Rahasia Awet Muda Chuando Tan, Usia 57 Tahun Tapi Seperti Pria Usia 30-an

Chuando Tan
Sumber :
  • Instagram

SINGAPURA – Sosok fotografer asal Singapura, Chuando Tan mendadak jadi perhatian seluruh dunia. Bukan hanya karena hasil karya jepretan kameranya, Chuando Tan belakangan juga jadi sorotan lantaran di usianya yang menginjak 56 tahun, sosoknya masih seperti pria udia 20-an. Kok bisa? Apa rahasianya? 

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Dikutip laman Bright Side, Chuando yang lahir pada tahun 1966, membuat banyak orang penasaran, bagaimana dai bisa tetap tampil awet muda padahal usianya sudah beranjak 57 tahun. 

Banyak yang mencari tahu, bagaimana kehidupan sehari-hari Chuando. Bahkan banyak yang mempelajari bagaimana pria ini hidup, apa yang dia lakukan, dan apa yang dia makan. 

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Rahasia Awet Muda 

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Diketahui, pria asal Singapura ini pernah berprofesi sebagai model pada tahun 1980-an. Dia bahkan pernah mencicipi karier sebagai penyanyi pop di tahun 90-an. Namun kariernya di dunia tarik suara tidak bertahan lama dan itulah sebabnya Chuando Tan memilih aktivitas lain, yaitu fotografi. 

Suatu kali, bukannya memposting karyanya yang lain, dia malah memposting foto dirinya dan saat itulah semuanya dimulai.

Fotografer tersebut berbagi dalam salah satu wawancaranya, “Saya memulai akun Instagram karena beberapa teman mengatakan kepada saya bahwa klien saat ini ingin mengetahui seberapa besar pengikut media sosial yang dimiliki seorang fotografer. Untuk membumbui akunku, aku memposting beberapa foto diriku untuk membagikan pemikiranku dalam keterangan.”

Para netizen langsung menyadari bahwa Chuando Tan tidak pernah berubah. Ia tampak awet muda dan tidak terlihat seperti pria berusia 50-an tahun. Ada yang mengira ini semua soal genetika, ada pula yang menganggap rahasianya ada di tempat tinggalnya karena Singapura punya udara bersih, obat-obatan bagus, dan produk berkualitas tinggi. Namun untuk memastikan jawabannya, mari kita lihat bagaimana sang fotografer menghabiskan hari-harinya.

Makan 6 butir telur untuk sarapan

Ilustrasi telur rebus

Photo :
  • Pixabay/jackmac34

Chuando Tan berpegang pada prinsip, apa yang Anda makan dan apa yang Anda percaya akan mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Jadi apa yang mempengaruhi penampilannya? 70 persen dia bergantung pada makanan yang dimakannya dan 30 persen pada olahraga. Itu sebabnya dia makan 6 butir telur rebus untuk sarapan dengan hanya 2 kuningnya (karena kolesterol). Selain itu, dia meminum segelas susu dan terkadang menambahkan alpukat dengan buah beri ke dalam sarapannya. Ini adalah jumlah protein dan energi yang baik untuk memulai hari.

Selain telur, ia makan ayam dengan nasi, sayuran yang dipanggang, dan sup ikan di siang hari. Fotografer tersebut mengakui bahwa es krim adalah kelemahannya dan itulah sebabnya dia terkadang memakannya tetapi hanya di pagi hari. Ia juga menghindari kopi dan teh namun banyak minum air putih. Dia tidak merokok, tidak minum alkohol, dan makan salad yang terbuat dari sayuran segar untuk makan malam.

90 menit berolahraga setiap hari

Chuando Tan melakukan latihan kekuatan 4 kali seminggu, atau minimal 3 kali jika terlalu sibuk. Dia menghabiskan tidak lebih dari 30 menit untuk kegiatan ini. Latihan kekuatan selalu diikuti dengan latihan kardio. Namun, karena cedera lutut, dia tidak jogging melainkan berjalan cepat di atas treadmill. Selain itu, dia mencoba berenang setiap hari, dia mengunjungi kolam renang di malam hari dan berenang di sana selama sekitar satu jam.

Hanya melakukan apa yang dia suka lakukan

Chuando Tan

Photo :
  • Instagram

Mungkin akan terdengar sepele tapi berapa banyak dari kita yang melakukan apa yang sebenarnya kita sukai dan ingin lakukan? Mungkinkah itu rahasia awet muda? Karena segala sesuatu yang Anda lakukan mempengaruhi jiwa dan seluruh tubuh.

Chuando Tan berkata, “Saya telah mencoba banyak pekerjaan berbeda dan berhenti pada pekerjaan yang benar-benar saya sukai. Saya menyukai orang-orang, menyukai komunikasi, suka mengatur pemotretan, dan suka mengambil foto. Jika Anda melakukan apa yang tidak Anda sukai, Anda akan merasa tidak enak dan, tentu saja, tidak akan memperkuat kesehatan Anda.”

Tidak menggunakan produk perawatan kulit

Beberapa orang yakin Chuando Tan menjalani operasi plastik dan menggunakan kosmetik khusus. Tapi inilah yang dia katakan, “Saya memiliki kulit sensitif, itulah mengapa saya hanya menggunakan 2 produk setiap hari, pembersih wajah berbentuk gel dan krim pelembab.”

Dia pun mengaku pernah menjalani prosedur Botox. Dia mencobanya tetapi tidak menyukai efeknya. Dia tidak lagi mengunjungi ahli kosmetik sejak saat itu. Namun, Tan mengaku memang menggunakan pewarna rambut karena ubannya.

Dan perlu diketahui, untuk menjaga kesehatan kulitnya Chuando Tan selalu berusaha untuk tidur teratur dan dia tidak pernah tidur setelah jam 11 malam dan bangun pagi setiap hari. Tan yakin bekerja di malam hari dan menonton film setelah tengah malam tidak meningkatkan kesehatan. Agar bisa tidur nyenyak, ia berhenti makan 5-6 jam sebelum tidur.

Chuando berkata, “Percayalah, tidur lebih awal adalah hal yang bermanfaat. Dengan tidur yang cukup, Anda akan dapat melakukan lebih banyak hal di siang hari dibandingkan bekerja di malam hari.”

Jadi apa rahasianya?

Seperti yang sering terjadi, semuanya sangat sederhana, lakukan pekerjaan yang Anda sukai, pola makan sehat, tidur lebih awal, dan olahraga. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya