10 Negara ASEAN dengan Tingkat Kematian Ibu Melahirkan, Peringkat Indonesia Mencengangkan

Ilustrasi hamil/ibu hamil/USG.
Sumber :
  • Freepik/tirachardz

Jakarta – Sedang ramai jadi perbincangan mengenai tingkat kematian Ibu melahirkan setelah dilakukannya debat capres seri ke lima pada Minggu, 4 Februari 2024. Nah, kali ini VIVA membagikan informasi mengenai tingkat kematian ibu melahirkan di region ASEAN. Berikut informasinya:

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

Rasio Kematian Ibu

Maternal Mortalily Ratio (MMR) atau yang dikenal juga dengan Rasio kematian ibu merupakan rasio pengukuran jumlah kematian ibu per 100.000 kelahiran hidup selama periode waktu tertentu.

Kaleng Susu Isi 16 Kg Sabu dari Malaysia Masuk Indonesia Lewat Kaltara Digagalkan

Ilustrasi ibu hamil

Photo :
  • pixabay

Rasio ini mengukur tingkat risiko kematian ibu akibat komplikasi selama kehamilan, persalinan,atau nifas. Semakin rendah angka MMR, maka semakin baik pula pelayanan kesehatan ibu di suatu negara atau wilayah.

Ternyata Ada 3 Tentara Wanita Malaysia yang Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

Terdapat perbedaan angka kematian ibu (MMR) di antara negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), dimana setiap negara memiliki tingkat MMR yang berbeda-beda.

Kamboja memegang rasio kematian ibu tertinggi di wilayah ASEAN ini, yaitu dengan angka sekitar 218, yang menunjukkan tingginya risiko kematian ibu terkait kehamilan, persalinan, atau komplikasi pascapersalinan.

Selanjutnya rasio kematian ibu tertinggi kedua berada di Myanmar yakni sekitar 179. Sedangkan Indonesia sendiri berada di urutan ketiga dengan angka 173. Negara-negara seperti Laos dan Vietnam masing-masing memiliki MMR sekitar 132 dan 124.

Dilanjutkan oleh Filipina yang memiliki MMR sebesar 78, sedangkan Brunei Darussalam memiliki MMR yang lebih rendah yaitu sekitar 44. Dengan MMR yang paling rendah dimiliki oleh tiga negara yaitu Thailand sekitar 29 dan Malaysia sekitar 29. 21, sedangkan MMR Singapura merupakan yang paling rendah, hanya memiliki angka 7.

Peringkat Rasio Kematian Ibu di Negara ASEAN

Ilustrasi ibu hamil.

Photo :
  • Pixabay/Unsplash
  1. Kamboja
  2. Myanmar
  3. Indonesia
  4. Laos
  5. Vietnam
  6. Filipina
  7. Brunei Darussalam
  8. Thailand
  9. Malaysia
  10. Singapura
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya