5 Makanan Penurun Kolesterol yang Mudah Ditemukan dan Ampuh!

Ilustrasi okra/sayur-sayuran.
Sumber :
  • Freepik/valeria_aksakova

Jakarta – Orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi harus memerhatikan asupan makanan agar tidak terjadi lonjakan yang tiba-tiba. Kadar kolesterol yang tinggi bisa meningkatkan risiko terserang penyakit kronis seperti stroke dan serangan jantung.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Makanan penurun kolesterol adalah makanan yang berguna untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL) atau mengurangi kolesterol jahat (LDL). Nah, Berikut ini sejumlah makanan penurun kolesterol yang patut kamu coba karena mudah ditemukan:

Ilustrasi kolesterol .

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com
5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

1. Gandum

Mengutip Health Harvard, gandum kaya akan serat larut yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol. Serat akan menempel pada kolesterol dan membuangnya dari tubuh.

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Anda bisa mengonsumsi oatmeal dan berbagai sereal lain berbahan dasar gandum. Dapatkan setidaknya 5-10 gram serat larut setiap hari untuk mengatasi tingginya kadar kolesterol.

2. Alpukat

Sejumlah studi klinis menyatakan bahwa mengonsumsi alpukat efektif mengurangi kolesterol jahat alias LDL dalam tubuh. Sebaliknya, kolesterol baik atau HDL justru meningkat.

Hal ini karena alpukat kaya nutrisi, sehat, dan lemak tak jenuh. Anda bisa mengonsumsi buah ini secara langsung maupun menjadikannya jus penurun kolesterol.

3. Kacang-kacangan

Kacang kacangan

Photo :
  • Times of India

Kacang-kacangan mengandung serat, mineral, dan protein yang baik untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Bahkan, bisa menurunkan kolesterol jahat atau LDL.

Selain itu, kacang-kacangan juga punya kandungan kalsium, magnesium, dan potasium yang bisa mengurangi tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan, mulai dari almond, walnut, kenari, sampai kacang polong untuk bantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Sayur dan Buah

Mengutip Medline Plus, pola makan yang kaya buah-buahan dan sayur-sayuran dapat meningkatkan senyawa penting penurun kolesterol dalam makanan Anda. Senyawa ini, yang disebut stanol atau sterol tumbuhan, bekerja seperti serat larut.

5. Kentang

Kentang.

Photo :
  • Pixabay/Wounds_and_Cracks

Kentang punya kandungan pektin, serat larut yang bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh. Tak cuma itu, kentang juga mengandung potasium yang bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke.

Makanan penurun kolesterol dan darah tinggi ini bisa Anda konsumsi dengan cara direbus dan dipanggang untuk hasil lebih baik. Anda juga bisa menambahkannya ke menu salad favorit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya