Tak Cuma Sejuk, Pasang AC di Rumah Ternyata Punya 5 Manfaat Kesehatan Ini

Ilustrasi air conditioning/AC
Sumber :
  • Pixabay

CIKARANG – Cuaca tropis seperti Indonesia, membuat Air Conditioning (AC) menjadi kebutuhan yang tak terelakkan. Namun rupanya, AC tidak hanya membuat ruangan terasa sejuk saja. Ada beberapa manfaat kesehatan yang didapat jika memasang AC di rumah. Apa saja? 

Baru Lunas di Usia 45 Tahun, Meisya Siregar Ingatkan Gen Z Soal Rumah KPR

Peningkatan kualitas udara
Kualitas udara yang kita hirup sangat penting bagi kesehatan, terutama bagi penderita alergi atau gangguan pernapasan. Sistem filtrasi pada unit AC berfungsi untuk menghilangkan polutan dari udara, sehingga meningkatkan kualitasnya secara signifikan dan membatasi efek merusak dari partikular di udara. Yuk, scroll untuk tahu lebih lanjut.

Mengontrol kelembapan
Kelembapan yang tinggi dapat menimbulkan masalah untuk properti Anda dan kesehatan penghuninya. Kandungan uap air di udara yang terus-menerus melebihi ambang batas tertentu akan mendorong tumbuhnya jamur dan menyebabkan pembusukan. Skenario terburuk, hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang merugikan pada struktur bangunan dan merusak barang-barang Anda. 

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Dari segi kesehatan, kelembapan dan jamur yang disebabkan oleh kelembapan tinggi dapat menyebabkan serangan asma, reaksi alergi, dan masuknya bakteri berbahaya ke dalam rumah. Konsekuensi lain dari tingkat kelembapan yang rendah adalah memungkinkan terjadinya iritasi kulit. 

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Produktivitas meningkat
Lingkungan yang panas dan pengap dengan ventilasi yang buruk bisa menurunkan produktivitas. Hal ini membuat kita sulit berkonsentrasi serta menguras energi. Sebaliknya, udara yang segar dapat membuat kita lebih fokus bekerja. Tak hanya bagi orang dewasa, ruangan yang nyaman dapat membantu anak-anak lebih fokus untuk belajar. 

Mengurangi kebisingan dan hama
Membuka jendela di musim panas memiliki manfaat tersendiri, seperti mendengar kicau burung misalnya. Namun yang tidak begitu menyenangkan adalah kebisingan lalu lintas dan masuknya hama terus-menerus. Meski hanya nampak seperti ketidaknyamanan kecil, tapi ini bisa menjadi gangguan besar terutama jika Anda bekerja dari rumah. Dengan memasang AC, satu masalah ini bisa berkurang. 

Kualitas tidur lebih baik
Kualitas tidur yang baik sangat penting bagi kesehatan secara keseluruhan. Ini memberikan waktu bagi tubuh untuk bersantai dan menyegarkan kembali pikiran. Namun salah satu gangguan terbesar tidur adalah udara panas. Dengan memasang AC, dapat menciptakan kondisi tidur yang nyaman sehingga membantu tubuh Anda mendapatkan istirahat yang dibutuhkan. 

Bicara AC, PT Daikin Airconditioning Indonesia bersama dengan PT Mitra Warga membuka showroom DAIKIN Proshop di Cikarang. Pembukaan showroom DAIKIN Proshop yang diperuntukkan khusus bagi lini premium perangkat penyejuk ruangan (air conditioner – AC) ini menandai langkah ekspansif DAIKIN dalam mengembangkan lini produk AC Home Central dengan fokus utamanya sebagai solusi bagi hunian kelas premium.

Andrias Utamin dan Lianto Rusli, pemilik showroom DAIKIN Proshop Mitra Warga, mengaku percaya diri dan yakin dengan hadirnya showroom DAIKIN Proshop yang pertama bagi area Bekasi dan sekitarnya, dapat memperluas pasar produk AC Home Central, yang tak hanya terbatas pada bangunan residensial dan light commercial. 

"Keyakinan ini turut didukung pula dengan lokasi showroom yang berada di area industri, pabrik dan pembangunan kawasan perumahan baru," ujar Andreas dalam keterangannya, dikutip Senin 12 Februari 2024. 

AC Home Central DAIKIN sendiri merupakan lini premium perangkat penyejuk udara DAIKIN yang ditujukan bagi hunian modern dan kebutuhan bangunan light commercial seperti halnya kafe dan restoran. Bersanding dengan kepraktisan penempatan dan perawatan dari keunikannya yang dapat mengoperasikan beberapa unit indoor hanya dengan satu unit outdoor, AC Home Central DAIKIN dibuat dengan ragam pilihan desain unit indoor yang dapat membaur pada ruang dan meningkatkan estetika keseluruhan ruang.

“AC Home Central DAIKIN muncul dari semakin berkembangnya tuntutan masyarakat pada kehadiran sebuah perangkat AC yang tak lagi cukup hanya dengan menyejukkan. AC dituntut menjadi bagian dari peningkatan kualitas udara dalam ruang, sekaligus menjadi bagian dan meningkatkan estetika keseluruhan ruang,” ujar Shinji Miyata, President Director PT Daikin Airconditioning Indonesia disela-sela prosesi peresmian showroom DAIKIN ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya