4 Bahan Herbal Terbaik Lancarkan Aliran Darah, Cegah Stroke dan Penyakit Jantung

Ilustrasi herbal.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq (Solo)

VIVA Lifestyle – Orang dengan riwayat penyakit jantung atau yang berisiko memiliki penyakit itu harus berwaspada terhadap makanan atau gaya hidup apapun yang dapat menghambat aliran darah. Oleh sebab itu, mereka kemungkinan besar mengonsumsi obat pengencer darah secara rutin agar aliran darahnya tetap lancar.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Obat ini bermanfaat untuk mencegah penggumpalan darah yang akan mengakibatkan serangan jantung, stroke, hingga gagal jantung. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Namun, tidak hanya obat-obatan yang bisa memperlancar aliran darah, ada juga minuman dari bahan-bahan herbal yang bisa membersihkan pembuluh darah sehingga alirannya ke jantung tetap lancar.

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Seperti yang disampaikan oleh dr. Muthoharrah, M.Si, seorang praktisi herbal dalam tayangan Hidup Sehat tvOne Jumat 29 Desember 2023, berikut ini adalah 4 tanaman herbal yang dipercaya bisa memperlancar aliran darah.

1. Ketumbar

Harga Bawang Putih Rp 60 Ribu di Sulteng, Jokowi: Ini yang Agak Mahal, tapi Secara Umum Baik

Ilustrasi Ketumbar

Photo :
  • Pixabay/ PDPics

dr. Muthoharrah mengatakan bahwa orang dengan risiko penyakit jantung harus memenuhi kecukupan nutrisi setiap hari yang mana dapat memberikan oksigen di aliran darah.

Ramuan ketumbar ini sangat mudah dibuatnya karena hanya membutuhkan air dan ketumbar berkualitas baik yang ada di dapur.

"Ketumbarnya pilih dengan kualitas yang bagus, warnanya ngga terlalu putih. Ketumbar ini lengkap kandungan zat aktif seperti antioksidan yang melancarkan pembuluh darah. Ada juga kandungan vitamin A, C, dan E yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah," ujarnya.

Cara membuatnya adalah merebus 700 ml air, lalu masukkan ketumbar sebanyak 2 sendok makan. Rebus selama 10-15 menit hingga warna air berubah kecoklatan.

Setelah itu, angkat dan saring air rebusan ketumbar ke dalam gelas, lalu siap diminum.

"Bagi yang suka manis, bisa ditambahkan madu. Minuman ini bisa diminum jangka panjang sebanyak 3 kali dalam seminggu," terang dr. Muthoharrah.

Manfaat air ketumbar ini di antaranya adalah anti-diabetes, anti-hipertensi dan menjaga kesehatan jantung.

Siapa pun bisa mengonsumsi air ketumbar ini namun bagi ibu hamil dan menyusui sebaiknya dihindari karena belum banyak penelitian yang mengujinya.

2. Bawang Putih

Viral Bawang Putih Untuk Obat

Photo :
  • vstory

dr. Muthoharrah menjelaskan bahwa bawang putih segar mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan terutama untuk memperlancar aliran darah. Kandungan zat aktif dalam bawang putih berguna untuk menurunkan tekanan darah dan mengatasi diabetes.

Sifat pembersih yang terkandung pada bawang putih diketahui bermanfaat untuk membersihkan arteri dan vena, yang kemudian akan mengencerkan darah serta melancarkan aliran darah

"Bawang putih 1 siung dikonsumsi saat segar. Digeprek atau dikunyah langsung. Itu mengubah zat enzim menjadi allicin yang bermanfaat untuk pembuluh darah," jelasnya.

Bawang putih ini akan bekerja lebih maksimal jika dimakan pagi hari.

Namun bagi orang yang menderita penyakit lambung sebaiknya menghindari makan bawang putih dalam keadaan perut kosong karena ada sifat asamnya yang mungkin tidak nyaman di perut.

Selain itu, orang yang mengonsumsi pengencer darah juga tidak disarankan memakan bawang putih karena khawatir akan menyebabkan pendarahan.

3. Teh Hijau

Teh hijau

Photo :
  • Eat This

Teh hijau juga masuk dalam daftar bahan herbal yang baik untuk memperlancar aliran darah. Dalam teh hijau terkandung senyawa flavonoid sebagai antioksidan yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Sehingga, dapat menghindari terbentuknya plak di dinding saraf yang menyebabkan serangan jantung. Minuman ini baik dikonsumsi pada sore hari secara rutin.

"Tiga sendok makan teh hijau diseduh dengan 70 derajat air panas. Diminum sehari sekali. Tunggu sampai airnya jadi hangat dan bisa juga ditambah madu supaya ada rasa manisnya," terangnya.

Teh hijau juga mengandung vitamin B, vitamin C, dan berbagai senyawa aktif yang bersifat antioksidan, antiradang, maupun antikanker.

4. Daun Salam

Daun salam

Photo :
  • Pixabay/Publicdoaminpictures

Daun salam kaya akan kandungan vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, Tannin, Alkaloid, Steroid, Triterpenoid, Polifenol, dan Flavonoid serta senyawa-senyawa lain yang bermanfaat untuk kesehatan.

Terutama kandungan polifenol yang menghasilkan kolesterol baik dalam tubuh.

Air rebusan daun salam relatif aman untuk diminum secara rutin dalam jangka panjang, namun ibu hamil dan menyusui sebaiknya menghindari ramuan ini karena belum banyak penelitian yang membuktikan keamanannya.

Cara membuatnya juga sangat mudah, siapkan air sebanyak 500 ml panaskan hingga mendidih.

Masukkan sekitar 5-7 helai daun salam. Lalu rebus seama 10-15 menit. Minuman ini disarankan dikonsumsi sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya