasaan senang atau terburu-buru yang sulit ditemukan dalam hal lain. Seringkali, kecanduan hanyalah gejala dari sejumlah masalah mendasar lainnya seperti depresi, PTSD, kecemasan, dan sebagainya.

Remaja yang Tewas di Hotel Jaksel Ternyata Sempat Kejang usai Dicekoki Narkoba

Kecanduan adalah penyakit kronis, artinya ini adalah suatu kondisi yang harus Anda pelajari untuk mengatasinya dalam jangka waktu yang cukup lama. Tidak ada solusi tunggal dalam hal ketenangan hati karena ada banyak lapisan penyembuhan yang perlu ditangani agar benar-beanr bisa berhasil.  

Remaja di Jaksel Sempat Open BO Sebelum Tewas Dicekoki Narkoba di Hotel

Untungnya, ada banyak strategi yang dapat Anda kombinasikan dengan nyaman untuk membantu mengatasi hal tersebut. Berikut ini beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa candu Anda pada barang terlarang tersebut, dilansir dari thedoctorweighsin, Rabu, 13 Desember 2023, berikut ulasannya untuk Anda.

Temukan Kenyamanan

Ini mungkin terdengar konyol tetapi sangat penting bagi Anda untuk mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang tidak hanya mendukung tetapi juga berusaha memperbaiki diri.

Sebagai manusia, sangatlah wajar dan bahkan penting bagi kesejahteraan kita untuk merasa bahwa kita tidak sendirian. Bagi seseorang yang sedang berjuang melawan kecanduan, ini adalah langkah penting. Ada banyak ruang aman untuk pemulihan pecandu di mana Anda tidak akan dihakimi melainkan dirayakan karena telah melakukan upaya untuk mencapai ketenangan hati dan menjalani kehidupan yang lebih memuaskan.

Alcoholics Anonymous dan Narcotics Anonymous hanyalah dua dari opsi gratis dan dapat diakses yang tersedia. Anda juga dapat menemukan orang-orang yang mungkin bermanfaat bagi Anda dengan terlibat dalam beberapa metode lain untuk mengalahkan kecanduan yang akan Anda temukan di bawah.

Lakukan Olahraga atau Setidaknya Banyak Gerak

Kebanyakan pecandu bukanlah orang yang sangat aktif; banyak yang merasa lelah dan lesu sepanjang waktu. Kurangnya aktivitas, keinginan untuk bersantai sepanjang waktu, atau tidak ingin menjadi produktif dapat semakin memperparah ketergantungan pada kecanduan.

Olahraga teratur dalam bentuk apa pun telah terbukti meningkatkan kepercayaan diri dan keteguhan hati dalam memulihkan pecandu. Ini adalah cara yang sehat untuk tetap sibuk, menjadi lebih kuat, membangun fokus, menghilangkan stres, mendapatkan tidur yang lebih baik, dan membantu Anda merasa lebih baik tentang diri sendiri. 

Ketika Anda berhenti menggunakan narkoba atau mengonsumsi alkohol, tubuh memiliki dorongan yang kuat dan mendambakan perasaan senang yang biasa dialaminya. endorfin dan mungkin, yang lebih penting, endocannabinoid merangsang tubuh untuk melepaskan bahan kimia tertentu, seperti olahraga intens

Anda tidak perlu pergi ke gym untuk berolahraga atau berolahraga dengan cara yang lebih tradisional (misalnya dengan kardio, angkat beban, dan sejenisnya). Itu semua tergantung pada tingkat kenyamanan Anda dan apa yang cocok untuk Anda. Yoga adalah pilihan yang sangat baik untuk memulihkan pecandu karena tidak hanya membantu memperkuat, meningkatkan fleksibilitas, dan menciptakan rasa kesadaran yang lebih besar antara Anda dan tubuh Anda, namun juga membantu mengubah cara pikiran, tubuh, dan jiwa Anda merespons situasi yang berbeda. . Ini dapat membantu mencapai tingkat kedamaian dengan diri sendiri dan juga dengan orang lain.

Ilustrasi yoga.

Photo :
  • pixabay

Jernihkan Pikiran Anda

Mengalahkan kecanduan lebih dari sekadar menghentikan penggunaan narkoba dan alkohol. Ini tentang mengobati dan mencoba menyembuhkan berbagai faktor yang menyebabkan ketergantungan pada barang haram tersebut.. Kecemasan, stres, kemarahan, dan kesedihan merupakan perasaan negatif yang dapat mendorong seorang pecandu untuk tetap terjebak dalam siklus yang sama.

Untuk keluar dari siklus ini, Anda harus menemukan cara efektif untuk mengelola suka dan duka dalam hidup. Tidak ada cara untuk sepenuhnya menghindari perasaan dan emosi yang intens. Namun, ada cara untuk menyikapinya dengan cara yang lebih sehat.

Meditasi adalah metode yang telah membantu banyak orang, seperti pecandu, untuk mengatur ruang kepala mereka. Menyisihkan waktu tenang untuk diri sendiri dengan musik santai atau bahkan panduan untuk memberi Anda sedikit arahan selama meditasi memberi Anda kesempatan untuk introspeksi dan dengan sabar mengatasi perasaan dan emosi. Hal ini, pada gilirannya, akan membantu Anda mempelajari cara bereaksi lebih baik terhadap pemicu dan rangsangan negatif yang terjadi. Anda bisa belajar mengendalikan emosi alih-alih membiarkannya mengendalikan Anda.

Ide meditasi mungkin menakutkan, namun ada beberapa cara untuk melakukannya tanpa duduk dengan mata tertutup selama setengah jam sambil memegang tangan dengan gerakan yang tidak biasa. Tujuan saat bermeditasi hanyalah untuk memfokuskan pikiran Anda dan mencapai rasa damai. Hal ini juga dapat dilakukan melalui aktivitas.

Misalnya:

  1. Terapi Berkebun/Hewan Peliharaan: Berkebun atau memelihara hewan peliharaan memberi Anda kesempatan untuk merawat hal lain selain diri Anda sendiri. Seringkali, orang lebih cenderung untuk menjaga diri mereka sendiri dengan lebih baik ketika mereka tahu bahwa mereka bertanggung jawab atas makhluk hidup lain yang bergantung pada mereka. Tindakan berkebun yang lambat, termenung, dan lembut membantu mewujudkan kualitas tersebut dalam cara Anda memperlakukan diri sendiri. Penelitian menunjukkan bahwa merawat hewan atau tumbuhan juga membantu mengurangi rasa sakit dan hormon stres secara alami, menurunkan kecemasan, dan bahkan membantu Anda mendapatkan istirahat malam yang lebih baik.
  2. Terapi Seni/Musik: Belajar atau sekadar menciptakan karya seni dan musik adalah cara yang bagus untuk mengekspresikan diri tanpa merugikan diri sendiri atau orang lain. Mampu melampiaskan perasaan yang tidak nyaman untuk Anda ungkapkan dengan lantang dan diakhiri dengan sesuatu yang indah membantu menghargai seluruh bagian kehidupan tanpa merasa terbebani oleh hal-hal negatif. Terapi seni dan musik juga dikenal dapat meningkatkan kepercayaan diri dan menurunkan tingkat kecemasan.

Ilustrasi suplemen/vitamin.

Photo :
  • Pexels

Vitamin dan Suplemen

Kecanduan berdampak buruk pada kesehatan Anda, memengaruhi segala hal mulai dari hati, kebutuhan nutrisi, dan tidur Anda. Baik efek racun obat-obatan dan alkohol, serta kurangnya nutrisi dan istirahat yang tepat, menyebabkan penurunan fungsi organ yang berarti tubuh Anda tidak mampu menyerap vitamin dan nutrisi sebagaimana mestinya. Hal ini juga mengakibatkan mudah tersinggung, perubahan suasana hati, dan peningkatan sensitivitas yang pada gilirannya menambah keinginan untuk menggunakan.

Beberapa spesialis kecanduan menyarankan untuk mengonsumsi vitamin dan suplemen tertentu selama fase awal pemulihan. Kekuatan bukti ilmiah untuk mendukung rekomendasi ini bervariasi seperti yang akan Anda lihat ketika Anda mengklik tautan di bawah ini:

Omega 3

Di mana Omega ini dapat meredakan peradangan, dan meningkatkan komunikasi saraf.menstabilkan suasana hati, depresi, dan membantu mengatasi kecemasan, percaya bahwa kecanduan, bersama dengan gangguan psikologis lainnya, dapat disebabkan oleh reaksi tubuh terhadap beberapa kekurangan nutrisi. Omega 3 adalah bagian penting dari diet seimbang. Asam lemak esensial Omega 3 juga

Vitamin B Kompleks

Sindrom Penarikan Pasca Akutsesuatu yang dialami banyak orang segera setelah detoksifikasi awal. Gejalanya antara lain depresi, susah tidur, ngidam, gangguan ingatan, perilaku obsesif-kompulsif, dan pikiran pesimistis. Ini juga bisa membantu sistem pencernaan sehingga tubuh Anda dapat mulai memproses nutrisi yang Anda konsumsi dengan lebih efektif. Vitamin B12 (B6) membantu memproduksi bahan kimia di otak yang membantu mendapatkan tidur yang lebih baik dan menurunkan kecemasan. Piridoksin (B1) ditemukan di banyak fungsi otak dan akan membantu memori, proses berpikir, dan gejala terkait otak lainnya.

Mineral

Mineral tentu sangat membantu mendorong stabilitas suasana hati dan meningkatkan fungsi saraf, otot, dan kesehatan tulang.Kalsium dan magnesium

Kalium

Kalium dan selenium membantu meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah. Seng membantu meningkatkan fungsi hati, sistem kekebalan tubuh, dan otak. Zat besi membantu mengurangi sakit kepala, depresi, dan kelelahan. Ini adalah beberapa kekurangan mineral yang umum ditemukan pada pecandu yang sedang dalam masa pemulihan.

Asam amino
Asam amino adalah kunci untuk semua proses metabolisme; mereka pada dasarnya mengangkut dan menyimpan semua nutrisi. Mengonsumsi suplemen asam amino dapat membantu mengurangi nafsu makan dan memulihkan kimia otak. Ada asam amino tertentu yang berhasil membantu pemulihan berbagai kecanduan. Misalnya, L-glutamin untuk alkohol; L-fenilalanin atau L-tirosin untuk kafein, kokain, metamfetamin, crack, tembakau dan alkohol; dan D-fenilalanin untuk ganja, heroin, tembakau, alkohol, dan berbagai jenis lainnya.

Penyembuhan holistik

Ada juga beberapa pilihan alami dan tidak konvensional yang dapat membantu mengatasi penyakit fisiologis dan psikologis yang ditemukan pada pecandu yang sedang dalam masa pemulihan. Aromaterapi, teh, dan minyak pijat adalah pilihan yang tepat. Ada juga ramuan khusus jika digunakan sendiri atau dikombinasikan satu sama lain, yang dapat membantu mencapai pemulihan yang sukses dan tahan lama.

Ia adalah tanaman Tiongkok yang ekstraknya terbukti mampu melawan nafsu makan pada pecandu alkohol. Bahan ini dapat ditemukan dalam bentuk bubuk dan pil di sebagian besar toko makanan kesehatan.

Ginseng, Ashwagandha, dan Rhodiola adalah tumbuhan yang dikatakan membantu mendukung fungsi adrenal. Selama penarikan, pecandu mengalami stres yang meningkat yang menyebabkan kelelahan adrenal karena memproduksi begitu banyak hormon stres dalam tubuh, kortisol. Melengkapi ramuan ini dapat mengurangi gejala penarikan diri dan meningkatkan ketenangan jangka panjang.

Valerian, Passionflower, Lemon Balm, dan Skullcap digunakan untuk membantu menenangkan kecemasan, menenangkan sistem saraf, mengurangi stres, mendorong relaksasi, dan membantu mendapatkan tidur yang lebih baik. Mereka menargetkan sejumlah penyakit yang diderita oleh pecandu yang sedang dalam masa pemulihan saat berada dalam tahap penarikan diri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya