5 Dampak Buruk Terlalu Banyak Minum Kopi, dari Gangguan Lambung hingga Osteoporosis

Minum kopi saat sarapan
Sumber :
  • Eat This

Jakarta – Kopi adalah minuman yang populer di seluruh dunia dan dikonsumsi oleh jutaan orang setiap hari. Meskipun kopi memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan dampak buruk pada tubuh. Berikut adalah lima dampak buruk kelebihan minum kopi yang perlu diperhatikan.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Gangguan Tidur dan Kualitas Tidur

Insomnia

Photo :
  • Pinkvilla
Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Kelebihan konsumsi kafein, zat aktif dalam kopi, dapat menyebabkan gangguan tidur. Kafein bekerja sebagai stimulan yang dapat membuat seseorang sulit tidur atau merusak pola tidur alami. Tidur yang tidak mencukupi dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental, seperti menurunkan kinerja kognitif dan meningkatkan risiko penyakit kronis.

Gangguan Lambung

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Refluks asam lambung, sakit lambung, gerd

Photo :
  • Pixabay/ Robystarm

Kopi bersifat asam dan dapat merangsang produksi asam lambung. Bagi mereka yang sudah memiliki masalah lambung seperti gastritis atau tukak lambung, konsumsi kopi berlebihan dapat memperburuk kondisi ini. Asam klorogenat dalam kopi juga dapat merangsang produksi asam lambung, yang dapat menyebabkan gejala seperti mulas, mual, dan nyeri perut.

Ketergantungan Kafein

Kopi hitam tanpa kafein

Photo :
  • Eat This

Kafein dalam kopi memiliki efek adiktif, dan kelebihan konsumsi dapat menyebabkan ketergantungan. Orang yang terbiasa minum kopi setiap hari mungkin mengalami gejala penarikan, seperti sakit kepala, kelelahan, dan iritabilitas jika mereka mencoba menghentikan konsumsi kopi secara tiba-tiba.

Peningkatan Tekanan Darah

Pemeriksaan tekanan darah

Photo :
  • Eat This

Meskipun efek ini mungkin bersifat sementara, kelebihan konsumsi kafein dapat meningkatkan tekanan darah. Peningkatan tekanan darah dapat menjadi masalah serius bagi mereka yang sudah memiliki tekanan darah tinggi atau masalah kesehatan kardiovaskular. Penting bagi individu dengan riwayat tekanan darah tinggi untuk membatasi konsumsi kopi mereka.

Ilustrasi Osteoporosis

Photo :
  • healthshots

Konsumsi kopi yang berlebihan dapat mengakibatkan peningkatan pengeluaran kalsium melalui urine. Kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang, dan kehilangan kalsium yang signifikan dapat meningkatkan risiko osteoporosis, terutama pada wanita yang rentan terhadap penyakit ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya